Product IT Software & Hardware
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Kemarin, Intermezzo telah memposting artikel Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1). Kali ini, Intermezzo akan melanjutkan artikel tersebut, dengan menunjukkan strategi jitu 4-6.
Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya, Anda bisa membacanya terlebih dahulu di link berikut ini:
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa pelayanan yang baik merupakan kunci utama kesuksesan restoran Anda. Karena itu, penting bagi pemilik restoran untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan yang baik dan disukai pelanggan.
Ingat studi konsumen yang dilakukan McKinsey Group kemarin? Studi tersebut menemukan, 1 pelanggan yang bahagia akan memberi tahu 1-3 orang mengenai pengalaman positifnya di sebuah restoran.
Sebaliknya, 1 pelanggan yang tidak bahagia akan memberi tahu sekitar 9-15 orang tentang pengalaman negatif yang mereka dapatkan di sebuah restoran.
Jangan sampai restoran Anda dinilai buruk oleh seorang pelanggan, dan dia menyebarkan panilaiannya tersebut kepada 9-15 orang temannya.
Untuk mengantisipasi hal itu, saatnya Anda pelajari Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (part 2) berikut ini:
4. Strategi Penjualan yang Disarankan
Strategi pelayanan restoran yang baik, salah satunya ditentukan oleh teknik penjualan yang baik. Dalam bisnis restoran sendiri, teknik penjualan yang paling umum dilakukan yaitu suggestive selling oleh kasir.
Suggestive Selling adalah sebuah teknik penjualan yang dilakukan oleh bagian kasir untuk menambahkan beberapa penjualan item dengan penjualan yang telah terjadi. Dalam hal ini, kasir menyarankan beberapa produk yang lebih baik dan berguna bagi pelanggan ke dalam pesananya.
Untuk melakukan suggestive selling yang baik, Anda bisa meminta kasir Anda untuk memberikan pelayanan yang baik seperti berikut ini:
Selain beberapa langkah di atas, pastikan Anda menetapkan target tertentu dalam menerapkan suggestive selling di restoran/ kafe Anda. Misalnya, Anda menargetkan untuk memberikan suggestive selling kepada 6 pelanggan dari setiap 12 pelanggan yang sedang dilayani.
Ingat: suggestive selling lebih merupakan “seni” daripada “sains”. Sehingga, lakukan dengan soft selling. Jangan terlalu agresif seperti saat melakuakn promosi penjualan secara langsung/ hard sell.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Restoran Terkini yang Terbukti Meningkatkan Penjualan
5. Strategi Melayani Pesanan Pelanggan Reguler dan Drive Through
Strategi pelayanan restoran yang baik selanjutnya berkaitan dengan bagaimana cara melayani pesanan pelanggan. Baik itu pesanan reguler (dine in) atau pesanan drive through (jika ada).
Pesanan Reguler
Untuk melayani pesanan pelanggan reguler (dine in), hal utama yang perlu Anda perhatikan yaitu: layani pelanggan dengan ramah, cepat, dan jelas. Kami merekomendasikan beberapa hal berikut untuk menyelesaikan pesanan pelanggan reguler:
Layanan Drive Through
Jika restoran Anda melayani pesanan Drive Through, maka karyawan yang bertugas di Food Pick Up Window perlu memperhatikan hal berikut agar dapat memberi pelayanan yang baik untuk pelanggan:
6. Layanan Area Dapur
Strategi pelayanan restoran yang baik berikutnya lebih dikhususkan untuk layanan di area dapur. Disini, ada beberapa prosedur layanan yang dapat Anda terapkan agar dapat memberikan pelayanan yang baik untuk semua pelanggan. Berikut adalah beberapa diantaranya:
Baca Juga: 7 Penyebab Binis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Demikian pembahasan lengkap tentang Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2). Coba praktekkan berbagai strategi yang telah kami paparkan, mulai dari part 1 hingga part 2, agar Anda bisa meningkatkan nilai kepuasan pelanggan di restoran/ kafe Anda.
Gunakan Software InterActive MyResto untuk membantu Anda manajemen bisnis restoran secara LEBIH MUDAH dan PRAKTIS. Dengan software ini, Anda bisa mencatat pesanan pelanggan lebih cepat dan akurat, sehingga dipastikan pelanggan akan lebih terkesan dengan layanan di restoran Anda.
InterActive MyResto juga dilengkapi fitur kitchen print-out, sehingga bagian dapur bisa lebih mudah saat menerima daftar pesanan pelanggan dari kasir. Tidak perlu wira-wiri dari kasir ke dapur, karena daftar pesanan pelanggan bisa langsung tercetak otomatis melalui printer yang diletakkan di dapur.
Selain itu, InterActive MyResto juga bisa memudahkan Anda dalam menganalisa hasil penjualan restoran Anda setiap hari. Anda bisa mendapat laporan penjualan secara otomatis, serta memantau stok bahan secara real time kapan pun dan dimana pun. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang InterActive MyResto.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.