5 Tips Penting untuk Marketing Bisnis Ritel Anda

by InterActive crew ~ 03 Januari 2017

Memasuki era digital sekarang ini, perlu dipahami bagi Anda pelaku bisnis ritel bahwa telah terjadi perubahan perilaku konsumen saat berbelanja. Pertumbuhan konsumen yang bebelanja online pun semakin tinggi. 

Menurut data Lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, memperkirakan bahwa nilai perdagangan elektronik atau yang lebih akrab dengan sebutan e-commerce di Indonesia pada tahun 2016 ini mencapai US$ 24.6 miliar, atau setara dengan 319,8 Triliun rupiah. Perkiraan rupiah tersebut didasarkan pada asusmsi kurs Rp 13.000,- per dollar AS.

Konsumen pun semakin liberal, dengan mudahnya mereka bisa mendapatkan informasi. Berbelanja berbagai barang kebutuhan secara online pun juga semakin mudah dengan banyaknya pilihan marketplace yang ada di Indonesia.

Untuk itu Anda membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk produk yang Anda jual agar mampu menarik minat pelanggan. Kesuksesan strategi pemasaran online bagi bisnis ritel di era digital ini, tidak terlepas dari kolaborasi konsep marketing modern dan konvensional. Karena hal itu mari kita simak beberapa tips penting dibawah ini yang akan bermanfaat untuk marketing bisnis ritel Anda:

1. Pahami karakteristik pelanggan
Anda perlu memahami dengan baik karakteristik tiap pelanggan Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan pesan pemasaran dan bagaimana cara memasarkan produk kepada mereka. Selalu usahakan untuk selalu dekat dengan mereka dengan memberikan pelayanan after sales yang baik dan mendengarkan saran dan kritikan yang baik terhadap produk Anda. Ketika kedekatan Anda dengan pelanggan sudah terjaga, Anda akan dengan mudah menawarkan produk-produk selanjutnya yang sekiranya relevan dengan yang mereka butuhkan.

2. Berikan alasan bagi pelanggan untuk datang ke toko Anda (online/offline)
Bagi Anda yang memiliki outlet secara offline, Anda perlu memberikan alasan bagi calon pelanggan untuk datang ke outlet Anda. Begitu juga dengan Anda yang hanya memiliki toko online tanpa toko offline. Pastikan toko online Anda memiliki sesuatu (keunikan) yang berbeda dari toko online pada umumnya, entah itu dari segi desain tampilan, produk jualan, maupun layanan yang berbeda, agar pelanggan punya alasan untuk selalu mengunjungi toko online Anda dan kesempatan terjadinya konversi pun semakin besar.

Cara lain untuk membuat pelanggan datang ke toko online Anda salah satunya dengan memberikan berbagai penawaran menarik, diskon, membagikan kupon dan lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.

3. Motivasi pelanggan untuk mengambil tindakan  
Ciptakan sense of urgency (keterdesaksan) untuk produk yang Anda tawarkan agar memotivasi prospek menjadi pelanggan. Anda bisa memberikan tenggat waktu khusus untuk setiap promosi yang Anda berikan, dan rilis promo menarik yang membuat mereka merasakan value dari produk yang Anda tawarkan.

Pastikan mereka terbatasi oleh stok persediaan dalam jangka waktu tertentu sehingga mereka termotivasi untuk segera melakukan pembelian. Selama brand Anda memiliki pesan yang jelas, urgensi ini hanya meningkatkan pengalaman dan menekankan kepada pelanggan bahwa mereka perlu untuk mendapatkan produk Anda sekarang juga atau tidak sama sekali. Hal ini bisa membuat mereka merasa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk jika membeli dilain hari. Itulah kuncinya!

4. Hadirkan versi online dari bisnis ritel offline Anda
Kini, hampir sebagian besar orang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan informasi. Mereka dengan mudah terhubung dengan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Hanya dengan menggerakan jari, mereka bisa mendapatkan segala hal yang mereka butuhkan. Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis ritel offline tentu saja wajib memperhatikan kehadiran brand anda secara online untuk mengadopsi tren yang ada di pasar masa kini, sekaligus memajukan bisnis ritel Anda agar lebih mudah dikenal dari segala penjuru dunia.

Selain pemasaran secara digital, para pelaku bisnis ritel juga perlu memikirkan bagaimana mengkonversi prospek menjadi pelanggan secara online tanpa harus datang ke toko offline. Pastikan toko online Anda menampilkan barang yang sesuai dengan aslinya, dan jangan lupa gunakan SEO yang baik dalam website toko online Anda agar pengguna mudah dalam menemukan barang yang sedang dicari dan bisa memilih untuk mengunjungi toko online Anda. 

5. Fokus pada kualitas barang yang Anda jual
Perlu Anda ingat kembali, bahwa Anda tidak bisa menjual segala hal kepada semua orang. Alangkah bijaknya, jika Anda fokus pada keahlian yang menjadi kekuatan Anda dan membuat perbedaan/keunikan dari kompetitor Anda. Anda bisa memberikan garansi jika diperlukan agar membuat setiap orang lebih mudah memutuskan untuk membeli produk atau service Anda, dan tentunya membuat pelanggan percaya dengan apa yang Anda jual.
 
Sekarang mulailah menciptakan customer experience (pengalaman pelanggan) yang memberikan efek LUAR BIASA. Produk dan service bisa saja berganti, namun pengalaman yang baik dengan sebuah brand akan tetap tertanam di hati konsumen Anda.

Setelah membaca dan memahai kelima tips penting tadi, lalu tunggu apalagi? Siap untuk mempraktekannya? Selamat mencoba dan semoga sukses!

JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

    12 Juli 2019

    Survei dari firma bisnis  Deloitte  terhadap 437 UKM menunjukkan UKM yang memanfaatkan promosi  online  mengha ...

    Selengkapnya
  • Inilah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia

    08 Juli 2019

    Pada tahun 2010,  Forbes  mencatat setidaknya ada 937 orang miliarder yang ada di dunia. Namun hingga tahun 2017, Forbes ...

    Selengkapnya
  • Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan

    28 Juni 2019

    Apa itu  psikologi harga ? Memangnya, apa hubungannya ilmu psikologi dengan penentuan harga? Ternyata ada hubungannya lho! Ba ...

    Selengkapnya