5 Inovasi Bisnis Restoran yang Harus Anda Lakukan

by InterActive crew ~ 24 Januari 2020

Survei Kantar Worldpanel mengungkapkan, gaya hidup konsumen urban Indonesia menunjukkan perubahan signifikan. Kini, masyarakat urban lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah. Konsekuensinya, mereka lebih banyak mengonsumsi produk siap santap dengan kontribusi 61% dari total pangsa pasar. Bahkan, angka ini diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya.

Nah, apa yang Anda tangkap dari data di atas?

Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat urban untuk mengonsumsi makanan di luar rumah, maka secara tidak langsung menunjukkan tingginya peluang bisnis rumah makan/ restoran.

Namun, jangan sampai Anda meremehkan tingginya persaingan bisnis restoran saat ini. Sebab, riset lain menyebutkan, 90% bisnis kuliner di Indonesia mengalami kebangkrutan. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya.

Karena itulah, Anda harus aktif melakukan inovasi pada bisnis restoran Anda. Sehingga bisnis kuliner Anda terus ter-update mengikuti perkembangan zaman dan semakin menarik perhatian pelanggan.

Berikut adalah 5 inovasi bisnis restoran yang harus Anda lakukan di tahun baru 2020 untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan secara maksimal.

 

1. Adaptasi Tren Kuliner Kekinian

Inovasi bisnis restoran yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah meng-upgrade menu restoran Anda. Upgrade menu bukan berarti mengubah keseluruhan menu yang Anda tawarkan, melainkan sesuaikan dengan tren kuliner kekinian yang sedang berkembang. Sehingga, pelanggan semakin loyal dan tidak mudah bosan dengan menu yang Anda tawarkan.

Nah, di tahun 2020 ini, beberapa tips adaptasi tren kuliner yang bisa Anda lakukan, antaralain: mengganti gula dengan pemanis alternatif, menambahkan boba, mengganti daging dengan meat-plant (daging bercampur nabati), dll.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak sekadar mengandalkan cita rasa, tapi juga tampilan. Sebab, di era Instagram seperti sekarang, tampilan makanan menjadi sangat penting  untuk diperhatikan. Jadi, coba lakukan inovasi semaksimal mungkin untuk menyajikan menu makanan Anda menjadi lebih estetis dan instagrammable.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Tahun 2020

 

2. Upgrade Desain Interior Restoran Anda

Inovasi bisnis restoran yang kedua adalah, coba upgrade desain interior restoran Anda. Hal ini hampir sama dengan prinsip pentingnya tampilan makanan yang Anda jual, bahwa desain interior pada restoran Anda juga sangat penting untuk dilakukan di era Instagram seperti sekarang.

Jika Anda mampu mendesain interior restoran/ kafe Anda secara atraktif, maka restoran Anda berpeluang besar menarik perhatian pelanggan. Bahkan, mereka berpeluang mempromosikan restoran Anda secara sukarela. Tentu ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena bisa meningkatkan brand awareness dan bahkan peluang terjadinya konversi penjualan.

Lalu, bagaimanakan cara upgrade desain interior restoran agar disukai pelanggan? Untuk hal ini, Anda memiliki banyak referensi. Pertama, Anda bisa tentukan satu tema khusus yang ingin Anda angkat, misalnya: tema restoran dengan desain minimalis, retro, klasik, dll.

Setelah itu, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer interior dan mengumpulkan banyak referensi desain interior sebagai inspirasi. Dari sini, Anda bisa merancang ulang desain interior dan mengumpulkan beberapa pernak-pernik yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan restoran Anda.

Yang pasti, pilih desain interior yang unik, instagrammbable, dan tentunya nyaman untuk pelanggan.Sehingga pelanggan tertarik mengunjungi restoran Anda berkali-kali dan berfoto di sana untuk diunggah di berbagai media sosial yang mereka miliki.

 

3. Perbanyak Promo dan Promosikan di Media Sosial

Inovasi bisnis restoran ketiga yang tidak boleh Anda lewatkan ialah memberikan promo sesering mungkin. Dengan mengadakan berbagai program promo, Anda bisa menarik perhatian pelanggan untuk berkunjung ke restoran Anda. Tidak terkecuali menarik perhatian pelanggan baru.

