Product IT Software & Hardware
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Sebelumnya saya rasa Anda sudah membaca dan memahami artikel; cara terbaik untuk membuat segmentasi pelanggan Anda (jika belum bisa Anda klik disini). Nah kali ini ada lanjutan dari artikel tersebut yang sangat sayang jika Anda lewatkan, yuk mari kita pahami bersama.
Keinginan konsumen merupakan salah satu hal dalam pemasaran suatu produk yang tidak mudah untuk dimengerti. Produk seperti apa yang mereka suka, apa yang tidak mereka sukai dari produk kita, berapa harga yang mereka inginkan dan banyak rahasia lain yang tersimpan rapat di benak mereka. Untuk itu kita perlu memerlukan pendeketan psikologis kepada calon pelanggan, untuk mengerti keinginan dan masalah mereka, sehingga kita bisa menjual produk yang bermanfaat bagi mereka.
Berikut ini mari kita simak beberapa hal untuk menguak tentang keinginan konsumen yang perlu Anda ketahui.
1. Mayoritas orang menyukai kejutan, karena akan menciptakan rasa penasaran untuk perubahan pada rutinitas kehidupan mereka secara tiba-tiba. Tentu kejutan yang diharapkan bersifat positif bukan sebaliknya. Anda bisa menyesuaikan kejutan apa yang sekiranya pas untuk Anda berikan pada pelanggan yang membeli produk Anda, bisa berupa barang maupun jasa.
Pastikan nilai dari kejutan ini sesuai dengan budget yang Anda miliki dan bukan justru membuat Anda rugi.
2. Kebanyakan orang, ingin hidup lebih praktis. Jadi, sederhanakan cara pemesanan dan cara menggunakan produk yang Anda jual. Semakin praktis pemesanan dan penggunaan produk yang Anda jual, semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan pelangan. Anda juga bisa menciptakan keunikan cara pemesanan atau pembelian produk Anda dari yang sudah dilakukan oleh kompetitor, sehingga produk Anda akan lebih mudah diingat orang banyak.
3. Setiap orang menginginkan rasa aman. Beritahu calon konsumen, bahwa Anda memiliki jaminan sistem pemesanan yang aman dan penggunaan barang yang Anda jual juga aman. Jaminan tersebut bisa berupa garansi pengiriman maupun garansi produk jual dalam kurun waktu tertentu untuk membuat pelanggan percaya menggunakan produk Anda.
4. Mayoritas orang menyukai pujian terhadap prestasi yang pernah dicapai. Untuk itu Anda bisa memberikan sedikit ucapan pujian kepada calon pelanggan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa senang dan dihargai atas apa yang pernah dicapai. Setelah mereka merasa diperhatikan, barulah Anda mulai untuk menawarkan produk yang bermanfaat untuk mereka.
5. Banyak orang yang penasaran dengan hal-hal yang bisa merubah gaya hidupnya. Gunakan kata-kata yang membuat pembaca iklan Anda merasa penasaran. Mulai dari judul hingga konten buat semenarik mungkin untuk menggugah rasa keingin tahuan mereka akan apa yang Anda tulis dalam iklan.
Tak lupa pula kedepankan unsur kejujuran dalam apa yang Anda tulis dalam iklan. Jangan sampai calon pelanggan Anda tertipu dengan apa yang Anda tulis.
6. Kebanyakan orang, ingin berinventasi untuk masa depannya. Pastikan Anda memberikan kalimat penawaran yang tepat kepada pelanggan. Jangan sampai kalimat pertama yang Anda lontarkan kepada calon pelanggan akan ditolak begitu saja. Contohnya saja, kalimat yang tepat untuk penawaran seperti “Investasikan uang Anda dengan produk dari kami…“, lebih baik daripada Anda menggunakan kalimat “Belilah produk kami…”.
7. Banyak orang menginginkan model produk terbaru atau yang sedang menjadi hits di pasaran. Jelaskan kepada calon pelanggan, bahwa produk Anda adalah produk terbaru saat ini. Tapi perlu di ingat bahwa produk yang sedang menjadi tren tidak banyak yang bertahan lama, karena hanya bersifat musiman. Namun karena sifat musiman ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang banyak pula.
8. Setiap orang, pasti ingin mengatasi permasalahannya. Tuliskan masalah mereka dan tunjukkan bagaimana produk Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Berikan solusi yang tidak berlebihan tetapi masuk akal untuk segera di praktekkan ke calon pelanggan Anda. Dalam memberikan solusi dari masalah calon pelanggan, Anda bisa menggunakan bahasa yang persuasif untuk mempengaruhi dan membuat pelanggan untuk segera membeli produk Anda.
9. Kebanyakan orang, ingin membahagiakan orang disekelilingnya. Tunjukkan bagaimana manfaat dari produk yang Anda jual kepada calon pelanggan, akan bisa membuat bahagia orang yang ada disekeliling mereka. Pun dengan mereka yang telah membeli produk Anda juga akan merasa bahagia.
10. Kebanyakan orang, ingin mengatasi penghalang dalam mencapai tujuan hidupnya. Tunjukkan apa saja yang bisa mereka raih dengan produk Anda. Lagi-lagi ini soal manfaat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, karena pelanggan lebih peduli dengan manfaat dari produk yang Anda jual daripada fitur-fitur produk Anda, yang tidak semua calon pelanggan akan mengerti.
Setelah Anda memahami 10 pendekatan psikologis diatas, jangan lupa untuk segera Anda terapkan dalam bisnis Anda, karena HASIL tak akan pernah mengkhianati USAHA Anda. Selamat bekerja
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.