Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

by InterActive crew ~ 17 Juli 2019

Sebelumnya, Intermezzo telah membahas tentang Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM. Nah, apakah Anda sudah mencobanya? Seperti yang telah dibahas pada artikel tersebut, strategi promosi online gratis memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi, jika Anda tidak melakukannya secara konsisten. Pasti hasilnya tidak akan segera tampak.

Karena itulah, Intermezzo ingin memberikan alternatif bagi pengusaha UKM untuk menjajal promosi online berbayar.

Tidak perlu khawatir untuk besarnya biaya yang harus Anda keluarkan. Karena beriklan secara online jauh lebih murah dibanding beriklan di media konvensional, seperti TV, radio, atau bahkan billboard.

Untuk beriklan di internet, Anda bisa menyesuaikan berapa anggaran sesuai kebutuhan. Jika anggaran sedikit, iklan tetap bisa dijalankan, akan tetapi jangkauannya tentu lebih sedikit. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Baca Juga: Strategi Promosi Online Gratis untuk UKM

Berikut adalah 5 strategi promosi online berbayar yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda!

 

1. Adakan Giveaway/ Lomba Berhadiah di Media Sosial

Strategi promosi online berbayar yang pertama adalah dengan mengadakan giveaway / lomba berhadiah di media sosial bisnis Anda. Jenis promosi ini paling banyak dilakukan di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Giveaway adalah membagikan produk gratis kepada follower media sosial yang telah memenuhi syarat tertentu. Biasanya dilakukan dengan sistem kuis. Follower harus menjawab pertanyaan tertentu di komentar atau pun me-repost postingan dan menandai temannya. Pemenang dipilih secara acak atau diseleksi berdasarkan kriteria tertentu.

Anda bebas menentukan mekanisme giveaway yang ingin Anda lakukan. Biasanya, syarat yang diberlakukan pada giveaway cenderung memudahkan dan tidak terlalu sulit. Karena nilai hadiah yang dibagikan pun kadang tidak terlalu tinggi.

Beda halnya dengan lomba berhadiah. Syarat yang ditetapkan pada lomba cenderung lebih sulit. Misalnya, lomba membuat review produk melalui blog/ video. Syarat tsb tentu lebih sulit dibandingkan hanya dengan me-repost postingan Instagram. Namun, hadiah yang didapat juga lebih bernilai dan worth it untuk pemenang lomba.

Yang pasti, dalam membuat giveaway/lomba berhadiah, Anda harus memperhatikan tujuan yang ingin Anda capai. Jangan asal bagi-bagi hadiah. Tapi, tetapkan target khusus dari promosi tsb. Misalnya, Anda mengadakan giveaway dengan membagikan 5 produk gratis. Tujuannya apa? Salah satunya, Anda bisa menargetkan program tsb untuk meningkatkan jumlah follower dan engagement di media sosial Anda.

Begitu juga saat mengadakan lomba. Tentu jangan asal mengadakan lomba. Tapi, tetapkan tujuan dan target khusus untuk meningkatkan branding dan penjualan bisnis Anda.

 

2. Kerjasama dengan Influencer Populer

strategi promosi online berbayar

Strategi promosi online berbayar selanjutnya adalah kerjasama dengan influencer media sosial. Ini termasuk jenis promosi yang mulai banyak digunakan oleh para pemilik online shop saat ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum kerjasama dengan influencer adalah melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. Pilih influencer yang memiliki citra positif, memiliki engagement yang tinggi di media sosialnya, serta profil follower-nyayang sesuai dengan target pasar Anda.

Misalnya, Anda seorang pengusaha hijab syar’i. Anda bisa kerjasama dengan influencer yang kesehariannya mengenakan hijab syar’i. Dengan begitu, peluang menggaet follower dan customer baru akan semakin besar.

Untuk mencari influencer yang tepat, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs marketplace influencer di internet. Seperti halnya situs marketplace produk, situs marketplace influencer ini menampilkan berbagai profil influencer, jumlah follower, dan bahkan tarif kerjasama yang diberlakukan. Dengan layanan tesb, Anda bisa lebih mudah dalam menemukan influencer yang tepat untuk usaha Anda.

Oh ya, kerjasama dengan influencer ini terdapat beberapa jenis. Dua yang paling populer adalah endorsment dan paid promotion/ paid partnership.

Bedanya endors dan paid promotion terletak pada orisinalitas konten. Dalam kerjasama endorsment, Anda cukup mengirimkan produk Anda dan melakukan pembayaran sejumlah biaya yang ditentukan.

Lalu, influencer akan mempromosikan produk Anda di media sosial miliknya dengan konten (foto/ video/ caption) yang dibuat sendiri oleh si influencer bersama timnya. Sehingga, hasilnya akan terkesan lebih natural bahwa produk yang diunggah adalah rekomendasi langsung dari influencer (bukan iklan/ endorse).

Sedangkan untuk kerjasama paid promotion, konten promonya tidak dibuat sendiri oleh influencer bersangkutan. Jadi, jika Anda hendak melakukan kerjasama paid promotion, maka Anda lah yang harus menyiapkan kontennya sendiri.

