5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut

by InterActive crew ~ 28 Februari 2019

Kata 'Bangkrut' adalah momok bagi semua pebisnis, baik itu pebisnis kecil, menengah, bahkan pebisnis yang telah berjalan puluhan tahun. Sehingga berbagai upaya dilakukan agar mencegah bisnis bangkrut.

Sebelum saya berlanjut ke pembahasan utama, saya ingin menyebutkan beberapa perusahaan besar yang terpaksa bangkrut, apa saja perusahaan besar tersebut? Mungkin Anda familiar dengan nama-nama perusahaan di bawah ini:

1. Nokia

2. Sony Ericsson

3. Kodak

4. Panasonic

 

Pasti familiar, ya? Apalagi Nokia yang telah lama berkecimpung di dunia mobile phone. Selain itu juga banyak majalah cetak yang telah tutup, salah satunya adalah BOLA.

Mengerikan, bukan?

Jangan khawatir. Kali ini saya ingin memberikan 5 cara efektif mencegah bisnis bangkrut.

 

1. Digitalisasi

Apakah Anda pernah membayangkan perubahan signifikan yang terjadi dari era 90-an hingga era saat ini? Tentunya banyak sekali ya, dan perubahan terbesar dan paling signifikan adalah digitalisasi.

Hampir seluruh komponen dalam hidup ini berubah menjadi digital. Contohnya adalah media berita sekarang banyak yang berubah menjadi online, jualan jadi online, ojek jadi online, taksi jadi online, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Tentu saja digitalisasi juga memberi efek dalam komponen dunia bisnis seperti media pemasaran, display produk, dan masih banyak lagi lainnya.

Kali ini saya harus menyorot digitalisasi dalam komponen pemasaran, karena pemasaran pastinya merupakan komponen penting dalam bisnis Anda.

Apakah Anda pernah mendengar Digital Marketing?

Jika Anda sedang atau akan menjalankan bisnis, maka Anda harus mengenal pemasaran yang terdigitalisasi atau yang lebih dikenal dengan Digital Marketing.

Karena saat ini marketing atau pemasaran dalam bentuk digital menjadi kunci penting dalam promosi. Jika Anda belum paham apa itu digital marketing, mudahnya adalah ngiklan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.

Baca Juga: Lima Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Berjualan Online

Hal-hal tersebut merupakan salah satu pemasaran dalam bentuk digital atau digital marketing. Jika Anda pernah melakukan hal tersebut maka Anda telah menerapkan salah satu strategi digital marketing.

Jika belum pernah melakukannya, maka sekaranglah saatnya Anda melakukan hal tersebut dan mempelajari lebih dalam tentang digital marketing agar bisnis Anda terus berkembang di era digital.

 

2. Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Kita pasti tahu bahwa produk adalah jantung dari bisnis Anda. Produk bisa berupa jasa atau barang. Di awal berdirinya usaha atau bisnis, produk yang baru dan segar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Kesuksesan singkat bisa saja diraih oleh bisnis Anda. Di tahap ini, jangan terlalu fokus pada pengembangan produk.

Karena jika Anda terlalu fokus pada pengembangan produk, akan menyita banyak waktu dan perhatian Anda sehingga Anda akan lupa dengan prinsip product market atau menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Akibatnya, Anda akan menemui fakta pahit karena produk yang Anda kembangkan menjadi kerugian dan membuat bisnis Anda terancam bangkrut. Produk dan jerih payah untuk pengembangannya menjadi sia-sia.

Maka solusinya adalah, kembangkan produk yang menjadi kebutuhan pasar atau target market Anda untuk mencegah bisnis bangkrut. Jika Anda berhasil menerapkan hal tersebut, maka saya yakin bisnis Anda akan berkembang sangat pesat.

 

3. Modal

Besarnya modal yang dipunya harus diimbangi dengan besarnya hutang dan piutang bisnis Anda. Bisnis yang memiliki hutang yang besar dengan bunga yang tinggi dapat menyebabkan minimnya keuntungan.

Bahkan bisnis akan terus merugi. Begitu juga dengan piutang yang terlalu tinggi, akan menyebabkan neraca pendapatan menjadi tidak stabil.

Maka dari itu, Anda harus memiliki modal yang sebanding dengan hutang piutang bisnis Anda agar mencegah bisnis bangkrut.

Untuk meminjam modal dari bank, Anda harus menyusun laporan keuangan yang rapi dan terorganisir.

 

4. Laporan Keuangan

Permasalahan yang tidak kalah pentingnya yang dapat membuat bisnis bangrkut adalah ketidakmampuan mengelola uang.

Sebenarnya banyak sekali pengusaha UMKM yang dapat menghasilkan uang, alias produknya laku.

Tetapi mereka tidak memilki rencana dan cara untuk mengelola uang dengan benar. Berapa yang dialokasikan untuk modal bisnis, berapa untuk pemilik, berapa untuk investasi selanjutnya?

Terkadang permasalah arus kas (cashflow) juga dapat merusak kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda. Sehingga Anda harus mengatur laporan keuangan demi mencegah bisnis bangkrut.

Bagaimana cara membuat dan mengatur laporan keuangan yang mudah dan praktis?

Di era digital saat ini, sudah banyak software akuntansi yang praktis dan instan seperti Jurnal.ID. Anda tidak perlu menyusun laporan keuangan secara manual.

Anda hanya perlu mengkoneksikan sistem kasir Anda (tidak bisa semua sistem kasir) kepada software tersebut, lalu secara otomatis laporan keuangan dapat tersusun secara baik dan terorganisir.

Sangat mudah ya?

 

5. Sistem Kasir Online

Mengapa kasir online termasuk ke dalam 5 cara efektif mencegah bisnis bangkrut? Karena sistem kasir online yang tepat dapat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda.

Pada poin 4, saya menyebutkan bahwa penyusunan laporan keuangan akan jauh lebih praktis menggunakan software akuntansi yang terkoneksi dengan sistem kasir online, iya kan?

Nah, kali ini saya ingin membahas khusus mengenai manfaat sistem kasir online kepada Anda.

Sistem kasir online akan menjadi alat kasir praktis untuk melayani transaksi tanpa batas. Anda juga tidak perlu khawatir data-data penjualan hilang karena seluruh data tersimpan di cloud yang memiliki keamanan tinggi dan hak akses terbatas (hanya owner).

Anda juga tidak perlu rekap penjualan secara manual lagi, karena dengan sistem kasir online, Anda dapat membuat laporan penjualan secara otomatis dan langsung masuk pembukuan akuntansi online melalui software akuntansi.

Banyak sekali ya manfaatnya?

Jika Anda menjalankan bisnis cafe, bakery, food & beverage, barbershop, dan bisnis skala UKM lainnya, maka point terakhir menjadi senjata pamungkas demi mengembangkan bisnis Anda.

Lalu apa rekomendasi sistem kasir online dari saya? Silahkan coba sistem kasir online gratis InterActive MyProfit dari perusahaan IT yang telah berdiri selama 17 tahun yaitu InterActive Technologies Corp.

 

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Modern Management System

    30 September 2019

    Awal semester 2 tahun 2019, kami tersentak mendengar konsep “Modern Management System”  yang diajukan oleh salah ...

    Selengkapnya
  • 5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda

    26 September 2019

    Sebelumnya, Intermezzo telah membahas bahwa generasi millenial memiliki karakter yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Un ...

    Selengkapnya
  • 10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka

    25 September 2019

    Mulai tahun 2016, golongan pekerja di seluruh dunia banyak diisi oleh kaum millenial atau mereka yang lahir antara tahun 1980-2000 ...

    Selengkapnya