Product IT Software & Hardware
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Bagaimana cara melayani delivery order secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang?
Membuka layanan dine in di tengah wabah corona seperti ini sudah tidak bisa diharapkan lagi. Tentu saja karena adanya himbauan bagi seluruh warga Indonesia agar berdiam diri di rumah masing-masing. Sehingga, mereka pun tidak akan memikirkan keluar rumah untuk sekadar makan makanan di restoran.
Maka, satu-satunya solusi adalah tetap menjalankan bisnis restoran seperti biasa. Hanya saja, caranya yang berbeda. Jika biasanya Anda hanya mengandalkan pemesanan makanan melalui dine in, maka sekarang Anda perlu memaksimalkan layanan delivery order. Pelanggan cukup memesan secara online, menunggu pesanan diantar ke rumahnya, dan tidak perlu keluar rumah.
Mungkin, sebagian besar dari Anda sudah melakukannya dengan bermitra melalui aplikasi pemesanan makanan secara online seperti Go Food dan Grab Food.
Baca Juga: 5 Cara Strategis Agar Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
Tapi, apakah bermitra dengan 2 aplikasi tersebut sudah cukup? TIDAK. Kenyataannya, ada beberapa driver ojek online yang malah diusir oleh petugas keamanan saat mengantri memesan makanan di sebuah restoran. Tentu ini bukan kabar baik. Karena di tengah krisis seperti ini, Anda paling mengandalkan orderan dari mereka.
Layani Delivery Order Secara Mandiri
Sebagai alternatif solusi, sebaiknya Anda membuka layanan delivery order secara mandiri. Artinya, Anda membuka open order secara mandiri kepada pelanggan, lalu mengantarnya secara mandiri pula (tanpa perlu bermitra dengan pihak ketiga). Di sini, Anda bisa mempekerjakan karyawan yang biasanya berperan sebagai waiter/ kasir menjadi kurir yang mengantar makanan ke pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak sampai merumahkan karyawan hingga membuat mereka kahilangan pekerjaan.
Kelebihan melayani delivery order secara mandiri bukan hanya itu saja lho! Dengan memanfaatkan karyawan yang ada sebagai kurir, Anda bisa memastikan makanan Anda lebih higinis dan steril. Sebab, Anda memiliki kewenangan menghimbau kurir yang Anda kirim untuk menjaga dirinya lebih steril secara maksimal. Misalnya, Anda melengkapi kurir dengan masker, handsanitizer, hingga menyemprotkan desinfektan sebelum mengantar makanan kepada pelanggan.
Dengan meningkatkan kebersihan makanan beserta kurir yang mengantarnya, tentu pelanggan akan lebih percaya terhadap restoran Anda. Mereka tidak akan ragu lagi melakukan repeat order ke restoran Anda.
Nah, pertanyaannya sekarang adalah, apa saja yang perlu Anda siapkan untuk melayani delivery order secara mandiri? Sekarang tidak perlu bingung lagi. Berikut 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka delivery order secara mandiri.
1. SOP Pemesanan dan Pengiriman
Cara melayani delivery order yang pertama adalah, siapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) berkaitan dengan layanan delivery order yang akan Anda buka. Anda bebas menentukan aturan apa saja yang perlu Anda berlakukan.
Yang pasti, salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah, tentukan bagaimana alur pemesanan yang Anda inginkan. Selain itu, tentukan pula bagaimana Anda mengirim makanan tersebut.
Misalnya, untuk pemesanannya Anda menyebarkan informasi open order ke semua pelanggan dan segera memprosesnya kalau pelanggan sudah membayar. Lalu, untuk pengirimannya sendiri Anda menunjuk beberapa waiter menjadir kurir.
2. Kurir yang Bertugas
Hal kedua yang perlu Anda perhatikan sebelum melayani delivery order mandiri adalah menentukan siapa kurir yang ditugaskan untuk mengantar makanan.
Sebenarnya, Anda tidak perlu bingung menentukan siapa kurir yang bisa Anda tugaskan. Anda bisa mempekerjakan pelayan/ kasir yang saat ini tidak mempunyai pekerjaan akibat restoran sepi pengunjung. Ini menjadi keuntungan, karena Anda tidak perlu sampai melakukan PHK terhadap karyawan Anda. Lagi pula, tentu mereka bisa lebih diandalkan, karena Anda sudah lama mengenal dan mempekerjakan mereka.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Restoran yang Terbukti Meningkatkan Penjualan
3. Daftar Kontak Pelanggan/ Prospek
Poin ketiga yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah, menyiapkan database kontak pelanggan/ prospek yang Anda miliki. Anda penting memilikinya, karena nantinya Anda perlu menyebar informasi open order kepada mereka.
Jika Anda belum memiliki daftar kontak pelanggan, Anda bisa mencari dan mengumpulkannya mulai sekarang juga. Coba aktifkan media sosial restoran Anda, bangun interaksi secara aktif, dan jaringlah daftar pelanggan/ prospek dari sana.
4. Materi Promosi Kepada Pelanggan
Setelah mengumpulkan daftar kontak, maka sekarang waktunya membuat materi promosi yang perlu disebar ke pelanggan. Buatlah gambar/ desain promo beserta WA broadcast yang menginformasikan bahwa restoran Anda melayani delivery order.
Buatlah materi promosi semenarik mungkin, agar banyak orang tertarik order ke restoran Anda. Setelah semua materi promosi dirasa sudah cukup dan menarik, maka langsung kirimkan ke seluruh kontak pelanggan/ prospek yang Anda miliki.
Baca Juga: Trik Optimasi Instagram Restoran di Tengah Wabah Corona
5. Sistem Pemesanan
Daripada membiarkan pelanggan memesan makanan secara manual melalui SMS, Telepon, atau WhatsApp, akan lebih baik jika Anda menyediakan sistem pemesanan tersendiri. Sistem pemesanan ini bisa berupa website yang memungkinkan pelanggan mengakses daftar menu dan langsung memesannya secara online. Sehingga, pelanggan bisa memesan makanan secara lebih praktis.
Bingung bagaimana membuat sistem pemesanan yang tepat untuk melayani delivery order? Gunakan InterActive MyOrder Link. Anda bisa mendapatkan link khusus dimana pelanggan Anda bisa mengakses daftar menu dan langsung memesannya secara online. Bahkan, pelanggan Anda bisa langsung membayarnya dengan beragam pembayaran non-tunai.
InterActive MyOrder Link juga terintegrasi dengan kitchen print-out. Sehingga, ketika ada pelanggan yang memesan, Anda bisa langsung mendapat notifikasinya secara otomatis dan tercetak di printer dapur. Dengan begitu, Anda bisa langsung menyiapkan pesanan dan segera mengirimkannya ke pelanggan.
Demikian 5 halyang perlu Anda siapkan sebelum melayani delivery order secara mandiri di tengah wabah corona. Sekali lagi, kami sarankan Anda melayani delivery order secara mandiri di samping bermitra dengan aplikasi ojek online. Anda bisa gunakan InterActive MyOrder Link sebagai sistem pemesanan online yang lebih praktis dan memudahkan. Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.interactive.co.id/myorderlink.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.