Product IT Software & Hardware
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Dalam berbisnis online sangat erat kaitannya dengan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Bagi para pebisnis online harus berhati-hati ketika menawarkan produknya, karena ada hal-hal yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan keraguan konsumen.
Keraguan dari pelangganpun cukup beralasan, karena tidak sedikit kasus dari pelanggan yang tidak mendapatkan barang sebagaimana mestinya ketika mereka membeli online. Hal ini bahkan dialami toko online terpopuler di Indonesia. Kasus seperti ini juga sampai diliput media mainstream ternama. Alhasil, keraguan pelanggan untuk berbelanja online makin bertambah.
Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:
Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:
1. Buat tampilan toko online yang menarik dan mudah diakses
Tampilan toko online yang menarik dan rapi dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Hindari informasi yang tidak terlalu penting. Pastikan pula tautan yang ditampilkan pada toko online dapat diakses.
Demi kemudahan bagi pelanggan untuk menjelajahi produk yang Anda tawarkan di website, buat dan pilihlah tampilan website toko online yang responsive agar mudah diakses lewat berbagai gadget. Dengan kemuduhan akses via smartphone, tablet maupun gadget yang lain, maka akan memudahkan pelanggan mencari produk yang diinginkan.
Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website profesional, pilihannya pun juga banyak. Namun Anda tak usah bingung dalam memilih jasa pembuatan website tersebut. Anda bisa pilih layanan dari www.indeo.id untuk layanan profesional, berkualitas, cepat, terpercaya oleh banyak klien, dan pastinya harganya lebih bersahabat dengan Anda. Jangan ragu, Ayo buktikan!
2. Berikan kebijakan pengembalian barang yang jelas
Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang aturan pengembalian barang juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda. Informasi yang disampaikan dapat berupa kategori barang apa saja yang bisa dikembalikan oleh pembeli, lama garansi produk, siapa yang membayar biaya pengembalian barang, hingga jaminan kepuasan pelanggan yang disertai dengan syarat dan ketentuan tertentu.
3. Deskripsikan produk secara rinci beserta reviewnya
Tampilkan foto produk yang jelas, dan berikan deskripsi yang jujur dan jelas supaya konsumen tidak kecawa ketika menerima produk yang Anda tawarkan. Selain itu, keraguan konsumen juga dapat dihilangkan dengan adanya testimonial atau review produk yang tertera pada toko online Anda. Review ataupun testimonial ini dapat Anda tampilkan dari pelanggan yang memiliki nama atau sudah dikenal banyak orang (public figur) agar tidak terkesan dibuat-buat.
4. Berikan informasi kontak yang jelas
Konsumen tidak akan ragu membeli di toko online Anda ketika penjual mudah dihubungi. Maka, pemilik bisnis online sebaiknya memberikan kontak alamat email, nomor ponsel, layanan instant messaging dan sebagainya.
5. Gunakan jasa kurir terpercaya
Konsumen dapat melihat keseriusan suatu bisnis online dari jasa kurir yang digunakan untuk mengirim barang pesanan. Maka sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Jasa kurir ini Anda bisa gunakan lebih dari satu sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelanggan nantinya.
6. Berikan pilihan pembayaran
Tidak semua bank melakukan free of charge, maka gunakan beberapa akun bank yang berbeda untuk memudahkan pembeli mentransfer biaya yang harus dibayarkan sekaligus pilihan pembayaran via cash on delivery maupun kartu kredit.
Dari hal diatas semoga bisa membantu bisnis online untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.
Disadur dari netpreneur.co.id
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.