Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

by InterActive crew ~ 19 Desember 2016

Bisnis Anda mulai banyak saingan? Bingung bagaimana caranya menghadapi persaingan bisnis yang semakin sengit? Jika iya jawabannya, mari kita simak artikel ini dengan seksama.


Dalam menjalankan bisnis, Anda pasti akan dihadapkan dengan banyak tantangan, seperti munculnya pesaing dengan bidang bisnis yang serupa. Munculnya pesaing seringkali membuat pelaku bisnis mulai merasa cemas dan panik, apalagi jika strategi pesaing jauh lebih bagus dan matang. Namun sebagian lagi justru semakin termotivasi dengan hadirnya pesaing, karena sering menimbulkan inovasi-inovasi ketika dalam posisi tertekan.


Persaingan dalam bisnis merupakan hal yang wajar dan akan terus menerus seperti itu. Ada persaingan secara sehat maupun sebaliknya. Strategi berbisnis yang dilakukan para pelaku bisnis pun berbeda-beda sesuai dengan budget dan ciri khas masing-masing. Salah satu strategi yang sering dilakukan pebisnis untuk menarik minat pelanggan adalah dengan memberikan diskon. Dengan memberikan diskon, cukup efektif menarik pelanggan, walau begitu Anda harus cukup pintar mengatur jumlah diskon agar tidak terjadi kerugian.


Agar sukses memenangkan persaingan dalam bisnis, mari kita simak rahasia memenangkan persaingan dalam bisnis berikut ini:

  1. Amati, tiru dan modifikasi, Perhatikan strategi apa yang dilakukan pesaing Anda, amati, tiru dan modifikasi. Sesuaikan dengan brand yang ingin Anda bangun. Buat semenarik mungkin, sehingga pelanggan akan melihat keunggulan dan perbedaan walaupun produk yang Anda jual intinya sama dengan pesaing.
  2. Hindari menjelekkan pesaing, Kehadiran pesaing, sering menimbulkan penilaian yang berbeda-beda dari pelaku bisnis. Ada yang merasa jengkel, ada pula justru sebaliknya. Meski demikian, hindari menjelekkan produk pesaing dihadapan konsumen, karena hal itu justru memperlihatkan keburukan Anda sendiri. Bersainglah secara sehat dan sebaiknya jangan menghalalkan segala cara demi memajukan bisnis Anda.
  3. Tingkatkan kualitas produk dan layanan Anda, Salah satu kunci utama agar bisnis Anda bertahan lama dan sukses memikat hati konsumen adalah tetap menjaga kualitas produk yang Anda jual. Adanya pesaing tidak perlu membuat Anda resah gelisah, sebaliknya Anda harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan nilai plus untuk produk yang Anda pasarkan, sehingga timbul ciri khas dari produk Anda yang berbeda dari pesaing. Selain itu, berikan layanan yang bagus pada konsumen agar mereka berkesan dan rela menjadi pelanggan setia Anda.

    Bagi Anda pelaku bisnis yang masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnis, sudah saatnya beralih menggunakan sistem software guna meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. Manfaat yang akan dapatkan dengan menggunakan software adalah Anda tak perlu repot mengurusi hal-hal rumit dan menyebalkan yang berhubungan dengan sistem manual semua itu akan lebih mudah diatur dengan sistem software. Sehingga waktu Anda lebih banyak untuk keluarga dan mengembangkan bisnis. Salah satu contoh software yang bisa anda gunakan dalam bisnis adalah InterActive MyRetail.

  4. Lakukan evaluasi produk, Ketika pesaing mulai merebut hati pelanggan Anda, Anda tidak perlu gelisah. Lakukan evaluasi terhadap kekurangan produk Anda dan segera lakukan tindakan nyata demi menjaga kelangsungan bisnis yang Anda jalankan. Dan tak lupa menjaga kualitas dan cara-cara yang sehat dalam mengembangkan produk Anda.
  5. Perluas pasar Anda, Salah satu cara menghadapi persaingan bisnis adalah dengan memperluas pasar produk Anda, artinya memperluas fokus dan target market yang akan disasar. Contohnya: jika sebelumnya produk Anda hanya bisa dinikmati konsumen remaja, maka tidak ada salahnya jika Anda berinovasi agar produk Anda bisa dinikmati oleh dewasa atau bahkan anak-anak. Selain itu, agar bisnis Anda lebih dikenal dan mampu menguasai pasar, Anda bisa membuka cabang-cabang usaha baru di tempat lain.

    Di era teknologi informasi ini, masyarakat sudah lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Informasi tersebut berkat terhubung dengan internet. Memanfaatkan internet akan membantu anda dalam perluasan pasar bisnis, yang tidak hanya terbatas dalam bentuk fisik (offline) saja, tapi juga dalam bentuk online. Artinya bisnis anda diharuskan memiliki sebuah website yang tidak hanya menjual produk anda, tetapi juga memberikan informasi bermanfaat bagi pelanggan anda. Manfaatnya dengan menggunakan website, produk bisnis anda akan lebih luas dan mudah dikenal masyarakat dari berbagai penjuru dunia. Bandingkan jika anda ingin meraih pangsa pasar sampai ke penjuru dunia menggunakan media offline (misalnya: brosur/company profile), berapa jumlah brosur/company profile yang harus dicetak dan berapa biaya yang timbul untuk biaya cetak tersebut?

  6. Strategi promosi yang tepat, Kunci sukses untuk memenangkan persaingan bisnis adalah strategi promosi yang bagus, unik dan tepat. Lakukan survey pelanggan, kira-kira bentuk promosi apakah yang paling diminati konsumen, misalnya: diskon besar-besaran, undian berhadiah, promo berhadiah langsung, promo harian atau mingguan, dsbnya. Promosi yang tepat akan membantu meningkatkan omzet penjualan dan membuat pelanggan tetap setia menggunakan produk Anda.

    Salah satu contoh media yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk bisnis anda adalah website. Dengan menggunakan website anda akan jangan lebih mudah dalam urusan promosi produk dan lebih luas menjangkau pangsa pasar anda keseluruh dunia.

    Setelah Anda membaca rahasia-rahasia terbaik memenangkan persaingan dalam bisnis diatas, segera praktekan tips-tips diatas dalam bisnis anda. Selamat Mencoba!

JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
www.interactive.co.id

#interactive #interactiveholic #interactivetag #interactivecorp #interactiveclient #softwareinteractive #softwarebisnis #interactivemyretail #interactivemyresto #software #softwareretail #interactivemyaccounting #softwareaccounting

 

 

 

 

 

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

    12 Juli 2019

    Survei dari firma bisnis  Deloitte  terhadap 437 UKM menunjukkan UKM yang memanfaatkan promosi  online  mengha ...

    Selengkapnya
  • Inilah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia

    08 Juli 2019

    Pada tahun 2010,  Forbes  mencatat setidaknya ada 937 orang miliarder yang ada di dunia. Namun hingga tahun 2017, Forbes ...

    Selengkapnya
  • Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan

    28 Juni 2019

    Apa itu  psikologi harga ? Memangnya, apa hubungannya ilmu psikologi dengan penentuan harga? Ternyata ada hubungannya lho! Ba ...

    Selengkapnya