Product IT Software & Hardware

    Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    By InterActive crew - 28 April 2020
    InterActive Blog
    Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    Bagaimana cara melayani delivery order secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang?

    Membuka layanan dine in di tengah wabah corona seperti ini sudah tidak bisa diharapkan lagi. Tentu saja karena adanya himbauan bagi seluruh warga Indonesia agar berdiam diri di rumah masing-masing. Sehingga, mereka pun tidak akan memikirkan keluar rumah untuk sekadar makan makanan di restoran.

    Maka, satu-satunya solusi adalah tetap menjalankan bisnis restoran seperti biasa. Hanya saja, caranya yang berbeda. Jika biasanya Anda hanya mengandalkan pemesanan makanan melalui dine in, maka sekarang Anda perlu memaksimalkan layanan delivery order. Pelanggan cukup memesan secara online, menunggu pesanan diantar ke rumahnya, dan tidak perlu keluar rumah.

    Mungkin, sebagian besar dari Anda sudah melakukannya dengan bermitra melalui aplikasi pemesanan makanan secara online seperti Go Food dan Grab Food.

    Baca Juga: 5 Cara Strategis Agar Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    Tapi, apakah bermitra dengan 2 aplikasi tersebut sudah cukup? TIDAK. Kenyataannya, ada beberapa driver ojek online yang malah diusir oleh petugas keamanan saat mengantri memesan makanan di sebuah restoran. Tentu ini bukan kabar baik. Karena di tengah krisis seperti ini, Anda paling mengandalkan orderan dari mereka.

     

    Layani Delivery Order Secara Mandiri

    Sebagai alternatif solusi, sebaiknya Anda membuka layanan delivery order secara mandiri. Artinya, Anda membuka open order secara mandiri kepada pelanggan, lalu mengantarnya secara mandiri pula (tanpa perlu bermitra dengan pihak ketiga). Di sini, Anda bisa mempekerjakan karyawan yang biasanya berperan sebagai waiter/ kasir menjadi kurir yang mengantar makanan ke pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak sampai merumahkan karyawan hingga membuat mereka kahilangan pekerjaan.

    Kelebihan melayani delivery order secara mandiri bukan hanya itu saja lho! Dengan memanfaatkan karyawan yang ada sebagai kurir, Anda bisa memastikan makanan Anda lebih higinis dan steril. Sebab, Anda memiliki kewenangan menghimbau kurir yang Anda kirim untuk menjaga dirinya lebih steril secara maksimal. Misalnya, Anda melengkapi kurir dengan masker, handsanitizer, hingga menyemprotkan desinfektan sebelum mengantar makanan kepada pelanggan.

    Dengan meningkatkan kebersihan makanan beserta kurir yang mengantarnya, tentu pelanggan akan lebih percaya terhadap restoran Anda. Mereka tidak akan ragu lagi melakukan repeat order ke restoran Anda.

    Nah, pertanyaannya sekarang adalah, apa saja yang perlu Anda siapkan untuk melayani delivery order secara mandiri? Sekarang tidak perlu bingung lagi. Berikut 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka delivery order secara mandiri.

     

    1. SOP Pemesanan dan Pengiriman

    Cara melayani delivery order yang pertama adalah, siapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) berkaitan dengan layanan delivery order yang akan Anda buka. Anda bebas menentukan aturan apa saja yang perlu Anda berlakukan.

    Yang pasti, salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah, tentukan bagaimana alur pemesanan yang Anda inginkan. Selain itu, tentukan pula bagaimana Anda mengirim makanan tersebut.

    Misalnya, untuk pemesanannya Anda menyebarkan informasi open order ke semua pelanggan dan segera memprosesnya kalau pelanggan sudah membayar. Lalu, untuk pengirimannya sendiri Anda menunjuk beberapa waiter menjadir kurir.

     

    2. Kurir yang Bertugas

    Hal kedua yang perlu Anda perhatikan sebelum melayani delivery order mandiri adalah menentukan siapa kurir yang ditugaskan untuk mengantar makanan.

    Sebenarnya, Anda tidak perlu bingung menentukan siapa kurir yang bisa Anda tugaskan. Anda bisa mempekerjakan pelayan/ kasir yang saat ini tidak mempunyai pekerjaan akibat restoran sepi pengunjung. Ini menjadi keuntungan, karena Anda tidak perlu sampai melakukan PHK terhadap karyawan Anda. Lagi pula, tentu mereka bisa lebih diandalkan, karena Anda sudah lama mengenal dan mempekerjakan mereka.

    Baca Juga: Strategi Pemasaran Restoran yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

     

    3. Daftar Kontak Pelanggan/ Prospek

    Poin ketiga yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah, menyiapkan database kontak pelanggan/ prospek yang Anda miliki. Anda penting memilikinya, karena nantinya Anda perlu menyebar informasi open order kepada mereka.

    Jika Anda belum memiliki daftar kontak pelanggan, Anda bisa mencari dan mengumpulkannya mulai sekarang juga. Coba aktifkan media sosial restoran Anda, bangun interaksi secara aktif, dan jaringlah daftar pelanggan/ prospek dari sana.

     

    4. Materi Promosi Kepada Pelanggan

    Setelah mengumpulkan daftar kontak, maka sekarang waktunya membuat materi promosi yang perlu disebar ke pelanggan. Buatlah gambar/ desain promo beserta WA broadcast yang menginformasikan bahwa restoran Anda melayani delivery order.

    Buatlah materi promosi semenarik mungkin, agar banyak orang tertarik order ke restoran Anda. Setelah semua materi promosi dirasa sudah cukup dan menarik, maka langsung kirimkan ke seluruh kontak pelanggan/ prospek yang Anda miliki.

    Baca Juga: Trik Optimasi Instagram Restoran di Tengah Wabah Corona

     

    5. Sistem Pemesanan

    Daripada membiarkan pelanggan memesan makanan secara manual melalui SMS, Telepon, atau WhatsApp, akan lebih baik jika Anda menyediakan sistem pemesanan tersendiri. Sistem pemesanan ini bisa berupa website yang memungkinkan pelanggan mengakses daftar menu dan langsung memesannya secara online. Sehingga, pelanggan bisa memesan makanan secara lebih praktis.

    Bingung bagaimana membuat sistem pemesanan yang tepat untuk melayani delivery order? Gunakan InterActive MyOrder Link. Anda bisa mendapatkan link khusus dimana pelanggan Anda bisa mengakses daftar menu dan langsung memesannya secara online. Bahkan, pelanggan Anda bisa langsung membayarnya dengan beragam pembayaran non-tunai.

    InterActive MyOrder Link juga terintegrasi dengan kitchen print-out. Sehingga, ketika ada pelanggan yang memesan, Anda bisa langsung mendapat notifikasinya secara otomatis dan tercetak di printer dapur. Dengan begitu, Anda bisa langsung menyiapkan pesanan dan segera mengirimkannya ke pelanggan.

    Demikian 5 halyang perlu Anda siapkan sebelum melayani delivery order secara mandiri di tengah wabah corona. Sekali lagi, kami sarankan Anda melayani delivery order secara mandiri di samping bermitra dengan aplikasi ojek online. Anda bisa gunakan InterActive MyOrder Link sebagai sistem pemesanan online yang lebih praktis dan memudahkan. Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.interactive.co.id/myorderlink.

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp