Product IT Software & Hardware

    Langkah praktis merawat DVR CCTV dengan baik dan benar

    By InterActive crew - 22 April 2016
    InterActive Blog
    Langkah praktis merawat DVR CCTV dengan baik dan benar

    DVR CCTV merupakan suatu komponen CCTV yang penting karena DVR (Digital Video Recorder) berfungsi untuk menyimpan semua hasil rekaman dari setiap unit kamera CCTV yang terpasang pada sistem CCTV. Anda perlu memperhatikan bagaimana cara merawat DVR CCTV supaya awet dan bekerja maksimal.

    1. Fokus pada pemilihan tempat DVR CCTV
    Anda sebaiknya meletakan DVR pada ruangan yang luas dan mempunyasi ventilasi yang baik sebagai sirkulasi udara, lebih baik lagi Anda meletakan DVR pada ruangan yang ber- AC agar suhu ruangan selalu dalam keadaan sejuk. Namun bila lokasi penempatan DVR di luar ruangan Anda harus lebih sering membersihkan perangkatnya agar selalu berfungsi dengan baik.

    2. Memasang perangkat tambahan
    Untuk menghindari terjadinya kehilangan listrik secara mendadak akibat listrik padam Anda bisa memasang Uninterruptible Power Supply sehingga memungkinkan DVR dapat dimatikan secara manual. Anda bisa cek berkala kondisi baterai pada UPS dan tambahkan juga unit stabilizer agar menstabilkan tegangan listrik yang diasup DVR. Sebaiknya DVR Anda terpasang Surge Protection untuk menghindari masalah yang timbul dari lonjakan listrik seperti akibat lonjakan listrik dari petir.

    3. Periksa bagian dalam DVR CCTV
    Periksalah bagian dalam DVR secara berkala sekali atau dua kali dalam setahun untuk membersihkan mainboard dari kotoran dan debu. Bila perlu, gunakan unit kompresor udara untuk membersihkannya. Periksa selalu kondisi konektor-konektor kamera yang terpasang pada DVR apakah benar terpasang atau kurang terpasang.

    4. Lakukan update firmware terbaru
    Anda bisa kunjungi situs vendor CCTV Anda apakah unit DVR yang terpasang mempunyai versi firmware terbaru. Firmware terbaru tentu akan membantu kinerja DVR apabila firmware sebelumnya ada kelemahan, penambahan protokol, penambahan konfigurasi, penambahan fitur, dan sebagainya. Pastikan pula firmware tersebut memang cocok untuk DVR yang terpasang.

    5. Cek kembali konfigurasi video
    Periksa ulang konfigurasi kompresi video, kualitas gambar, resolusi gambar, kerapatan gambar. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memaksimalkan hasil rekaman.

    6. Cek konektor DVR CCTV
    Konektor seringkali akan kendor dan mengakibatkan konsleting, jika hal ini terus berlanjut biasanya akan terjadi panas sehingga mengakibatkan perangkat DVR akan rusak.

    7. Cek pengaturan keamanan DVR CCTV
    Pastikan alamat IP DVR tidak diketahui secara umum apabila DVR terhubungkan ke jaringan internet dan bila perlu gunakanlah password pada DVR CCTV. Dan yang terpenting pastikan hanya sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh atas pengoperasian DVR untuk menghindari penggunaan yang tidak semestinya.

    DVR CCTV Anda akan tetap awet dan tetap dalam kondisi yang baik jika Anda teratur melakukan perawatan berkala pada DVR CCTV. Semoga ulasan diatas dapat menjadi panduan InterActive Holic yang belum memahami cara merawat DVR CCTV.

     

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp