Product IT Software & Hardware

    5 Teknologi Restoran yang Wajib Diketahui Pemilik Restoran

    By InterActive crew - 26 Nopember 2019
    InterActive Blog
    5 Teknologi Restoran yang Wajib Diketahui Pemilik Restoran

    Dalam beberapa tahun terakhir, seluruh dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan berbagai inovasi teknologi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tidak terkecuali dalam bisnis restoran. Kini para pengembang teknologi semakin inovatif dalam menciptakan beragam teknologi restoran terbaru. Sehingga para pemilik restoran dapat menjalankan bisnisnya secara lebih praktis.

    Seperti halnya 5 inovasi teknologi restoran terbaru berikut ini. Apa sajakah itu? Apakah kehadirannya mampu meningkatkan efisiensi secara maksimal? Simak pembahasannya dalam uraian berikut.

     

    1. Memanfaatkan Robot Sebagai Pelayan dan Koki

    Teknologi restoran terbaru yang pertama adalah pemanfaatan robot. Jepang dan Amerika adalah negara yang telah lebih dulu memanfaatkan robot sebagai pramusaji di beberapa restoran mereka. Bahkan, ada pula robot khusus yang mampu bertugas sebagai koki untuk memasak makanan. Hasil masakan yang dibuat pun tidak kalah lezat dari yang dibuat oleh koki sesungguhnya.

    Kini, robot semacam ini mulai banyak diterapkan di berbagai negara. Salah satunya di Hajime, sebuah restoran di Bangkok, Thailand.  Jika membeli makanan di restoran ini, pembeli cukup menyentuh layar di tubuh robot. Lalu, pesanan pun akan dibuat oleh robot lainnya di dapur. Saat kita menunggu pesanan, robot yang satunya lagi akan menari untuk menghibur kita. Menarik sekali kan?

    Baca Juga: Strategi Pelayanan Restoran yang Disukai Pelanggan

     

    2. Pelayanan Makanan dengan Rel Berjalan

    Teknologi restoran terbaru selanjutnya adalah pelayanan makanan menggunakan sebuah rel yang dapat berjalan secara otomatis layaknya mesin di pabrik. Teknologi ini juga mulai diterapkan di banyak restoran dunia, dan bahkan di Indonesia pun sudah mulai bermunculan.

    Saat kita membeli makanan di restoran yang menerapkan teknologi ini, tidak akan ada pelayan yang mengantar makanan ke meja kita. Tapi, akan ada sebuah rel berisi berbagai makanan yang melewati meja para pelanggan. Sehingga, kita hanya perlu duduk diam dan menunggu makanan yang kita pesan melewati meja kita.

     

    3. Training Karyawan Menggunakan Teknologi VR

    Teknologi restoran terbaru yang ketiga yaitu pemanfaatan VR (Virtual Reality) untuk melaksanakan training karyawan. Teknologi ini diterapkan oleh jaringan franchise raksasa, KFC. Kali ini KFC meluncurkan sebuah gim berbasis VR yang digunakan secara khusus untuk memberi pelatihan menggoreng ayam bagi karyawan barunya.

    Melali headset Facebook Oculus Rift, gim yang dikembangkan oleh Wieden+Kennedy ini hanya membutuhkan 10 menit untuk menyelesaikan 5 langkah menggoreng ayam ala KFC. Di samping training melalui VR, training secara manual masih tetap dilakukan. Meski begitu, kehadiran teknologi VR ini cukup membantu KFC dalam memberikan training bagi karyawannya.

    Baca Juga: 5 Strategi Memimpin Generasi Millenial di Perusahaan Anda

     

    4. Meja Interaktif untuk Memesan Makanan

    Teknologi restoran terbaru selanjutnya diterapkan oleh restoran Inamo di London, Inggris. Saat memesan makanan di restoran ini, kita tidak perlu mengantri di kasir atau menunggu dilayani seorang pelayan terlebih dahulu. Namun, kita bisa langsung memesan makanan dari sebuah meja yang dilengkapi teknologi tingkat tinggi, sehingga dapat menampilkan daftar menu yang bisa kita pesan.

    Meja interaktif tersebut akan langsung terhubung dengan bagian dapur, sehingga  daftar pesanan kita bisa langsung diproses oleh tim dapur. Saat menunggu pesanan, kita juga bisa bermain game di meja tersebut. Canggih ya?

     

    5. Self Order Kiosk, Tablet, dan QR Code

    Teknologi restoran terbaru yang kelima hampir sama dengan meja interaktif yang menawarkan kemudahan self order seperti dibahas di nomor 4. Namun, teknologi self order yang satu ini cenderung lebih praktis dan biaya investasinya pun lebih terjangkau.

    Teknologi self order itu sendiri memungkinkan pelanggan untuk memesan dan mengambil makanannya secara mandiri. Sehingga tidak diperlukan pelayan yang bertugas untuk mengantar pesanan.

    Saat ini tersedia berbagai macam teknologi self order yang biasa digunakan di restoran/ kafe. Beberapa diantaranya adalah: self order kiosk, self order tablet, dan self order QR Code.

    Self Order Kioskadalah sebuah hardware POS berupa layar lebar yang memungkinkan pelanggan untuk memesan dan membayar makanannya secara cashless. Setelah memesan makanan melalui layar yang tersedia, pelanggan bisa langsung membayarnya dengan metode pembayaran cashless yang tersedia. Lalu, pelanggan tinggal duduk menunggu pesananannya sambil memperhatikan layar yang menunjukkan apakah pesanannya telah diproses/ belum. Jika sudah, maka pelanggan bisa langsung mengambil makanannya sendiri ke tempat yang telah disediakan.

    Self order tablet juga hampir sama dengan self order kiosk. Hanya saja, device yang digunakan adalah tablet yang diletakkan di semua meja restoran. Pelanggan yang ingin memesan tinggal duduk di meja yang diinginkan, lalu memesan dan membayar pesanan melalui tablet yang disediakan.

    Self order QR Code juga tidak jauh berbeda dengan self order tablet. Di setiap meja akan disediakan QR Code khusus yang bisa menampilkan daftar menu yang dipesan. Jika ingin memesan makanan, pelanggan cukup scan QR Code dan memilih menu yang dipesan. Selanjutnya, prosesnya hampir sama dengan self order kiosk dan tablet.

    Dengan hadirnya teknologi self order seperti ini tentu sangat menguntungkan para pemilik restoran. Karena mereka bsia menajalankan bisnis secara lebih efisien. Teknologi ini juga dapat memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung restoran. Sehingga kemungkinan meningkatnya kepuasan pelanggan pun semakin besar.

    Anda tertarik menerapkan self order untuk restoran/ kafe Anda? Kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan InterActive MyOrder. Sebuah teknologi self order dari InterActive, perusahaan IT terkemuka yang telah sukses memasarkan software restoran ke 3000+ restoran di seluruh Indonesia. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyOrder.

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp