Product IT Software & Hardware
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa biaya untuk menarik calon pembeli dan mengubahnya menjadi pembeli bisa mencapai berkali lipat, jika dibandingkan dengan menjual kepada orang yang pernah membeli produk Anda. Hal ini berarti selain tetap berusaha memperluas pangsa pasar dengan mendatangkan calon pembeli baru, Anda juga harus memberikan perhatian lebih kepada pembeli yang pernah membeli produk Anda sebelumnya.
Maka dari itu Anda perlu menciptakan program loyalitas pelanggan untuk menjaga pelanggan agar tetap loyal terhadap produk Anda. Dibawah ini ada beberapa ide program loyalitas pelanggan yang bisa menginspirasi Anda untuk dipraktekkan secara langsung:
1. System Point
Program loyalitas ini banyak dipergunakan oleh perusahaan ritel dimana frekuensi pembeliannya yang cukup sering namun nilai transaksinya kecil. Dalam sistem ini pelanggan akan diberikan point setiap kali membeli dan akan mendapatkan hadiah atau reward menarik jika sudah mencapai akumulasi point tertentu. Program ini biasa kita temui di minimarket, supermarket, dan perusahaan ritel lainnya.
2. Membership
Penerapan program ini terbukti efektif dipakai diberbagai perusahaan. Dengan menjadi member sebuah program perusahaan, seorang pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan atau penawaran menarik lainnya dengan syarat tertentu. Program semacam ini juga cocok untuk perusahaan jenis B2B yang bisnisnya bergantung pada pembelian berulang dan jangka pendek.
3. Tier System
Program ini merupakan gabungan antara program system point dan membership. Dalam program ini member diklasifikasikan kembali berdasarkan tingkat loyalitas mereka dengan apa yang dapat perusahaan berikan dan biasanya diperuntukan untuk pembelian dengan nilai transaksi dan komitmen yang tinggi. Misalkan kartu pelanggan silver, gold dan platinum dalam sebuah perusahaan perbankan.
4. Cross Selling dan Kolaborasi dengan perusahaan lain
Selain dapat meningkatkan jumlah penjualan dan memperluas pasar, cross selling juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Jika perusahaan Anda tidak memiliki banyak variasi produk, maka Anda juga bisa berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk sama-sama mendapatkan keuntungan. Hal ini bisa membuat konsumen Anda berpendapat bahwa brand Anda mampu memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang mereka butuhkan.
5. Komunitas
Membuat atau memelihara suatu komunitas pelanggan yang sudah ada adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan sekaligus dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Misalnya komunitas otomotif, komunitas gaming, dan sebagainya. Semakin kuat komunitas tersebut semakin kuat pula loyalitas mereka terhadap produk Anda.
6. Menambahkan Nilai Sosial
Ketika Anda sudah mengenal dengan baik siapa pelanggan Anda, maka Anda akan memahami nilai apa yang dianggap penting bagi mereka. Rasa kemanusiaan dan kehidupan sosial, dan keinginan untuk berkontribusi adalah hal-hal yang dapat kita maksimalkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa melihat beberapa iklan produk yang sudah ada, yang isinya mengajak pelanggannya untuk lebih mencintai budaya.
Point diatas hanya beberapa ide yang bisa menginspirasi Anda untuk membuat program agar loyalitas pelanggan Anda meningkat. Selebihnya Anda bisa kembangkan sendiri sesuai dengan bidang usaha Anda.
Dalam memilih dan menentukan program loyalitas, Anda harus benar-benar mengetahui seperti apa karakteristik pelanggan Anda? Manfaat apa yang ingin Anda tanamkan? Dan apakah program tersebut dapat membantu Anda mencapai target perusahaan?.
Tunggu apalagi, segera praktekan dalam bisnis Anda. Selamat berjuang
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.