Product IT Software & Hardware
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
Kehadiran internet telah berdampak signifikan terhadap perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan adanya internet, para pebisnis kini bisa lebih mudah dalam memasarkan produknya tanpa adanya batasan wilayah.Tak heran, banyak bermunculan para pebisnis pemula yang sukses meraup untung melalui pemasaran di internet. Salah satunya adalah para pebisnis berskala UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini. Sebenarnya ada banyak sekali pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dengan bermodal internet. Namun, dalam artikel ini kita akan membahas 5 orang pengusaha saja.
Mereka adalah para pengusaha muda yang mengawali bisnisnya dari skala UKM, Hingga akhirnya bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar melalui internet.
Baca Juga: Strategi Promosi Online Gratis untuk Meningkatkan Penjualan UKM
Berikut profil singkat 5 pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dengan bermodal internet.
1. Yasa Singgih, Owner Men’s Republic
Pria bernama lengkap Yasa Paramita Singgih ini adalah salah satu pengusaha UKM yang sukses dari pemasaran online. Yasa mulai terjun ke dunia bisnis sejak duduk di bangku SMA. Ia pernah menjajal bisnis kaos, lampu hias, hingga membuka kafe. Sayangnya, semua bisnis tersebut berakhir bangkrut.
Dari situ, Yasa mendapat pelajaran kalau dalam menjalankan bisnis harus fokus. Setelah lulus dari SMA, Yasa menutup bisnis kafe dan menutup sementara bisnis kaosnya. Ia melihat peluang bisnis yang lumayan dari usahanya berjualan kaos. Sehingga ia pun membuka bisnis baru yang berfokus berjualan produk fashion pria. Bisnis ini yang kemudian diberi nama Men’s Republic.
Di Men’s Republic inilah Yasa memanfaatkan pemasaran online secara maksimal. Mulai dari berjualan di situs e-commerce, blog, Twitter, serta memanfaatkan BBM yang dulu masih booming. Saat ini Yasa mulai merambah platform lainnya, yaitu YouTube dan Instagram. Meski begitu, Yasa tetap memasarkan produknya secara offline dengan membuka beberapa outlet di Jabodetabek.
Berkat ketekunan Yasa dalam mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, Men’s Republic mampu mencetak omzet hingga Rp 200 juta. Bahkan, Yasa Singgih masuk dalam 30 Under 30 versi majalah Forbes pada tahun 2016.
2. Reza Nurhilman, Owner Maicih
Contoh kedua pengusaha UKM yang sukses adalah Reza Nurhilman, owner merk kripik terkenal, Maicih. Pria asal Bandung ini memulai usahanya sejak lulus SMA. Namun, Maicih bukanlah bisnis pertamanya. Reza pernah berjualan berbagai macam produk, mulai dari barang elektronik hingga pupuk. Semua bisnisnya itu ia jalankan selama empat tahun, dari tahun 2005 hingga 2009.
Hingga akhirnya, di tahun 2010 Reza meluncurkan produk terbarunya, keripik pedasMaicih. Uniknya, keripik yang dijual Reza ini memiliki beberapa tingkat kepedasan mulai dari level 1-10. Meskipun banyak produk serupa di Bandung, Reza menyebut produknya berbeda dan eksklusif.
Apalagi, karena Reza memilih pemasaran melalui Twitter dan Facebook. Pada masa itu, keripik Maicih sempat booming di Twitter karena tingkat kepedasannya yang banyak dibicarakan anak muda. Selain itu, Reza juga memiliki beberapa reseller yang tersebar di beberapa tempat, sehingga meningkatkan penjualan keripiknya secara signifikan.
Dari yang awalnya menjual 50 bungkus per hari, Reza bisa meningkatkan produksinya hingga 2000 bungkus per hari dan mencapai omset hingga Rp 7 miliar per bulan. Bahkan, sekarang Reza mampu memproduksi keripik Maicih hingga 75 ribu bungkus per minggu.
3. Dea Valencia, Owner Batik Kultur
Dea Valencia adalah salah satu inspirasi pengusaha UKM yang sukses di usia muda. Berawal dari kecintaannya pada batik lawas, Dea mencoba membuka bisnis batik dari hasi desainnya sendiri. Sebelumnya, ia hanya membantu menjual koleksi batik lawas mamanya. Dari situ, ia kemudian mencoba mendesain baju batiknya sendiri dengan dibantu seorang penjahit di sudut rumahnya.
Dea Valencia memulai bisnisnya itu pada saat masih kuliah semester 3. Ia memaksimalkan pemasaran secara online yang memang sudah marak dilakukan banyak pengusaha.
Dea memilih memasarkan batiknya melalui Facebook dan Instagram. Pada saat pertama kali memasarkan di Facebook, batiknya hanya terjual 20 potong. Namun, berkat ketekunan dan usaha tiada henti, Dea berhasil menjual hingga 600 potong batik dan meraih omset hingga 300 juta per bulan.
Kini, bisnis yang dijalankan Dea semakin berkembang pesat. Bahkan, ia mampu mempekerjakan 120 karyawan, dimana 50 orang diantaranya adalah penyandang disabilitas.
Wow, sangat menginspirasi ya? Di usianya yang masih terbilang muda, Dea bisa memberi kesempatan bekerja dan berkarya bagi penyandang disabilitas.
Baca Juga: 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia
4. Yukka Harlanda, Owner Brodo
Pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya lewat internet selanjutnya adalah Yukka Harlanda, owner bisnis sepatu Brodo. Bisnisnya ini bermula saat Yukka kesulitan mencari sepatu yang tepat untuk ukuran kakinya. Saat mendapatkan ukuran yang tepat, harganya pun ternyata cukup mahal. Dari situlah muncul ide untuk memproduksi sepatu sendiri dengan desain yang lebih baik dan lebih murah.
Sepatu Brodo kini sudah sukses dengan memiliki 3 cabang di daerah Jakarta dan Bandung. Pada awalnya Yukka memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Kaskus, Twitter dan lain sebagainya. Hingga akhirnya Ia bisa menciptakan website sendiri.
Menjalankan strategi bisnis online juga bukan berarti Yukka lupa dengan pemasaran offline. Ia berusaha membawa Brodo ke ajang pameran, dititipkan ke distro, department store dsb.
Namun, karena permintaan lebih besar secara online, maka saat ini Yukka lebih fokus mengembangkan bisnisnya lewat digital marketing. Strategi great design dan great service rupanya berhasil membuat Brodo semakin diperhitungkan di kancah fashionIndonesia.
5. Fenny Angela, Owner Aeroculata
Pengusaha asal Surabaya ini adalah sosok pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dari internet. Sejak kecil, Fenny Angela memang mempunyai passion di bidang fashion industry. Hingga akhirnya, di tahun 2011 Fenny belajar tentang jewelry design secara otodidak dan meluncurkan brand Aeroculata.
Saat itu Fenny berpikir bisnis perhiasan masih kalah bersaing bila dibandingkan dengan bisnis penjualan pakaian. Ia menilai hampir sebagian besar mal dan toko online di Indonesia mayoritas berjualan pakaian, dan hanya sedikit yang menjual perhiasan.
Namun, Fenny justru menjadikan kondisi ini sebagai peluang bisnis. Fenny membuka bisnis Aeroculata yang berfokus menyediakan perhiasan handmade custom. Mulai dari kostumisasi tulisan, warna, dan juga ukuran.
Fenny memasarkan produknya melalui online shop, sehingga bisa menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Para pelanggan setia Aeroculata kini tersebar di Surabaya, Jakarta, Tangerang, Bandung, Medan, dll. Bahkan, kini juga mulai merambah pasar internasional hingga ke Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. Hebat ya!
Baca Juga: 5 Wong Ndeso yang Merajai Bisnis Online
Itulah 5 pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dari internet. Ingin sukses seperti mereka? Pastikan Anda memasarkan bisnis di internet mulai sekarang juga! Kita bisa meniru kesuksesan Reza Nurhilman yang memasarkan Maicih dari Twitter, atau dari Dea Valencia yang memasarkan batik kultur di Facebook, Yukka Harlanda yang memasarkan Brodo lewat website-nya, atau menjajal semua platform online seperti yang diterapkan Yasa Singgih dan Fenny Angela.
Yang pasti, untuk menunjang kesuksesan bisnis UKM Anda, gunakan apliaksi kasir InterActive MyProfit. Aplikasi ini bisa membantu Anda manajemen bisnis UKM lebih mudah dan praktis. Mulai dari mencatat transaksi lebih cepat dan praktis, cek stok produk secara online, hingga pelaporan keuangan secara detail untuk analisa bisnis lebih akurat.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.