Pastikan Anda merancang program promo secara unik dengan penawaran promo/ hadiah yang menarik. Sehingga semakin banyak pelanggan yang berpartisipasi.

Jangan lupa juga untuk mempromosikan program promo restoran Anda ke berbagai media sosial yang Anda miliki. Sehingga bisa menjangkau banyak calon pelanggan baru.

Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

 

4. Buka Layanan Pesan Antar di Berbagai Aplikasi

Sampai di tips inovasi bisnis restoran yang keempat, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan layanana pesan antar seperti Go Food dan Grab Food. Jika restoran Anda sudah mendaftar layanan pesan antar tersebut berarti sudah bagus. Anda hanya perlu mengoptimalkan layanan tersebut dengan aktif memberikan promo-promo menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjaring pelanggan baru.

Namun, bagi Anda yang belum mendaftar satu pun layanan pesan antar, berarti ini saat yang tepat untuk melakukannya. Sebab, Anda memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan penjaulan restoran dan mengumpulkan lebih banyak pelanggan baru.

Anda tidak perlu khawatir bagaimana memulainya. Karena pendaftaran layanan pesan antar seperti Go Food dan Grab Food bisa dilakukan secara online tanpa memungut biaya apapun. Anda hanya akan dikenakan biaya sekian persen dari total penjualan yang masuk melalui layanan tersebut. Namun, tidak perlu khawatir, karena biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu banyak.

 

5. Coba Layani Pemesanan Mandiri (Customer Self Order)

Nah, inilah inovasi bisnis restoran paling baru yang perlu Anda lakukan sekarang juga. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda bisa terapkan pelayanan mandiri menggunakan teknologi Customer Self Order.Dengan menerapkan teknologi ini, pelanggan di restoran Anda bisa memesan dan membayar pesananannya secara mandiri (tanpa dilayani kasir/ pelayan).

Pasti menarik ya? Pelanggan bisa lebih leluasa memilih menu yang mereka inginkan tanpa merasa kikuk/ sungkan pada pelayan. Mereka cukup memesannya melalui layar kiosk, tablet yang disediakan di meja, atau scan QR Code yang diletakkan di masing-masing meja.

Dengan menerapkan sistem Customer Self OrderAnda bisa menghemat pengeluaran restoran hingga 75% per bulan. Sebab, jika menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu mempekerjakan banyak kasir dan pelayan untuk melayani pelanggan. Anda pun bisa mengurangi anggaran gaji karyawan setiap bulannya.

Bahkan, Anda juga bisa meningkatkan omzet hingga 3x lipat dalam satu tahun. Sebab, pelayanan mandiri yang ditawarkan sistem Customer Self Order bisa mempercepat pelayanan di restoran Anda. Semakin cepat waktu pelayanan pelanggan, maka semakin besar peluang Anda melayani lebih banyak pelanggan

Bagaimana? Menarik kan? Anda bisa menarik perhatian banyak pelanggan baru dengan menerapkan sistem Customer Self Order di restoran Anda sekarang juga. Tidak terkecuali menarik perhatian para influencer, food blogger, hingga bahkan media ternamaTentu sangat menguntungkan jika restoran Anda mendapatkan eksposur secara gratis dari mereka.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Restoran Anda

Demikian 5 inovasi bisnis kuliner yang perlu Anda lakukan untuk berkompetisi di tengah persaingan bisnis kuliner tahun 2020 ini. Coba terapkan tips 1-5 untuk segera merasakan manfaatnya.

Sebagai rekomendasi, gunakan InterActive MyOrder, sebuah sistem teknologi Customer Self Order terbaru yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar pesanannya secara mandiri. Selain mampu menekan pengeluaran bulanan, penggunaan teknologi ini juga berpeluang meningkatkan popularitas dan peningkatan omzet restoran Anda. Tertarik? Pelajari lebih lanjut di sini.

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya
  • 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini. Merebaknya virus corona di I ...

    Selengkapnya