Product IT Software & Hardware
5 Inovasi Bisnis Restoran yang Harus Anda Lakukan
Survei Kantar Worldpanel mengungkapkan, gaya hidup konsumen urban Indonesia menunjukkan perubahan signifikan. Kini, masyarakat urban lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah. Konsekuensinya, mereka lebih banyak mengonsumsi produk siap santap dengan kontribusi 61% dari total pangsa pasar. Bahkan, angka ini diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya.
Nah, apa yang Anda tangkap dari data di atas?
Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat urban untuk mengonsumsi makanan di luar rumah, maka secara tidak langsung menunjukkan tingginya peluang bisnis rumah makan/ restoran.
Namun, jangan sampai Anda meremehkan tingginya persaingan bisnis restoran saat ini. Sebab, riset lain menyebutkan, 90% bisnis kuliner di Indonesia mengalami kebangkrutan. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya.
Karena itulah, Anda harus aktif melakukan inovasi pada bisnis restoran Anda. Sehingga bisnis kuliner Anda terus ter-update mengikuti perkembangan zaman dan semakin menarik perhatian pelanggan.
Berikut adalah 5 inovasi bisnis restoran yang harus Anda lakukan di tahun baru 2020 untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan secara maksimal.
1. Adaptasi Tren Kuliner Kekinian
Inovasi bisnis restoran yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah meng-upgrade menu restoran Anda. Upgrade menu bukan berarti mengubah keseluruhan menu yang Anda tawarkan, melainkan sesuaikan dengan tren kuliner kekinian yang sedang berkembang. Sehingga, pelanggan semakin loyal dan tidak mudah bosan dengan menu yang Anda tawarkan.
Nah, di tahun 2020 ini, beberapa tips adaptasi tren kuliner yang bisa Anda lakukan, antaralain: mengganti gula dengan pemanis alternatif, menambahkan boba, mengganti daging dengan meat-plant (daging bercampur nabati), dll.
Selain itu, pastikan juga Anda tidak sekadar mengandalkan cita rasa, tapi juga tampilan. Sebab, di era Instagram seperti sekarang, tampilan makanan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, coba lakukan inovasi semaksimal mungkin untuk menyajikan menu makanan Anda menjadi lebih estetis dan instagrammable.
Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Tahun 2020
2. Upgrade Desain Interior Restoran Anda
Inovasi bisnis restoran yang kedua adalah, coba upgrade desain interior restoran Anda. Hal ini hampir sama dengan prinsip pentingnya tampilan makanan yang Anda jual, bahwa desain interior pada restoran Anda juga sangat penting untuk dilakukan di era Instagram seperti sekarang.
Jika Anda mampu mendesain interior restoran/ kafe Anda secara atraktif, maka restoran Anda berpeluang besar menarik perhatian pelanggan. Bahkan, mereka berpeluang mempromosikan restoran Anda secara sukarela. Tentu ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena bisa meningkatkan brand awareness dan bahkan peluang terjadinya konversi penjualan.
Lalu, bagaimanakan cara upgrade desain interior restoran agar disukai pelanggan? Untuk hal ini, Anda memiliki banyak referensi. Pertama, Anda bisa tentukan satu tema khusus yang ingin Anda angkat, misalnya: tema restoran dengan desain minimalis, retro, klasik, dll.
Setelah itu, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer interior dan mengumpulkan banyak referensi desain interior sebagai inspirasi. Dari sini, Anda bisa merancang ulang desain interior dan mengumpulkan beberapa pernak-pernik yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan restoran Anda.
Yang pasti, pilih desain interior yang unik, instagrammbable, dan tentunya nyaman untuk pelanggan.Sehingga pelanggan tertarik mengunjungi restoran Anda berkali-kali dan berfoto di sana untuk diunggah di berbagai media sosial yang mereka miliki.
3. Perbanyak Promo dan Promosikan di Media Sosial
Inovasi bisnis restoran ketiga yang tidak boleh Anda lewatkan ialah memberikan promo sesering mungkin. Dengan mengadakan berbagai program promo, Anda bisa menarik perhatian pelanggan untuk berkunjung ke restoran Anda. Tidak terkecuali menarik perhatian pelanggan baru.
Pastikan Anda merancang program promo secara unik dengan penawaran promo/ hadiah yang menarik. Sehingga semakin banyak pelanggan yang berpartisipasi.
Jangan lupa juga untuk mempromosikan program promo restoran Anda ke berbagai media sosial yang Anda miliki. Sehingga bisa menjangkau banyak calon pelanggan baru.
Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
4. Buka Layanan Pesan Antar di Berbagai Aplikasi
Sampai di tips inovasi bisnis restoran yang keempat, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan layanana pesan antar seperti Go Food dan Grab Food. Jika restoran Anda sudah mendaftar layanan pesan antar tersebut berarti sudah bagus. Anda hanya perlu mengoptimalkan layanan tersebut dengan aktif memberikan promo-promo menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjaring pelanggan baru.
Namun, bagi Anda yang belum mendaftar satu pun layanan pesan antar, berarti ini saat yang tepat untuk melakukannya. Sebab, Anda memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan penjaulan restoran dan mengumpulkan lebih banyak pelanggan baru.
Anda tidak perlu khawatir bagaimana memulainya. Karena pendaftaran layanan pesan antar seperti Go Food dan Grab Food bisa dilakukan secara online tanpa memungut biaya apapun. Anda hanya akan dikenakan biaya sekian persen dari total penjualan yang masuk melalui layanan tersebut. Namun, tidak perlu khawatir, karena biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu banyak.
5. Coba Layani Pemesanan Mandiri (Customer Self Order)
Nah, inilah inovasi bisnis restoran paling baru yang perlu Anda lakukan sekarang juga. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda bisa terapkan pelayanan mandiri menggunakan teknologi Customer Self Order.Dengan menerapkan teknologi ini, pelanggan di restoran Anda bisa memesan dan membayar pesananannya secara mandiri (tanpa dilayani kasir/ pelayan).
Pasti menarik ya? Pelanggan bisa lebih leluasa memilih menu yang mereka inginkan tanpa merasa kikuk/ sungkan pada pelayan. Mereka cukup memesannya melalui layar kiosk, tablet yang disediakan di meja, atau scan QR Code yang diletakkan di masing-masing meja.
Dengan menerapkan sistem Customer Self Order, Anda bisa menghemat pengeluaran restoran hingga 75% per bulan. Sebab, jika menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu mempekerjakan banyak kasir dan pelayan untuk melayani pelanggan. Anda pun bisa mengurangi anggaran gaji karyawan setiap bulannya.
Bahkan, Anda juga bisa meningkatkan omzet hingga 3x lipat dalam satu tahun. Sebab, pelayanan mandiri yang ditawarkan sistem Customer Self Order bisa mempercepat pelayanan di restoran Anda. Semakin cepat waktu pelayanan pelanggan, maka semakin besar peluang Anda melayani lebih banyak pelanggan
Bagaimana? Menarik kan? Anda bisa menarik perhatian banyak pelanggan baru dengan menerapkan sistem Customer Self Order di restoran Anda sekarang juga. Tidak terkecuali menarik perhatian para influencer, food blogger, hingga bahkan media ternama. Tentu sangat menguntungkan jika restoran Anda mendapatkan eksposur secara gratis dari mereka.
Baca Juga: Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Restoran Anda
Demikian 5 inovasi bisnis kuliner yang perlu Anda lakukan untuk berkompetisi di tengah persaingan bisnis kuliner tahun 2020 ini. Coba terapkan tips 1-5 untuk segera merasakan manfaatnya.
Sebagai rekomendasi, gunakan InterActive MyOrder, sebuah sistem teknologi Customer Self Order terbaru yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar pesanannya secara mandiri. Selain mampu menekan pengeluaran bulanan, penggunaan teknologi ini juga berpeluang meningkatkan popularitas dan peningkatan omzet restoran Anda. Tertarik? Pelajari lebih lanjut di sini.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.