Product IT Software & Hardware

    10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

    By InterActive crew - 20 Juni 2019
    InterActive Blog
    10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

    Kali ini Intermezzo akan berbagi 10 ide promo diskon yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Mengapa harus memberi diskon? Apa pengaruhnay diskon terhadap penjualan? Nah, Intermezzo juga akan membahasnya dalam artikel berikut.

    Menurut data Voucher Cloud, sekitar 57% konsumen lebih termotivasi melakukan pembelian saat mendapat diskon. Semakin banyak dan sering dilakuakan promo diskon, maka semakin sering pula intensitas seseorang melakukan pembelian.

    Jadi, jangan anggap remeh pemberian diskon di toko Anda. Tak heran, banyak vendor yang memberikan diskon besar-besaran saat mereka baru launching produk/ jasa tertentu. Istilahnya, mereka bakar duit dulubaru nanti akan mendapat keuntungan yang lebih besar.

    Baca Juga: 5 Penyebab UKM Sulit Berkembang

    Sedikitnya, ada 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika rajin memberi diskon kepada pelanggan. Berikut 5 keuntungan tersebut.

    ide promo diskon

     

    1. Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

    Bukan hal yang aneh jika program diskon bisa meningkatakn penjualan produk/ jasa Anda secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kecenderungan konsumen untuk membeli produk-produk yang sedang turun harga. Seperti yang telah dibuktikan oleh riset Voucher Cloud di atas. Bahwa 57% konsumen lebih termotivasi melakukan pembelian saat mendapatkan diskon. Hal ini yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak vendor besar untuk memberikan program diskon secara rutin.

     

    2. Menghabiskan Stok Lama yang Belum Terjual

    Tingginya antusiasme konsumen untuk membeli produk-produk yang didiskon, sudah pasti dimanfaatkan para pengusaha untuk menjual stok produk lama. Nah, ini bisa Anda jadikan contoh. Jika di gudang Anda saat ini masih tersisa banyak stok produk lama, segera jual dengan diskon besar-besaran, supaya banyak yang membeli produk tsb.

     

    3. Membangun Reputasi/ Meningkatkan Branding

    Dengan aktif memberikan diskon, maka toko Anda akan lebih dikenal oleh pelanggan. Ini adalah salah satu langkah efektif untuk membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kualitas branding produk dan bisnis Anda lebih baik lagi. Sebab, dengan sering-sering memberikan diskon, maka toko Anda akan dinilai lebih peduli terhadap pelanggan. Sebaliknya, jika Anda tidak pernah mengadakan program promosi, maka pelanggan Anda pun tidak akan tertarik untuk berbelanja kembali ke toko Anda.  

     

    4. Mendapatkan Pelanggan Baru

    Saat mengadakan diskon besar-besaran, peluang mendapatkan pelanggan baru juga semakin besar. Sebab, seseorang cenderung menyebarkan info promo kepada teman atau orang terdekatnya. Sehingga, informasi diskon pun tersebar secara meluas. Orang yang awalnya tidak tahu produk-produk yang Anda jual pun menjadi tahu, dan berpeluang melakukan transaksi. Disinilah langkah emas untuk mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

     

    5. Mempertahankan Pelanggan Setia

    Bukan hanya pelanggan baru yang berdatangan, tapi pelanggan lama juga semakin loyal jika Anda sering-sering memberikan diskon. Mereka akan merasa lebih dihargai, dipedulikan, dan dimanjakan dengan berbagai program promosi yang Anda buat. Sehingga, mereka akan melakukan repeat order dalam jangka waktu yang lebih lama.

    Pelanggan setia merupakan aset yang berharga bagi bisnis Anda. Untuk membuat pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda, perlu dilakukan beberapa strategi jangka panjang. Anda bisa memulainya dengan mempelajari bagaimana cara mempertahankan pelanggan, kemudian mulai menerapkannya.

    Nah. Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika sering-sering memberi diskon kepada pelanggan. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara membuat promo diskon yang bisa menarik perhatian calon konsumen?

    Sebab, tak jarang pula program diskon yang kurang mendapat perhatian, karena mekanismenya yang terlalu rumit atau potongan harga yang ditawarkan terlalu kecil dan kurang menguntungkan pelanggan.

    Baca Juga:  Strategi Pemasaran yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

    Supaya program diskon yang Anda jalankan nanti tidak berbuntut pada kegagalan, Anda bisa mencoba 10 ide promo diskon yang telah terbukti meningkatkan penjualan secara signifikan berikut ini.

    ide promo diskon

     

    1. Diskon Pada Jam Tertentu

    Ide promo diskon yang pertama bisa Anda berlakukan pada jam tertentu. Misalnya, khusus pembelian di atas pukul 22.00 bisa mendapatkan diskon 30%. Atau khusus pembelian jam 5 sore bisa mendapatkan diskon 50%, dst. Hal ini akan memicu semangat seseorang untuk membeli produk yang Anda diskon. Sebab, mereka akan berfikir, harus beli sekarang juga, karena kalau jamnya lewat nanti diskonnya habis.

    Promo diskon berbatas jam ini sering dilakukan oleh department store atau outlet-outlet bakery yang ingin menghabiskan stoknya. Tapi, meskipun bidang usaha Anda bukanlah kedua jenis usaha tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis promo diskon ini.

     

    2. Diskon Awal Bulan

    Ide promo diskon yang kedua bisa Anda lakukan setiap awal bulan. Mengapa di awal bulan? Karena, mayoritas pegawai negeri dan karyawan swasta di Indonesia memperoleh gaji di awal bulan. Nah, ini waktu yang tepat untuk menarik perhatian mereka agar berbelanja di toko Anda. Bagaimana cara menarik perhatian mereka? Tentunya dengan memberikan program diskon yang menarik setiap awal bulan.

     

    3. Diskon Peringatan Hari Tertentu

    Ide promo diskon yang ketiga bisa Anda berikan setiap ada ada peringatan hari-hari besar tertentu. Khususnya, pada momen hari besar yang memiliki keterkaitan dengan usaha Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk-produk baby care, Anda bisa memberikan diskon spesial setiap hari anak atau hari ibu. Atau jika Anda menjual peralatan sekolahAnda bisa memberikan diskon khusus setiap hari pendidikan nasional atau saat menjelang pergantian semester.

    Pemberian diskon di momen-momen hari besar ini bisa lebih meningkatkan reputasi toko Anda menjadi lebih baik lho! Karena, dengan mengadakan program diskon di perayaan hari tertentu, maka otomatis toko Anda dianggap telah ikut menyemarakkan momen hari besar yang bersangkutan. Tentunya, langkah ini akan meninggalkan kesan yang baik di mata pelanggan. Jadi, coba eksplor lebih dalam momen hari besar apa saja yang bisa Anda coba untuk memberikan diskon spesial.

     

    4. Diskon Ulang Tahun

    Ide promo diskon selanjutnya bisa Anda lakukan secara personal kepada para pelanggan setia toko Anda. Yaitu, dengan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang sedang berulang tahun. Pemberian diskon ini tentu sangat spesial di mata pelanggan. Mereka merasa diistimewakan, karena momen ulang tahunnya ikut Anda rayakan melalui pemberian diskon di toko Anda.

     

    5. Diskon Sesuai Nama/ Profesi/ Pencapaian Tertentu

    Ide promo diskon yang satu ini terbilang cukup baru dan unik. Jadi, Anda memberikan diskon spesial khusus bagi pemilik nama, profesi, atau seseorang yang memiliki pencapaian tertentu. Misalnya, saat ini memasuki bulan Agustus, Anda bisa memberikan diskon bagi pelanggan yang bernama Agus. Atau misalnya saat ini tengah viral seorang polisi lucu, maka Anda bisa memberikan diskon kepada para polisi. Atau, Anda juga bisa memberikan diskon bagi seseorang yang memiliki prestasi/ pencapaian tertentu. Misalnya, karena Anda sangat terinspirasi melihat seorang anak penghafal Al-Qur’an, lalu Anda pun memberikan diskon khusus / bahkan produk gratis bagi anak penghafal Al-Qur’an.

    Baca Juga: Cara Membuat Pelanggan Bahagia

    ide promo diskon

     

    6. Diskon Beli Satu Gratis Satu

    Kalau ide promo diskon yang satu ini sudah ada sejak lama, dan masih tetap populer hingga sekarang. Selain beli 1 gratis 1, Anda juga bisa menawarkan paket produk (bundle) tertentu yang menguntungkan bagi pelanggan. Atau, menawarkan kesempatan tebus murah jika mencapai total belanja sekian rupiah, dll.

    7.Diskon Bagi Pelanggan yang Me-Repost Konten Sosmed

    Ide promo diskon yang ketujuh ini bisa disebut juga sebagai kuis media sosial atau biasanya diberikan dalam bentuk hadiah gratis/ giveaway. Jadi, bagi pelanggan Anda yang me-repost info promo ke media sosial miliknya, lalu mengajak teman-temannya untuk ikut promo tsb, maka bisa mendapatkan diskon khusus dari toko Anda. Dengan cara ini, toko Anda akan lebih populer di media sosial dan tentunya semakin dicintai para pelanggan Anda.

     

    8. Diskon Grup

    Ide promo diskon yang satu ini  dilakukan dengan memberikan diskon khusus dengan minimal pembelanjaan bersama sejumlah orang. Misalnya, diskon menu spesial dengan minimal pembelian untuk 4 orang, dll. Cara ini akan sangat efektif untuk menggaet lebih banyak pembeli, karena diskon hanya bisa ditukar jika minimum jumlah orang sesuai dengan peraturan yang ditentukan. Tapi ingat, jangan menyulitkan pelanggan dengan menerapkan minimum jumlah pembeli hingga mencapai 10 orang/ lebih. Tentu, pelanggan akan kesulitan untuk mengumpulkan orang sebanyak itu. Ujung-ujungnya, mereka mengurungkan niat untuk membeli produk diskon dari Anda.

     

    9. Diskon Member

    Kalau ide promo diskon kesembilan ini wajib Anda terapkan dalam jangka panjang. Hal ini sangat penting, agar member toko Anda merasakan banyak manfaat dengan bergabung sebagai member. Program in pula yang bisa memicu pembeli non-member untuk ikut mendaftar sebagai member. Sehingga, loyalitas mereka semakin bertambah dan peluang repeat order pun semakin besar.

     

    10. Promo Cashback

    Ide promo yang terakhir sedang booming akhir-akhir ini, terutama karena sedang menjamurnya berbagai brand e-wallet di kota-kota besar. Dibandingkan diskon yang langsung memberikan potongan harga pada saat terjadinya transaksi, cashback lebih menguntungkan Anda karena dapat memicu pembeli melakukan repeat order di kemudian hari. Sebab, dalam mekanisme cashback, jumlah potongan harga yang didapat pembeli akan disimpan melalui kartu member atau e-wallet tertentu, dan hanya bisa digunakan saat transaksi berikutnya. Dengan begitu, si penerima cashback akan membeli ke toko Anda lagi di kemudian hari.

    Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Harag Produk? Jaga Pelanggan dengan Cara Ini

     

    Demikian 10 ide promo diskon yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan di toko Anda secara signifikan. Ingat: berikan diskon yang menguntungkan pelanggan dan buat mekanisme yang tidak terlalu menyulitkan. Sehingga, program diskon yang Anda jalankan bisa menarik perhatian banyak orang.

    Selain itu, untuk menjalankan promo diskon ataupun strategi lainnya, Anda bisa menggunakan berbagai tools marketing (CRM) yang ada. Jangan lupa untuk lakukan secara konsisten dan ukur hasilnya.

    ide promo diskon

    Untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfittelah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru. Download/ Update aplikasi InterActive MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp