Product IT Software & Hardware

    Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda

    By InterActive crew - 28 Desember 2016
    InterActive Blog
    Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda

    Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mudah melakukan riset produk atau jasa yang laris di pasaran untuk toko online sebelum dijual kepasaran? Nah, sabar dulu kita pahami dulu pentingnya riset produk sebelum berjualan online.

    Bayangkan apa yang akan terjadi jika kita berjualan tanpa melakukan riset produk terlebih dahulu? Produk atau jasa Anda akan sulit untuk laris dipasaran atau tidak laku. Riset produk ini penting sekali untuk Anda lakukan, agar tahu apakah produk atau jasa yang akan Anda pasarkan nantinya akan laris dipasaran atau tidak.

    Sebelum Anda melakukan riset produk, Anda terlebih dahulu kenali jenis produk yang tak lekang oleh waktu, untuk Anda jadikan bahan jualan. Apa saja jenis produknya, yuk kita simak bersama-sama.

    1. Produk yang Menjadi Solusi bagi Calon Pelanggan
    Produk yang menjadi solusi dari masalah yang di hadapi calon pelanggan, akan terus menerus menjadi magnet dipasar. Karena pelanggan dan calon pelanggan membutuhkan solusi untuk masalah mereka.

    Seperti misalnya, ada calon pelanggan yang memiliki masalah dengan berat badannya. Mulai dari pria atau wanita, baik muda ataupun tua. Kebanyakan dari pelanggan pastinya mencari solusi yang cepat, mudah dan terpercaya, karena kemudahan dan singkatnya waktu untuk solusi dari masalah mereka.

    Jenis produk-produk semacam ini yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Anda bisa menelusuri sesuai dengan masalah pelanggan yang ada di lingkungan Anda.

    2. Produk Passion/Hobi
    Produk yang selalu laku sepanjang jaman selanjutnya adalah produk-produk yang berhubungan denegan hobi, seperti aksesoris gadget, fotografi, fashion dsb nya, yang menggunakan tema tertentu, misalnya case smarphone dengan tema Star Wars. Bagi penggemar Star Wars, tentu akan suka dengan produk yang bertemakan Star Wars, mereka kebanyakan akan beli sebagai identitas atau sekedar hobi. Tema yang bisa Anda pakai untuk produk ini pun bisa Anda sesuaikan dengan sesuatu yang sedang booming di pasaran.

    Anda juga menjual aksesoris yang berhubungan dengan dunia otomotif, karena pengguna otomotif sangat banyak berikut komunitas nya, mengapa Anda tidak coba buat produk yang berhubungan dengan komunitas ini? Jadi kesimpulannya produk-produk seperti ini tidak akan pernah mati.


    3. Produk yang Lagi Nge-Trend
    Anda bisa cari tahu produk apa saja yang sedang trend melalui cara riset produk diatas. Perlu Anda pertimbangkan juga, produk yang yang sedang trending, tidak semuanya akan bertahan lama. Jadi pandai-pandainya Anda menentukkan jumlah produk yang Anda jual karena mengikuti trend, dan mengikuti arus trend untuk menciptakan produk yang berkualitas.
     
    Ingin melawan arus trend? Sah sah saja Anda lakukan, tapi perlu Anda ingat tentang pangsa pasar dari produk yang Anda jual, agar produk Anda laku dan diterima pasar. Jangan sampai waktu dan tenaga Anda habis hanya untuk memasarkan produk yang tidak laku karena tidak sesuai dengan pasar. 

    Maka dari itu, setelah Anda pahami produk yang tak lekang oleh waktu, saatnya kita bahas cara riset produk dengan mudah sebelum menjualnya di toko online Anda.

    4. Manfaatkan Google Trends
    Dengan menggunakan Google Trend (https://www.google.co.id/trends/), kita bisa mengetahui trend apa yang banyak ditelusuri oleh netizen dalam kurun waktu dan di negara tertentu. Selain itu, kita bisa menelusuri topik atau produk yang nantinya ingin kita jual, apakah trend nya sedang naik atau justru sebaliknya.  

    Hasil penelusuran yang Anda lakukan, akan di tampilkan berupa grafik diagram, grafik regional, hingga kueri terkait. Jika grafik diagram menunjukan peningkatan, berarti produk atau trend tersebut sedang naik dan bisa Anda jadikan rujukan untuk menjual produk di toko online Anda, begitu pun sebaliknya.

    Selain grafik, kita  juga bisa melihat minat trend berdasarkan kawasan. Di dalam minat kawasan ini, kita bisa melihat kota/daerah mana saja yang paling banyak menggunakan kata kunci penelusuran tersebut. Data ini bisa jadikan sebagai target pasar yang akan Anda bidik nantinya.

    5. Manfaatkan Marketplace 
    Mengapa harus memanfaatkan marketplace? Marketplace yang ada di Indonesia dewasa ini sudah semakin banyak dengan ciri khas masing2, seperti Bukalapak, Lazada, FJB Kaskus, Tokopedia, dll. Sehingga semakin banyak pula referensi untuk produk yang akan Anda jual. Anda bisa melihat langsung produk yang sedang menjadi trend dimasing-masing situs tersebut. Pilihan kategori produk banyak dijual pun juga sangat banyak dan lengkap, tinggal Anda sesuaikan dengan apa yang ingin dijual di toko online Anda. Juga Anda bisa melihat trend berdasarkan lokasi tertentu, misal trend di Surabaya, Malang, dsb nya.

    6. Perhatikan Iklan di Surat Kabar
    Pernahkah Anda memperhatikan iklan dalam suatu surat kabar? Jika iya jawabannya, maka Anda perlu perhatikan baik-baik. Adanya iklan yang muncul terus menerus disetiap edisi surat kabar, berarti produk yang sedang diiklankan tersebut, sedang banyak peminatnya.

    Namun Anda juga perlu melihat, surat kabar mana yang paling banyak dibaca oleh masyarakat. Semakin banyak surat kabar tersebut dibaca oleh masyarakat, maka surat kabar tersebut juga potensial untuk Anda jadikan pilihan pasar calon pelanggan Anda. Surat kabar apapun jenis dan tema nya bisa Anda jadikan pilihan untuk mengetahui trend iklan yang sedang di minati.
     
    Semoga penjelasan diatas bisa menginspirasi untuk menjual produk berkualitas di toko online Anda dan segera praktekan 

     

    JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA......

     

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp