Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan

by InterActive crew ~ 10 Maret 2020

Menurut Anda, seberapa penting menyediakan beragam metode pembayaran bagi pelanggan? Apakah Anda termasuk pemilik toko yang telah menyediakan beragam metode pembayaran? Atau justru sebaliknya, Anda hanya menerima 1-2 metode pembayaran?

Tidak dipungkiri, kemajuan teknologi berdampak pada kemunculan berbagai metode pembayaran baru yang lebih efektif. Jika dulu kita hanya mengenal pembayaran secara tunai, lalu disusul dengan pembayaran non-tunai berupa kartu debit dan kredit, sekarang kita mulai mengenal pembayaran melalui dompet digital (e-wallet). Meski tergolong baru, kehadiran e-wallet telah menjadi pilihan pembayaran paling diminati saat ini, terutama oleh generasi milenial.

Hal ini tidak mengherankan, karena beragam merk e-wallet berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik bagi para pelanggannya. Sehingga penggunaan e-wallet pun semakin meluas. Bahkan, jumlah transaksi melalui e-wallet di tahun 2018 mencapai 21,57 triliun.

Baca Juga: 5 Keuntungan Mendaftar Merchant E-Wallet

Nah, kembali pada pertanyaan di atas. Sebenarnya, seberapa penting menyediakan beragam metode pembayaran bagi pelanggan?

Idealnya, sangat penting. Dalam bisnis online, pelanggan akan lebih tertarik berbelanja di online shop yang melayani beragam metode pembayaran. Bahkan, seseorang tak jarang membatalkan pesanannya hanya karena toko online tersebut tidak menyediakan metode pembayaran yang diinginkan pelanggan.

Tentu kasus tersebut juga bisa berlaku dalam penjualan offline. Pelanggan bisa sesuka hati beralih ke toko sebelah jika toko Anda tidak melayani metode pembayaran yang mereka inginkan.

Jadi, bagaimana? Siapkah Anda melayani berbagai metode pembayaran terkini supaya pelanggan tidak pindah ke toko lain?

Inilah 3 alasan penting mengapa toko/ usaha Anda perlu melayani beragam metode pembayaran bagi pelanggan.

 

1. Mempercepat Proses Transaksi

Bayangkan jika toko/ usaha Anda hanya melayani pembayaran secara tunai, lalu beberapa pelanggan Anda ingin membayar menggunakan kartu debit/ dompet digital. Tentu pelanggan Anda akan merasa kecewa. Mereka terpaksa membayar dengan metode yang disediakan oleh toko Anda atau justru memilih untuk membatalkan transaksi.

Nah, dengan menyediakan beragam metode pembayaran yang ada, Anda tidak perlu mengalami masalah di atas. Apapun metode pembayaran yang digunakan pelanggan, Anda siap melayaninya. Sehingga proses transaksi pun berjalan lebih cepat dan nyaman. Pelanggan senang dan Anda pun ikut senang.

 

2. Mengikuti Perkembangan Zaman

Seperti disebutkan di awal, kemajuan teknologi telah menghadirkan berbagai metode pembayaran baru yang lebih efisien. Bahkan, menurut data Bank Indonesia, saat ini ada 38 e-wallet yang telah mendapatkan lisensi resmi. Karena itulah, dengan menyediakan beragam metode pembayaran terbaru, maka secara tidak langsung toko Anda telah mengikuti perkembangan zaman. Saat ini banyak pelanggan beralih ke pembayaran digital, dan toko Anda melayani berbagai pembayaran digital, berarti toko Anda telah selangkah lebih maju dari sebelumnya.

Baca Juga: Dampak Cashless Society, Untung atau Rugi?

 

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan menyediakan beragam metode pembayaran, sudah pasti Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang ke toko/ usaha Anda. Bayangkan jika toko Anda tidak melayani metode pembayaran yang diinginkan pelanggan. Maka, pelanggan Anda pun akan merasa kecewa karenanya. Karena itulah, sebelum pelanggan pindah ke toko sebelah, sebaiknya Anda layani mereka dengan menyiapkan berbagai metode pembayaran populer saat ini.

Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan, Anda pun juga bisa berpeluang meningkatkan penjualan di toko/ usaha Anda. Jadi, pasti menguntungkan jika Anda melayani berbagai metode pembayaran di toko Anda.

Baca Juga: Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melayani beragam metode pembayaran di toko/ usaha Anda? Saat ini Anda tidak perlu bingung bagaimana cara melayani berbagai metode pembayaran yang berbeda-beda. Apalagi saat ini semakin banyak jenis e-wallet yang beredar. Tentu Anda kesulitan jika harus mendaftar merchant e-wallet satu per satu.

Untungnya, sekarang Bank Indonesia telah menerapkan sistem QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Dengan QRIS, Anda cukup mendaftar 1x dan bisa langsung melayani pembayaran digital dari berbagai bank dan aplikasi pembayaran. Bahkan, Anda pun cukup menyediakan 1 QR Code untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi tersebut. Lebih praktis kan? Makanya, klik di sini untuk mendaftar QRIS sekarang juga!

 

Sumber: Intermezzo

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • 5 Manfaat UTAMA Resto Anda menggunakan E Menu

    02 September 2020

    Tidak di pungkiri bahwa dengan kondisi yang terjadi seperti saat ini telah merubah banyak hal dalam kehidupan kita. Banyak kebiasa ...

    Selengkapnya
  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya