Mengenal Teknologi Barcode Scanner

by InterActive crew ~ 16 April 2016

Banyak bidang usaha yang telah menggunakan barcode scanner, Untuk lebih mengenal teknologi barcode scanner berikut penjelasan singkatnya.

1. Teknologi Laser

Teknologi laser menggunakan dioda laser berkekuatan 650ns. Laser ini sebenarnya setara dengan kekuatan laser pada pointer presentasi. Prinsipnya, dengan menambahkan sebuah motor yang bergerak ke kiri dan kanan secara cepat maka titik laser akan membentuk sebuah garis. Garis laser ini yang membaca barcode dan menerjemahkannya ke dalam sandi ASCII. Karena Barcode laser menggunakan motor maka barcode scanner jenis ini rentan rusak jika terjatuh. Walaupun beberapa produk sudah diuji drop test 1-1,5 M pada concentrate drop test, namun tetap saja lebih rentan bila dibandingkan dengan barcode yang menggunakan teknologi CCD. Kelemahan barcode scanner laser lainnya adalah tidak bisa digunakan untuk membaca barcode 2 dimensi. Barcode jenis terakhir ini mulai banyak digunakan oleh industri manufaktur besar seperti Seagate Hardisk Disk, Sony, dan Matsuhita.

2. Teknologi CCD

Teknologi CCD (Charge Coupled Device) menggunakan sinar infrared, berbeda dengan sistem laser, seperti yang dipakai pada kamera.Kepekaan pembacaan CCD masih dibawah sistem Laser. Apalagi bagi orang yang bisa menggunakan sistem laser, dimana cara scanning barcode harus tegak lurus, maka harus mengubah kebiasaan karena pembacaan pada CCD tidak perlu tegak lurus, namun menggunakan sudut. Pembacaan dengan scanner CCD juga mensyaratkan supaya sinar dan objek barcode didekatkan atau ditempelkan pada jarak maksimal 2 cm. Jenis barcode scanner CCD jauh lebih kuat dan tahan banting.

3. Teknologi Linear Imager

Teknologi yang terbaru menggunakan linear imager red lead. Dengan mengusung kapasitas mulai 2000-2500 piksel, teknologi ini menggabungkan kepekaan laser, kekuatan CCd, ditambah dengan kemampuan untuk membaca barcode 2 dimensi. Beberapa vendor barcode scanner terkemuka mulai menggunakan teknologi ini, seperti Datalogic dahulu (PSC), Metrologic, Symbol, HHp, Postronix, dan lain- lain. Bahkan salah satu pelopor DataLogic sudah menghentikan produk barcode jenis CCD dan laser dengan menggantinya dengan teknologi linear imager.

Dimasa depan teknologi linear imager akan menggantikan produk-produk barcode scanner yang ada sat ini.

 

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

    12 Juli 2019

    Survei dari firma bisnis  Deloitte  terhadap 437 UKM menunjukkan UKM yang memanfaatkan promosi  online  mengha ...

    Selengkapnya
  • Inilah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia

    08 Juli 2019

    Pada tahun 2010,  Forbes  mencatat setidaknya ada 937 orang miliarder yang ada di dunia. Namun hingga tahun 2017, Forbes ...

    Selengkapnya
  • Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan

    28 Juni 2019

    Apa itu  psikologi harga ? Memangnya, apa hubungannya ilmu psikologi dengan penentuan harga? Ternyata ada hubungannya lho! Ba ...

    Selengkapnya