6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda

by InterActive crew ~ 26 Januari 2017

Dalam berbisnis online sangat erat kaitannya dengan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Bagi para pebisnis online harus berhati-hati ketika menawarkan produknya, karena ada hal-hal yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan keraguan konsumen. 

Keraguan dari pelangganpun cukup beralasan, karena tidak sedikit kasus dari pelanggan yang tidak mendapatkan barang sebagaimana mestinya ketika mereka membeli online. Hal ini bahkan dialami toko online terpopuler di Indonesia. Kasus seperti ini juga sampai diliput media mainstream ternama. Alhasil, keraguan pelanggan untuk berbelanja online makin bertambah.

Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

1. Buat tampilan toko online yang menarik dan mudah diakses
Tampilan toko online yang menarik dan rapi dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Hindari informasi yang tidak terlalu penting. Pastikan pula tautan yang ditampilkan pada toko online dapat diakses. 

Demi kemudahan bagi pelanggan untuk menjelajahi produk yang Anda tawarkan di website, buat dan pilihlah tampilan website toko online yang responsive agar mudah diakses lewat berbagai gadget. Dengan kemuduhan akses via smartphone, tablet maupun gadget yang lain, maka akan memudahkan pelanggan mencari produk yang diinginkan.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website profesional, pilihannya pun juga banyak. Namun Anda tak usah bingung dalam memilih jasa pembuatan website tersebut. Anda bisa pilih layanan dari www.indeo.id untuk layanan profesional, berkualitas, cepat, terpercaya oleh banyak klien, dan pastinya harganya lebih bersahabat dengan Anda. Jangan ragu, Ayo buktikan!

2. Berikan kebijakan pengembalian barang yang jelas
Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang aturan pengembalian barang juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda. Informasi yang disampaikan dapat berupa kategori barang apa saja yang bisa dikembalikan oleh pembeli, lama garansi produk, siapa yang membayar biaya pengembalian barang, hingga jaminan kepuasan pelanggan yang disertai dengan syarat dan ketentuan tertentu.

3. Deskripsikan produk secara rinci beserta reviewnya
Tampilkan foto produk yang jelas, dan berikan deskripsi yang jujur dan jelas supaya konsumen tidak kecawa ketika menerima produk yang Anda tawarkan. Selain itu, keraguan konsumen juga dapat dihilangkan dengan adanya testimonial atau review produk yang tertera pada toko online Anda. Review ataupun testimonial ini dapat Anda tampilkan dari pelanggan yang memiliki nama atau sudah dikenal banyak orang (public figur) agar tidak terkesan dibuat-buat.

4. Berikan informasi kontak yang jelas
Konsumen tidak akan ragu membeli di toko online Anda ketika penjual mudah dihubungi. Maka, pemilik bisnis online sebaiknya memberikan kontak alamat email, nomor ponsel, layanan instant messaging dan sebagainya.

5. Gunakan jasa kurir terpercaya
Konsumen dapat melihat keseriusan suatu bisnis online dari jasa kurir yang digunakan untuk mengirim barang pesanan. Maka sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Jasa kurir ini Anda bisa gunakan lebih dari satu sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelanggan nantinya.

6. Berikan pilihan pembayaran
Tidak semua bank melakukan free of charge, maka gunakan beberapa akun bank yang berbeda untuk memudahkan pembeli mentransfer biaya yang harus dibayarkan sekaligus pilihan pembayaran via cash on delivery maupun kartu kredit.

Dari hal diatas semoga bisa membantu bisnis online untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

Disadur dari netpreneur.co.id

 

Tags: tips bisnis

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • 7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda

    07 Mei 2019

    7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik – Saat ini keberadaan teknologi di berbagai bidang usaha semakin berkembang pesat. ...

    Selengkapnya
  • Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)

    26 April 2019

    Kemarin, Intermezzo telah memposting artikel  Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1) . Kali ini ...

    Selengkapnya
  • Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)

    24 April 2019

    Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan – Manajemen restoran meyakini bahwa layanan pelanggan yang hebat ...

    Selengkapnya