Product IT Software & Hardware
5 Teknologi Restoran yang Wajib Diketahui Pemilik Restoran
Dalam beberapa tahun terakhir, seluruh dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan berbagai inovasi teknologi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tidak terkecuali dalam bisnis restoran. Kini para pengembang teknologi semakin inovatif dalam menciptakan beragam teknologi restoran terbaru. Sehingga para pemilik restoran dapat menjalankan bisnisnya secara lebih praktis.
Seperti halnya 5 inovasi teknologi restoran terbaru berikut ini. Apa sajakah itu? Apakah kehadirannya mampu meningkatkan efisiensi secara maksimal? Simak pembahasannya dalam uraian berikut.
1. Memanfaatkan Robot Sebagai Pelayan dan Koki
Teknologi restoran terbaru yang pertama adalah pemanfaatan robot. Jepang dan Amerika adalah negara yang telah lebih dulu memanfaatkan robot sebagai pramusaji di beberapa restoran mereka. Bahkan, ada pula robot khusus yang mampu bertugas sebagai koki untuk memasak makanan. Hasil masakan yang dibuat pun tidak kalah lezat dari yang dibuat oleh koki sesungguhnya.
Kini, robot semacam ini mulai banyak diterapkan di berbagai negara. Salah satunya di Hajime, sebuah restoran di Bangkok, Thailand. Jika membeli makanan di restoran ini, pembeli cukup menyentuh layar di tubuh robot. Lalu, pesanan pun akan dibuat oleh robot lainnya di dapur. Saat kita menunggu pesanan, robot yang satunya lagi akan menari untuk menghibur kita. Menarik sekali kan?
Baca Juga: Strategi Pelayanan Restoran yang Disukai Pelanggan
2. Pelayanan Makanan dengan Rel Berjalan
Teknologi restoran terbaru selanjutnya adalah pelayanan makanan menggunakan sebuah rel yang dapat berjalan secara otomatis layaknya mesin di pabrik. Teknologi ini juga mulai diterapkan di banyak restoran dunia, dan bahkan di Indonesia pun sudah mulai bermunculan.
Saat kita membeli makanan di restoran yang menerapkan teknologi ini, tidak akan ada pelayan yang mengantar makanan ke meja kita. Tapi, akan ada sebuah rel berisi berbagai makanan yang melewati meja para pelanggan. Sehingga, kita hanya perlu duduk diam dan menunggu makanan yang kita pesan melewati meja kita.
3. Training Karyawan Menggunakan Teknologi VR
Teknologi restoran terbaru yang ketiga yaitu pemanfaatan VR (Virtual Reality) untuk melaksanakan training karyawan. Teknologi ini diterapkan oleh jaringan franchise raksasa, KFC. Kali ini KFC meluncurkan sebuah gim berbasis VR yang digunakan secara khusus untuk memberi pelatihan menggoreng ayam bagi karyawan barunya.
Melali headset Facebook Oculus Rift, gim yang dikembangkan oleh Wieden+Kennedy ini hanya membutuhkan 10 menit untuk menyelesaikan 5 langkah menggoreng ayam ala KFC. Di samping training melalui VR, training secara manual masih tetap dilakukan. Meski begitu, kehadiran teknologi VR ini cukup membantu KFC dalam memberikan training bagi karyawannya.
Baca Juga: 5 Strategi Memimpin Generasi Millenial di Perusahaan Anda
4. Meja Interaktif untuk Memesan Makanan
Teknologi restoran terbaru selanjutnya diterapkan oleh restoran Inamo di London, Inggris. Saat memesan makanan di restoran ini, kita tidak perlu mengantri di kasir atau menunggu dilayani seorang pelayan terlebih dahulu. Namun, kita bisa langsung memesan makanan dari sebuah meja yang dilengkapi teknologi tingkat tinggi, sehingga dapat menampilkan daftar menu yang bisa kita pesan.
Meja interaktif tersebut akan langsung terhubung dengan bagian dapur, sehingga daftar pesanan kita bisa langsung diproses oleh tim dapur. Saat menunggu pesanan, kita juga bisa bermain game di meja tersebut. Canggih ya?
5. Self Order Kiosk, Tablet, dan QR Code
Teknologi restoran terbaru yang kelima hampir sama dengan meja interaktif yang menawarkan kemudahan self order seperti dibahas di nomor 4. Namun, teknologi self order yang satu ini cenderung lebih praktis dan biaya investasinya pun lebih terjangkau.
Teknologi self order itu sendiri memungkinkan pelanggan untuk memesan dan mengambil makanannya secara mandiri. Sehingga tidak diperlukan pelayan yang bertugas untuk mengantar pesanan.
Saat ini tersedia berbagai macam teknologi self order yang biasa digunakan di restoran/ kafe. Beberapa diantaranya adalah: self order kiosk, self order tablet, dan self order QR Code.
Self Order Kiosk, adalah sebuah hardware POS berupa layar lebar yang memungkinkan pelanggan untuk memesan dan membayar makanannya secara cashless. Setelah memesan makanan melalui layar yang tersedia, pelanggan bisa langsung membayarnya dengan metode pembayaran cashless yang tersedia. Lalu, pelanggan tinggal duduk menunggu pesananannya sambil memperhatikan layar yang menunjukkan apakah pesanannya telah diproses/ belum. Jika sudah, maka pelanggan bisa langsung mengambil makanannya sendiri ke tempat yang telah disediakan.
Self order tablet juga hampir sama dengan self order kiosk. Hanya saja, device yang digunakan adalah tablet yang diletakkan di semua meja restoran. Pelanggan yang ingin memesan tinggal duduk di meja yang diinginkan, lalu memesan dan membayar pesanan melalui tablet yang disediakan.
Self order QR Code juga tidak jauh berbeda dengan self order tablet. Di setiap meja akan disediakan QR Code khusus yang bisa menampilkan daftar menu yang dipesan. Jika ingin memesan makanan, pelanggan cukup scan QR Code dan memilih menu yang dipesan. Selanjutnya, prosesnya hampir sama dengan self order kiosk dan tablet.
Dengan hadirnya teknologi self order seperti ini tentu sangat menguntungkan para pemilik restoran. Karena mereka bsia menajalankan bisnis secara lebih efisien. Teknologi ini juga dapat memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung restoran. Sehingga kemungkinan meningkatnya kepuasan pelanggan pun semakin besar.
Anda tertarik menerapkan self order untuk restoran/ kafe Anda? Kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan InterActive MyOrder. Sebuah teknologi self order dari InterActive, perusahaan IT terkemuka yang telah sukses memasarkan software restoran ke 3000+ restoran di seluruh Indonesia. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyOrder.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.