10 Ide Bisnis UKM Paling Menjanjikan di Tahun Baru (Part 2)

by InterActive crew ~ 04 Januari 2020

Sebelumnya, Intermezzo telah membahas 5 ide bisnis UKM paling menjanjikan yang bisa Anda jadikan referensi memulai bisnis di tahun ini. Nah, kali ini kami ingin melanjutkan pembahasan tersebut dengan membagikan 5 poin lagi  yang bisa Anda jadikan referensi baru. Apa sajakah itu? Let’s check it out!

 

1. Bisnis Cuci Sepatu

Mungkin, Anda sudah tidak asing dengan menjamurnya jasa cuci baju (laundry) atau cuci kendaraan? Tapi, bagaimana dengan bisnis cuci sepatu? Ternyata, jasa tersebut bisa menjadi salah satu ide bisnis UKM paling menjanjikan di tahun ini lho!

Saat ini semakin banyak orang malas mencuci berbagai kebutuhannya sendiri, termasuk sepatu. Banyaknya kesibukan dan tingginya aktifitas di luar rumah membuat banyak orang lebih tertarik menggunakan jasa cuci yang lebih praktis.

Nah, fenomena ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa melayani jasa cuci sepatu berkualitas premium dan mengkampanyekannya sebagai gaya hidup kekinian masyarakat urban. Tentu akan lebih banyak pelanggan yang tertarik menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: 10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari

 

2. Bisnis Penyewaan Baju Sehari-Hari

Ide bisnis UKM selanjutnya yang bisa Anda coba adalah bisnis penyewaan baju sehari-hari. Selama ini Anda pasti sering melihat jasa penyewaan baju untuk keperluan festival/ acara-acara seremonial. Tapi, bagaimana dengan jasa penyewaan baju sehari-hari?

Saat ini kebutuhan untuk bergonta-ganti baju sangatlah tinggi, terutama untuk keperluan karir. Namun, jika terus-terusan membeli baju baru tentu menghabiskan banyak biaya. Apalagi baju-baju tersebut sangat jarang digunakan dan bahkan hanya digunakan sesekali saja.

Inilah peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda. Anda bisa menyediakan baju-baju berkualitas premium dan menyewakannya untuk berbagai kebutuhan. Dengan menjalankan bisnis ini, secara tidak langsung Anda telah berkontribusi mengkampanyekan gaya hidup minimalis dan minim sampah.

 

3. Jasa Fotografi & Desain Grafis

Tingginya kebutuhan branding dan promosi bisnis secara tidak langsung berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan akan jasa fotografi dan desain grafis. Saat ini banyak pelaku bisnis yang membutuhkan jasa fotografi produk dan desain promosi profesional. Jika Anda memiliki kemampuan fotografi dan desain grafis yang mumpuni, Anda sangat disarankan membuka bisnis ini. Tentunya, Anda wajib menciptakan hasil fotografi dan desain yang kreatif dan eksklusif. Sehingga, jasa yang Anda tawarkan bisa menjadi pilihan pertama bagi para pelanggan.

Baca Juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

 

4. Sewa Dekorasi Photobooth

Di era Instagram saat ini, kebutuhan untuk menghasilkan foto-foto instagrammable sangatlah tinggi. Tak heran, banyak dibutuhkan dekorasi photobooth kekinian di berbagai acara. Mulai dari dekorasi acara pertunangan, pernikahan, hingga seminar-seminar formal dan berbagai acara festival. Tentu ini bisa menjadi ide bisnis UKM yang sangat menjanjikan dan berpeluang besar menghasilkan banyak keuntungan untuk Anda.

 

5. Jasa Pengelolaan Media Sosial

Masih bertautan dengan tingginya kebutuhan branding dan promosi bisnis, maka kebutuhan akan pentingnya penggunaan media sosial juga semakin tinggi. Selain menawarkan jasa fotografi dan desain grafis, Anda juga bisa membuka jasa pengelolaan media sosial untuk para pelaku bisnis. Agar memiliki nilai plus, Anda disarankan untuk menawarkan jasa pengelolaan media sosial profesional yang tidak sekadar melayani pembuatan konten. Namun, yang lebih penting adalah meningkatkan interaksi (engagement) untuk meningkatkan brand awareness dan berujung pada konversi penjualan.

Baca Juga: Strategi Optimasi Instagram untuk Restoran

 

Nah, bagaimana? Tertarik memulai bisnis UKM yang mana? Yang pasti, apapun bisnis UKM yang akan Anda geluti, pastikan Anda aktif melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Gunakan aplikasi kasir InterActive MyProfit untuk mengelola penjualan usaha Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan pencatatan transaksi secara otomatis, mendapatkan laporan penjualan otomatis, dan bahkan memantau stok dan hasil penjualan Anda kapan pun dan dimana pun. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyProfit.

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya
  • 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini. Merebaknya virus corona di I ...

    Selengkapnya