10 Ide Bisnis UKM Paling Menjanjikan di Tahun Baru (Part 1)

by InterActive crew ~ 02 Januari 2020

Bingung ingin membuka bisnis apa di tahun baru ini? Bingung memulai dari mana karena baru pertama kali memulai bisnis?

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Mulai bisnis pertama Anda dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ternyata, bisnis UMKM di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat lho.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, peranan UMKM di perekonomian nasional terhitung cukup besar, mencapai 99,9%. Bahkan, bisnis UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 97% dan menyumbang PDB hingga 60,34%.

Nah, Anda mulai tertarik membuka bisnis berskala UMKM? Berikut adalah 10 ide bisnis UKM paling menjanjikan yang bisa Anda coba peruntungannya di tahun baru 2020 ini.

 

1. Bisnis Kuliner Kekinian

Ide bisnis UKM pertama yang bisa Anda coba adalah bisnis kuliner kekinian. Mengapa harus kuliner? Tidak dipungkiri, data menunjukkan bahwa usaha kuliner berkembang sangat pesat di Indonesia.

Menurut data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), usaha kuliner di Indonesia mencapai 5.576.000 atau 68% dari total 8,2 juta usaha ekonomi kreatif Indonesia. Tentu jenis usaha ini membawa peluang yang bagus bagi Anda.

Nah, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal di tahun ini, coba membuka usaha kuliner kekinian yang diprediksi semakin ngetren di tahun ini. Anda pasti sudah tidak asing dengan berbagai jenis usaha kuliner kekinian kan?

Selain menonjolkan tampilan/ penyajian makanan yang unik dan instagrammable, kuliner kekinian cenderung menggunakan bahan-bahan makanan alternatif yang sedang ngetren. Misalnya: penggunaan boba, pemanis alternatif, meat-plant, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Kekinian Paling Menjanjikan

 

2. Bisnis Kafe Instagrammable

Ide bisnis UKM paling menjanjikan yang kedua adalah membuka kafe yang instagrammableArtinya, Anda disarankan untuk tidak sekadar membuka kafe biasa yang menyajikan makanan dan minuman. Namun, Anda juga perlu mendesain interior kafe Anda dengan desain yang unik dan instagrammable. Sehingga, pelanggan betah berlama-lama di kafe Anda dan dengan senang hati membagikan foto-foto di kafe Anda secara sukarela.

Untuk menciptakan kafe yang instagrammable, Anda perlu mengusung satu tema khusus untuk kafe Anda. Lalu, coba lengkapi kafe Anda dengan perkakas dan pernak-pernik unik yang bisa mendukung tampilannya menjadi lebih menarik. Pastikan juga ada nilai plus yang membedakan kafe Anda dengan kafe pada umumnya. Sehingga, kafe Anda bisa lebih diingat oleh pelanggan.

 

3. Bisnis Katering Sehat/ Menu Diet

Saat ini kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan semakin bertumbuh pesat. Hal ini menciptakan peluang  bisnis yang bagus untuk mendirikan bisnis katering sehat/ menu diet. Sebab, kebanyakan orang masih belum mampu menyiapkan menu sehatnya sendiri, terutama karena banyaknya kesibukan di luar rumah.

Nah, untuk mengawali bisnis ini, Anda bisa tawarkan katering menu sehat/ diet Anda melalui layanan pesan antar online. Sehingga Anda berpeluang mendapatkan pelanggan baru secara lebih mudah. Jangan lupa untuk gencar melakukan promosi, baik secara offline maupun online. Sebab, kebanyakan orang awam masih belum terlalu aware dengan hadirnya jasa katering yang khusus menyediakan makanan sehat/ menu diet.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 5P untuk Meningkatkan Penjualan UKM Anda

 

4. Bisnis Kado Handmade

Ide bisnis UKM paling menjanjikan yang keempat adalah bisnis kado handmade atau customize sesuai keinginan pelanggan. Tidak dipungkiri, pelanggan lebih tertarik membeli kado custom, karena sifatnya yang lebih terasa eksklusif. Misalnya: menawarkan custom dress, custom ilustration, hingga bahkan furnitur custom.

Anda bisa mencari ide bisnis sesuai keahlian yang Anda miliki. Misalnya, Anda ahli dalam membuat gambar ilustrasi, maka Anda bisa menawarkan jasa ilutrasi custom. Yang pasti, untuk menjajal jenis bisnis ini, Anda dituntut memiliki kreatifitas tinggi dalam menyajikan produk yang berbeda-beda bagi setiap pelanggan.

 

5. Bisnis Peralatan Zero Waste

Ide bisnis UKM kelima yang bisa Anda coba adalah dengan menjual peralatan untuk mendukung gaya hidup zero wasteTidak dipungkiri, saat ini mulai banyak orang yang semakin sadar untuk mengurangi sampah dan mencegah barang-barang sekali pakai. Sehingga, kebutuhan akan peralatan zero waste pun semakin besar dan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjual peralatan zero waste, seperti tumbler, kotak makan, totebag, stainless straw, dan masih banyak lagi. Untuk memikat pelanggan, Anda perlu aktif melakukan edukasi tentang pentingnya memulai gaya hidup zero waste. Salah satu caranya dengan membuat postingan-postingan di media sosial dan mengajak follower berdiskusi tentang isu-isu yang berkaitan dengan permasalahan sampah dan lingkungan hidup.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis UKM Paling Menjanjikan (Part 2)

 

Nah, bagaimana? Tertarik memulai bisnis UKM yang mana? Yang pasti, apapun bisnis UKM yang akan Anda geluti, pastikan Anda aktif melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Gunakan aplikasi kasir InterActive MyProfit untuk mengelola penjualan usaha Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan pencatatan transaksi secara otomatis, mendapatkan laporan penjualan otomatis, dan bahkan memantau stok dan hasil penjualan Anda kapan pun dan dimana pun. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyProfit.

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • 5 Manfaat UTAMA Resto Anda menggunakan E Menu

    02 September 2020

    Tidak di pungkiri bahwa dengan kondisi yang terjadi seperti saat ini telah merubah banyak hal dalam kehidupan kita. Banyak kebiasa ...

    Selengkapnya
  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya