Product IT Software & Hardware
5 Tips Penting untuk Marketing Bisnis Ritel Anda
Memasuki era digital sekarang ini, perlu dipahami bagi Anda pelaku bisnis ritel bahwa telah terjadi perubahan perilaku konsumen saat berbelanja. Pertumbuhan konsumen yang bebelanja online pun semakin tinggi.
Menurut data Lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, memperkirakan bahwa nilai perdagangan elektronik atau yang lebih akrab dengan sebutan e-commerce di Indonesia pada tahun 2016 ini mencapai US$ 24.6 miliar, atau setara dengan 319,8 Triliun rupiah. Perkiraan rupiah tersebut didasarkan pada asusmsi kurs Rp 13.000,- per dollar AS.
Konsumen pun semakin liberal, dengan mudahnya mereka bisa mendapatkan informasi. Berbelanja berbagai barang kebutuhan secara online pun juga semakin mudah dengan banyaknya pilihan marketplace yang ada di Indonesia.
Untuk itu Anda membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk produk yang Anda jual agar mampu menarik minat pelanggan. Kesuksesan strategi pemasaran online bagi bisnis ritel di era digital ini, tidak terlepas dari kolaborasi konsep marketing modern dan konvensional. Karena hal itu mari kita simak beberapa tips penting dibawah ini yang akan bermanfaat untuk marketing bisnis ritel Anda:
1. Pahami karakteristik pelanggan
Anda perlu memahami dengan baik karakteristik tiap pelanggan Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan pesan pemasaran dan bagaimana cara memasarkan produk kepada mereka. Selalu usahakan untuk selalu dekat dengan mereka dengan memberikan pelayanan after sales yang baik dan mendengarkan saran dan kritikan yang baik terhadap produk Anda. Ketika kedekatan Anda dengan pelanggan sudah terjaga, Anda akan dengan mudah menawarkan produk-produk selanjutnya yang sekiranya relevan dengan yang mereka butuhkan.
2. Berikan alasan bagi pelanggan untuk datang ke toko Anda (online/offline)
Bagi Anda yang memiliki outlet secara offline, Anda perlu memberikan alasan bagi calon pelanggan untuk datang ke outlet Anda. Begitu juga dengan Anda yang hanya memiliki toko online tanpa toko offline. Pastikan toko online Anda memiliki sesuatu (keunikan) yang berbeda dari toko online pada umumnya, entah itu dari segi desain tampilan, produk jualan, maupun layanan yang berbeda, agar pelanggan punya alasan untuk selalu mengunjungi toko online Anda dan kesempatan terjadinya konversi pun semakin besar.
Cara lain untuk membuat pelanggan datang ke toko online Anda salah satunya dengan memberikan berbagai penawaran menarik, diskon, membagikan kupon dan lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.
3. Motivasi pelanggan untuk mengambil tindakan
Ciptakan sense of urgency (keterdesaksan) untuk produk yang Anda tawarkan agar memotivasi prospek menjadi pelanggan. Anda bisa memberikan tenggat waktu khusus untuk setiap promosi yang Anda berikan, dan rilis promo menarik yang membuat mereka merasakan value dari produk yang Anda tawarkan.
Pastikan mereka terbatasi oleh stok persediaan dalam jangka waktu tertentu sehingga mereka termotivasi untuk segera melakukan pembelian. Selama brand Anda memiliki pesan yang jelas, urgensi ini hanya meningkatkan pengalaman dan menekankan kepada pelanggan bahwa mereka perlu untuk mendapatkan produk Anda sekarang juga atau tidak sama sekali. Hal ini bisa membuat mereka merasa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk jika membeli dilain hari. Itulah kuncinya!
4. Hadirkan versi online dari bisnis ritel offline Anda
Kini, hampir sebagian besar orang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan informasi. Mereka dengan mudah terhubung dengan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Hanya dengan menggerakan jari, mereka bisa mendapatkan segala hal yang mereka butuhkan. Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis ritel offline tentu saja wajib memperhatikan kehadiran brand anda secara online untuk mengadopsi tren yang ada di pasar masa kini, sekaligus memajukan bisnis ritel Anda agar lebih mudah dikenal dari segala penjuru dunia.
Selain pemasaran secara digital, para pelaku bisnis ritel juga perlu memikirkan bagaimana mengkonversi prospek menjadi pelanggan secara online tanpa harus datang ke toko offline. Pastikan toko online Anda menampilkan barang yang sesuai dengan aslinya, dan jangan lupa gunakan SEO yang baik dalam website toko online Anda agar pengguna mudah dalam menemukan barang yang sedang dicari dan bisa memilih untuk mengunjungi toko online Anda.
5. Fokus pada kualitas barang yang Anda jual
Perlu Anda ingat kembali, bahwa Anda tidak bisa menjual segala hal kepada semua orang. Alangkah bijaknya, jika Anda fokus pada keahlian yang menjadi kekuatan Anda dan membuat perbedaan/keunikan dari kompetitor Anda. Anda bisa memberikan garansi jika diperlukan agar membuat setiap orang lebih mudah memutuskan untuk membeli produk atau service Anda, dan tentunya membuat pelanggan percaya dengan apa yang Anda jual.
Sekarang mulailah menciptakan customer experience (pengalaman pelanggan) yang memberikan efek LUAR BIASA. Produk dan service bisa saja berganti, namun pengalaman yang baik dengan sebuah brand akan tetap tertanam di hati konsumen Anda.
Setelah membaca dan memahai kelima tips penting tadi, lalu tunggu apalagi? Siap untuk mempraktekannya? Selamat mencoba dan semoga sukses!
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.