Kelebihannya, harga yang ditawarkan kadang lebih murah dibanding endorsment. Namun, konten yang diunggah nanti akan terkesan tidak natural dan terlihat sebagai iklan. Sehingga kurang mendapat impresi dari follower si influencer.

 

Baca Juga: 3 Langkah Jitu Melejitkan Omzet UKM

3. Beriklan di Facebook/ Instagram

strategi promosi online berbayar

Strategi promosi online berbayar yang ketiga, coba beriklan di Facebook (Fb Ads) dan Instagram (IG Ads). Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau audiens baru dari berbagai latar belakang yang Anda inginkan. jika Anda mengatur iklan dengan tepat, Anda bisa menyasar audiens sesuai dengan target pasar Anda.

Menariknya, saat beriklan di Facebook/ Instagram, Anda bisa menyesuaikan  tujuan beriklan secara lebih spesifik, apakah hanya untuk brand awareness, mempromosikan media sosial, atau pun untuk konversi (penjualan).

Anda juga bisa menentukan besarnya anggaran sesuai kebutuhan Anda. Sehingga, tidak perlu takut iklan Anda akan memakan banyak biaya, karena besarnya anggaran tergantung pada tujuan iklan dan jangkauan iklan tsb.

Namun, jangan langsung kecewa jika iklan pertama Anda tak terlalu menghasilkan. Karena dalam beriklan di Facebook/ Instagram memang bukan pekerjaan mudah. Butuh latihan panjang yang dilakukan berulang-ulang, sehingga Anda bisa menemukan pola yang tepat. Mulai dari pemilihan konten iklan, audiens yang menjadi sasaran, dll.

 

4. Iklankan Toko Online Anda di Situs Marketplace

Bagi Anda yang berjualan di marketplace, seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll, coba manfaatkan fitur iklan untuk meningkatkan penjualan Anda.

Strategi promosi online berbayar yang keempat ini hampir sama dengan iklan Facebook dan Instagram. Bedanya, konten iklan Facebook dan Instagram terposting di timeline.Sedangkan iklan marketplace menempatkan toko Anda di pencarian teratas atau dalam daftar produk unggulan. Dengan begitu, toko Anda di marketplace berpeluang lebih besar untuk diklik pengunjung, dan akhirnya melakukan pembelian di toko online Anda.

Masing-masing situs marketplace punya kebijakan yang berbeda-beda dalam beriklan. Mulai dari  Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll, memiliki aturan tersendiri bagi seller/ merchant yang ingin beriklan. Untuk mengetahui syarat lebih lanjut, Anda bisa langsung membuka situs mereka dan mempelajari mekanisme iklan yang diterapkan.

Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan

 

5. Iklankan Website Anda melalui Google AdWords

strategi promosi online berbayar

Jika Anda mempunyai website, maka cara promosi online berbayar yang kelima ini bisa Anda coba. Beriklan di Google adalah alternatif jitu bagi Anda yang baru membuat website dan belum memiliki banyak pengunjung. Cara ini juga lebih praktis dibanding melakukan strategi SEO yang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih panjang.

Dengan beriklan di Google, Anda bisa memilih keyword tertentu sesuai bisnis Anda, dan menjadikan website Anda di posisi terbaik saat pengguna mencari keyword tersebut di Google. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit di Bandung. Anda bisa beriklan di Google AdWords untuk keyword “jual sepatu kulit”, “sepatu kulit bandung”, dll. Sehingga, saat seseorang mengetik keyword tersebut di Google, maka hasil pencarian akan menunjukkan website Anda di posisi teratas. Harapannya, tentu saja akan lebih banyak pengunjung tertarget yang mengunjungi website Anda dan berpeluang besar melakukan pembelian.

Sebelum beriklan ke Google, Anda juga perlu mempelajari kebijakan Google AdWords dengan baik, sehingga iklan Anda berhasil ditampilkan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset keyword yang tepat, agar iklan Anda tepat sasaran.

Perlu Anda ketahui juga, harga tiap keyword akan berbeda-beda. Ada keyword tertentu yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi (jarang dicari), sehingga harganya murah. Namun, ada juga yang tingkat persaingannya tinggi, sehingga harganya pun mahal. Untuk itu, riset keyword sangat perlu Anda lakukan secara matang.

Jangan sampai telah mengeluarkan banyak biaya, tapi iklan Anda justru tak menghasilkan.

 

Demikian 5 strategi promosi online berbayar yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda. Sama halnya dengan promosi online gratis, jangan hanya mencoba sekali saja. Lakukan berulang sampai Anda temukan pola beriklan yang tepat dan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Leadership for Millenials Era

    05 September 2019

    Kalau kita bicara mengenai l eadership , seringkali kita langsung terngiang tentang karakter. Yess! Yang namanya kepemimpinan bi ...

    Selengkapnya
  • Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis

    31 Agustus 2019

    Apakah saat ini Anda sedang mencari rekomendasi software payroll terbaik? Sekarang Anda  tidak perlu bingung lagi. Kali ini I ...

    Selengkapnya
  • Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda

    30 Agustus 2019

    Sebelumnya, Intermezzo telah membahas banyaknya manfaat dan  keuntungan menggunakan software payroll/ HRIS  untuk perusa ...

    Selengkapnya