Product IT Software & Hardware
Strategi Promosi Online Gratis untuk Meningkatkan Penjualan
Survei dari firma bisnis Deloitte terhadap 437 UKM menunjukkan UKM yang memanfaatkan promosi online menghasilkan pendapatan hingga 80% lebih tinggi dibanding pelaku UKM konvensional. Data ini menunjukkan betapa pentingnya UKM melakukan promosi online. Apakah Anda sudah melakukannya?
Jika sudah, Anda hanya perlu melakukannya lebih intens lagi agar bisa merasakan lebih banyak manfaatnya. Jika belum, berarti sekarang waktu yang tepat untuk segera melakukannya.
Sebagai bahan pertimbangan, coba pelajari terlebih dahulu macam-macam promosi online yang bisa Anda pilih.
Secara umum, ada 2 jenis strategi promosi online, yaitu: gratis dan berbayar. Strategi promosi online gratis disebut juga dengan strategi organik (organic). Artinya, strategi tsb bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Sedangkan yang kedua adalah strategi berbayar (memanfaatkan fitur iklan).
Strategi promosi online gratis terdengar lebih menarik kan? Terutama bagi Anda yang baru pertama kali terjun di dunia online marketing. Tapi, bagaimana dengan hasilnya?
Kuncinya, konsistensi. Hasil dari promosi online gratis tentu tak secepat saat Anda beriklan. Tapi, asal Anda lakukan dengan konsisten, Anda pasti bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Karena bagaimana pun, tidak ada yang instant dalam mencapai kesuksesan bisnis.
Baca Juga: 7 Mindset Pebisnis Sukses
Daripada bingung mulai dari mana, langsung saja kita bahas 10 Strategi Promosi Online Gratis untuk meningkatkan penjualan UKM berikut ini.
1. Buatlah Website untuk Usaha Anda
Strategi promosi online gratis yang pertama adalah membuat website. Mungkin, jika Anda membuatnya ke sebuah digital agency, Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Tapi, sebagai permulaan, Anda bisa membuat website sederhana terlebih dahulu. Manfaatkan beberapa platform pembuatan website yang bisa Anda coba secara gratis, seperti WordPress, Blogspot, dll.
Setelah website-nya jadi, segera buat konten-konten menarik untuk mempromosikan produk UKM Anda. Hal ini perlu Anda lakukan secara konsisten agar bisa merasakan manfaatnya. Di awal, mungkin kita tidak bisa langsung menjaring pelanggan yang loyal dari website kita. Tapi, dengan konsistensi membuat konten menarik secara berkala, Anda pasti bisa merasakan dampak positifnya.
2. Maksimalkan SEO pada Website yang Sudah Dibuat
Sudah membuat website dan aktif mengunggah konten, tapi kok belum ada hasilnya ya? Pasti website-nya belum di-SEO-kan dengan baik, sehingga sulit ditemukan mesin pencari. Akibatnya, pengunjung website kita pun sedikit.
Eits, apa itu SEO?
Nah, inilah jenis promosi online gratis yang kedua. SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik optimasi website secara organik, agar dapat meningkatkan posisi website kita di hasil pencarian.
Saat kita mencari informasi tertentu di mesin pencari (Google, Yahoo, dll), kita pasti menuliskan kata kunci tertentu. Sampai akhirnya muncul berbagai website di hasil pencarian.
Nah, jika SEO website kita bagus, website kita berpeluang besar ditampilkan di halaman pertama. Sebaliknya, jika SEO-nya buruk, website kita tidak akan pernah tampil di halaman pertama. Ujung-ujungnya, tidak ada yang berkunjung ke website kita.
Lalu, bagaimana cara mengoptimasi SEO? Banyak sekali caranya. Mulai dari pemilihan keyword (kata kunci) yang tepat, link building, hingga social sharing. Untuk mempelajari secara lebih lengkap, baca artikel berikut.
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
3. Mulai Berjualan di Situs-Situs Marketplace
Strategi promosi online gratis yang ketiga adalah berjualan di situs-situs marketplace,seperti: Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.
Selain gratis, promosi produk di situs marketplace terbukti mampu menarik lebih banyak pelanggan baru. Jumlah pengunjung situs-situs marketplace besar bisa mencapai 5 juta user per hari. Tentu jumlah tersebut berkali-kali lipat lebih besar dibanding pengunjung website yang baru Anda buat sendiri.
4. Aktif Promosi di Berbagai Media Sosial
Setelah berjualan di marketplace, Anda juga perlu melakukan promosi online malalui berbagai media sosial. Langkah ini sangat penting, mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.
Pemanfaatan mesia sosial untuk promosi bisnis pun bukan hal baru lagi. Bahkan, banyak yang telah sukses hanya dengan berjualan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Line, YouTube, dll.
Nah, sekarang giliran Anda! Manfaatkan berbagai media sosial yang paling Anda kuasai untuk mempromosikan produk dan usaha Anda secara gratis. Unggah konten-konten menarik yang disukai pelanggan, dan lakukan secara konsisten hingga Anda bisa merasakan manfaatnya.
5. Buat Content Marketing yang Menarik
Cara promosi online gratis yang kelima ini masih berkaitan erat dengan strategi sebelumnya, yaitu pembuatan website dan media sosial bisnis. Tanpa content marketing yang menarik, selamanya Anda tidak akan mendapat manfaat dari website dan media sosial yang telah Anda daftarkan.
Jadi, aktiflah membuat konten-konten menarik yang relevan dengan usaha Anda. Jangan terus-terusan mengunggah info promo yang berbau hard sell. Tapi, unggah juga konten-konten edukatif/ hiburan yang bisa meningkatkan minat pelanggan untuk follow dan membeli produk-produk Anda.
6. Bagikan Konten melalui Email Marketing
Nah, promosi online gratis yang keenam adalah email marketing. Cara ini juga masih berkaitan erat dengan strategi content marketing. Setelah konten selesai dibuat, berarti sekarang waktunya penyebaran konten. Salah satunya melalui email marketing.
Email marketing hampir sama dengan strategi broadcast message kepada pelanggan. Hanya saja, strategi ini memanfaatkan penggunaan email. Misalnya, jika Anda adalah pengusaha di bidang otomotif, maka aktiflah mengirim artikel mengenai tips-tips kreatif seputar otomotif kepada email pelanggan. Informasi semacam ini akan lebih disukai pelanggan dan tentunya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.
Baca Juga: 6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
7. Simpan Nomor Pelanggan dan Aktif Promosi di Status
Selain menyebarkan konten promosi melalui email, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform Instant Messenger seperti WhatsApp, Line, dll. Jika selama ini Anda menggunakan fitur statusnya hanya untuk membagikan kehidupan pribadi Anda, sekarang coba ganti dengan kebiasaan promosi produk/ usaha Anda.
Jika ada pelanggan yang menghubungi nomor Anda, jangan langsung hapus nomor tsb. Meskipun mereka hanya tanya-tanya dan tidak jadi membeli, tetap simpan nomor mereka di kontak HP Anda. Sehingga mereka bisa melihat status Anda sewaktu-waktu. Mungkin saja, jika Anda mengunggah info promo, mereka akan kembali menghubungi Anda dan langsung membeli.
8. Buat Grup Pelanggan di WA/ Telegram
Tidak cukup hanya dengan menyimpan nomor dan promosi di status? Anda bisa menjajal cara promosi online gratis yang kedelapan ini. Yakni, membuat grup pelanggan di WhatsApp atau Telegram.
Cara ini bisa meningkatkan keakraban Anda dengan pelanggan dan peluang menjadikan mereka lebih loyal akan semakin besar. Tapi, yang perlu diingat, jangan hanya mengirim promo-promo produk secara hard sell di grup pelanggan yang Anda buat. Tapi, kirim juga konten-konten motivasi, edukasi, atau pun hiburan. Sehingga, grup Anda tidak akan dianggap spam dan resiko pelanggan yang left group punmenurun.
Anda juga bisa menawari para pelanggan Anda untuk menndaftar sebagai dropshipper/ reseller usaha Anda. Sehingga, Anda bisa meningkatkan penjualan lebih banyak lagi.
9. Kumpulkan Dropshipper, Reseller, dan Affiliate Marketer
Promosi online gratis yang kesepuluh ini bisa dibilang paling berpengaruh besar dalam meningkatkan penjualan. Tentunya, asal dilakukan dengan baik dan konsisten.
Jadi, dibanding berjualan sendirian, tentu dengan memiliki beberapa tim marketing, Anda bisa menjual lebih banyak produk. Maka dari itu, Anda perlu memiliki tim. Tapi, jika mempekerjakan orang, Anda harus mengeluarkan uang untuk menggaji mereka. Bagaimana dong?
Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk mengumpulkan dropshipper, reseller, atau affiliate marketer yang mempromosikan produk Anda. Anda tidak perlu menggaji mereka. Anda cukup berbagi komisi sekian persen jika mereka berhasil menggaet pelanggan.
Buatlah sistem komisi yang menarik, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk kerjasama menjualkan produk-produk Anda. Buatkan juga grup WA/ Telegram khusus untuk tim sales Anda tsb. Sehingga memudahkan Anda saat koordinasi dan tentunya meningkatkan keakraban antar-tim.
10. Lakukan Promo SFS di Instagram
Cara promosi online gratis yang kesembilan ini lebih ditujukan bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan Instagram untuk bisnis.
Apa itu SFS?
SFS (Shoutout for Shoutout) adalah sebuah teknik promosi dimana sesama online shop di Instagram saling mempromosikan produk rekannya. Misalnya, ada 2 pengusaha online, A dan B. Nah, mereka berdua ini saling tukar materi promosi. Lalu, Si A mempromosikan produk toko B di Instagram A, dan si B mempromosikan produk A di Instagram B.
Cara ini adalah bentuk kerjasama timbal balik yang saling menguntungkan. Karena berpeluang besar untuk meningkatkan jumlah follower secara organik, dan tentunya meningkatkan peluang terjadinya penjualan bisnis Anda. Jadi, perbanyak rekan online shop Anda, dan coba tawarkan kerjasama SFS secara gratis pada mereka.
Baca Juga: 3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis Anda
Demikian pembahasan tentang Strategi Promosi Online Gratis untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM Anda. Silakan coba beberapa starategi yang paling tepat untuk bisnis Anda, dan lakukan secara konsisten agar bisa merasakan manfaatnya.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.