Product IT Software & Hardware
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Menurut Anda, seberapa penting menyediakan beragam metode pembayaran bagi pelanggan? Apakah Anda termasuk pemilik toko yang telah menyediakan beragam metode pembayaran? Atau justru sebaliknya, Anda hanya menerima 1-2 metode pembayaran?
Tidak dipungkiri, kemajuan teknologi berdampak pada kemunculan berbagai metode pembayaran baru yang lebih efektif. Jika dulu kita hanya mengenal pembayaran secara tunai, lalu disusul dengan pembayaran non-tunai berupa kartu debit dan kredit, sekarang kita mulai mengenal pembayaran melalui dompet digital (e-wallet). Meski tergolong baru, kehadiran e-wallet telah menjadi pilihan pembayaran paling diminati saat ini, terutama oleh generasi milenial.
Hal ini tidak mengherankan, karena beragam merk e-wallet berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik bagi para pelanggannya. Sehingga penggunaan e-wallet pun semakin meluas. Bahkan, jumlah transaksi melalui e-wallet di tahun 2018 mencapai 21,57 triliun.
Baca Juga: 5 Keuntungan Mendaftar Merchant E-Wallet
Nah, kembali pada pertanyaan di atas. Sebenarnya, seberapa penting menyediakan beragam metode pembayaran bagi pelanggan?
Idealnya, sangat penting. Dalam bisnis online, pelanggan akan lebih tertarik berbelanja di online shop yang melayani beragam metode pembayaran. Bahkan, seseorang tak jarang membatalkan pesanannya hanya karena toko online tersebut tidak menyediakan metode pembayaran yang diinginkan pelanggan.
Tentu kasus tersebut juga bisa berlaku dalam penjualan offline. Pelanggan bisa sesuka hati beralih ke toko sebelah jika toko Anda tidak melayani metode pembayaran yang mereka inginkan.
Jadi, bagaimana? Siapkah Anda melayani berbagai metode pembayaran terkini supaya pelanggan tidak pindah ke toko lain?
Inilah 3 alasan penting mengapa toko/ usaha Anda perlu melayani beragam metode pembayaran bagi pelanggan.
1. Mempercepat Proses Transaksi
Bayangkan jika toko/ usaha Anda hanya melayani pembayaran secara tunai, lalu beberapa pelanggan Anda ingin membayar menggunakan kartu debit/ dompet digital. Tentu pelanggan Anda akan merasa kecewa. Mereka terpaksa membayar dengan metode yang disediakan oleh toko Anda atau justru memilih untuk membatalkan transaksi.
Nah, dengan menyediakan beragam metode pembayaran yang ada, Anda tidak perlu mengalami masalah di atas. Apapun metode pembayaran yang digunakan pelanggan, Anda siap melayaninya. Sehingga proses transaksi pun berjalan lebih cepat dan nyaman. Pelanggan senang dan Anda pun ikut senang.
2. Mengikuti Perkembangan Zaman
Seperti disebutkan di awal, kemajuan teknologi telah menghadirkan berbagai metode pembayaran baru yang lebih efisien. Bahkan, menurut data Bank Indonesia, saat ini ada 38 e-wallet yang telah mendapatkan lisensi resmi. Karena itulah, dengan menyediakan beragam metode pembayaran terbaru, maka secara tidak langsung toko Anda telah mengikuti perkembangan zaman. Saat ini banyak pelanggan beralih ke pembayaran digital, dan toko Anda melayani berbagai pembayaran digital, berarti toko Anda telah selangkah lebih maju dari sebelumnya.
Baca Juga: Dampak Cashless Society, Untung atau Rugi?
3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Dengan menyediakan beragam metode pembayaran, sudah pasti Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang ke toko/ usaha Anda. Bayangkan jika toko Anda tidak melayani metode pembayaran yang diinginkan pelanggan. Maka, pelanggan Anda pun akan merasa kecewa karenanya. Karena itulah, sebelum pelanggan pindah ke toko sebelah, sebaiknya Anda layani mereka dengan menyiapkan berbagai metode pembayaran populer saat ini.
Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan, Anda pun juga bisa berpeluang meningkatkan penjualan di toko/ usaha Anda. Jadi, pasti menguntungkan jika Anda melayani berbagai metode pembayaran di toko Anda.
Baca Juga: Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja
Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melayani beragam metode pembayaran di toko/ usaha Anda? Saat ini Anda tidak perlu bingung bagaimana cara melayani berbagai metode pembayaran yang berbeda-beda. Apalagi saat ini semakin banyak jenis e-wallet yang beredar. Tentu Anda kesulitan jika harus mendaftar merchant e-wallet satu per satu.
Untungnya, sekarang Bank Indonesia telah menerapkan sistem QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Dengan QRIS, Anda cukup mendaftar 1x dan bisa langsung melayani pembayaran digital dari berbagai bank dan aplikasi pembayaran. Bahkan, Anda pun cukup menyediakan 1 QR Code untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi tersebut. Lebih praktis kan? Makanya, klik di sini untuk mendaftar QRIS sekarang juga!
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.