Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

by InterActive crew ~ 11 Maret 2020

Apa itu QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet digital, dan mobile banking.

QRIS merupakan terobosan Bank Indonesia (BI) bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang ditujukan untuk mewujudkan sistem pembayaran yang lebih mudah dan dapat diawasi regulator dari satu pintu.

Kehadiran QRIS memungkinkan berbagai Penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR dapat diakses hanya dalam 1 kode QR. Artinya, meskipun aplikasi pembayaran digital yang digunakan oleh konsumen berbeda-beda, namun pihak toko cukup menyediakan 1 kode QR saja.

Tidak dipungkiri, sekarang terdapat berbagai jenis aplikasi pembayaran yang aktif digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini terdapat 38 e-wallet yang telah mendapat lisensi resmi di IndonesiaIni menunjukkan cashless society di Indonesia semakin luas dan kebutuhan akan satu standar kode QR nasional pun semakin besar.  

Baca Juga: Dampak Cashless Society, Untung atau Rugi?

 

QRIS: Langkah BI untuk Efisiensi Sistem Pembayaran

Mulai 1 Januari 2020, BI mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai menggunakan sistem QRIS. Tujuannya agar transaksi pembayaran bisa lebih murah dan efisien, inklusi keuangan berjalan lebih cepat, UMKM lebih maju, dan pada akhirnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara lebih maksimal.

BI sendiri mengusung tema semangat “UNGGUL” dari adanya QRIS, yaitu:  

  • UNiversal, yakni QRIS bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik maupun luar negeri.
  • GampanG, yakni masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.
  • Untung, yakni transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual, karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.
  • Langsung, artinya transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan terjadi seketika, sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Baca Juga: Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran

 

Beragam Manfaat QRIS Bagi Pebisnis

Kehadiran QRIS membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi para pebisnis. Dengan mendaftar QRIS, Anda bisa dapatkan banyak kemudahan yang bisa menunjang bisnis Anda menjadi lebih maju dan berkembang pesat. Berikut 6 manfaat QRIS bagi pebisnis yang bisa Anda dapatkan.

1. Mempermudah Proses Transaksi

Dengan QRIS, seluruh transaksi non-tunai di toko Anda akan berjalan lebih cepat dan mudah. Karena Anda cukup menyediakan 1 QR Code untuk menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran berbeda.

2. Menyediakan Lebih Banyak Alternatif Pembayaran

Dengan QRIS, Anda bisa melayani pembayaran digital dari berbagai bank dan e-wallet, seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay.

3. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Dengan menggunakan QRIS, Anda turut menumbuhkan cashless society dan meminimalisir resiko peredaran uang palsu yang dapat merugikan.

4. Meja Kasir Lebih Rapi, Modern, dan Kekinian

Karena cukup menampilkan 1 QR Code untuk menerima berbagai aplikasi pembayaran, meja kasir di toko/ usaha Anda pun bisa tampak lebih rapi dan sedap dipandang mata. Dengan melayani berbagai pembayaran digital, toko/ usaha Anda juga akan terkesan lebih modern dan kekinian.

4. Mempermudah Pendaftaran Merchant

Anda tidak perlu susah payah mendaftar merchant satu per satu lagi. Karena Anda cukup mendaftar QRIS 1x dan Anda pun bisa menerima pembayaran digital dari berbagai bank dan e-wallet.

5. Mempermudah Pemantauan dan Analisis Keuangan Bisnis

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa mengecek riwayat transaksi di toko/ usaha Anda secara real-time. Anda pun tidak perlu mencatat setiap transaksi secara manual, karena semua data transaksi terekam otomatis.Sehingga memudahkan Anda dalam memantau hasil penjualan yang terjadi di toko Anda.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS

 

Daftar QRIS Sekarang Juga!

Sekarang, Anda sudah tau apa itu QRIS dan manfaatnya untuk pebisnis. Tentu Anda tidak ingin melewatkan beberapa manfaat di atas kan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar QRIS sekarang juga dan dapatkan banyak manfaatnya. Daftar QRIS secara online dan gratis bersama InterActive. Cukup mengisi informasi data diri dan toko/ usaha Anda di website InterActive QRIS atau klik di sini. Semoga sukses!

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya
  • 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini. Merebaknya virus corona di I ...

    Selengkapnya