8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner

by InterActive crew ~ 05 Oktober 2015

Bisnis kuliner memang menjadi primadona saat ini, dimana banyak usaha berkembang dengan sangat pesat. buktinya, tidak sulit menemukan usaha kuliner di manapun anda berada. semua memiliki keberagaman baik harga, rasa dan juga kualitasnya. Namun jangan lupa berbisnis kuliner ini tidaklah gampang. banyak pengusaha kuliner yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mempunyai sebuah rancangan strategi maupun antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di bisnis kuliner mereka.

Bisnis kuliner tidak hanya berbicara tentang menu, koki yang handal dan juga konsep resto namun banyak hal yang harus juga diperhatikan selain hal-hal diatas. Bila anda berminat membuka usaha kuliner, maka anda harus tahu delapan hal yang harus anda lakukan agar bisnis kuliner anda berjalan dengan lancar.

Berikut ulasannya
1. Jeli dalam melakukan riset pasar di awal
Riset pasar dimaksudkan untuk mengetahui reaksi pasar saat anda memperkenalkan atau memulai usaha kuliner ada dan untuk mengetahui reaksi pasar akan usaha kuliner yang anda pilih dan seberapa kuat kompetitor anda dan bagaimana cara mengatasinya.
Jika anda melakukan kesalahan dalam riset pasar karena tidak teliti dan kurang jeli, maka akan menyulitkan anda pada saat menjalankan bisnis kuliner anda nanti karena strategi yang anda persiapkan tidak berjalan dengan baik dan tidak optimal.

2. Buatlah perencanaan atau strategi yang baik
Jika sudah melakukan riset pasar, tahap selanjutnya membuat perencanaan yang baik, detail dan matang. misalnya, jangan pilih jenis kuliner yang pasaran alias sudah banyak dijual di sekitar lokasi usaha kuliner anda.
Jika memang harus membuat jenis makanan serupa maka bedakan konsepnya dan ciptakan keunikan atau ciri khas pada makanan anda.


3. Usahakan mencari tempat usaha yang stategis
Pemilihan lokasi sangat penting untuk membuka bisnis kuliner. terkadang sepinya jumlah pengunjung bukan dikarenakan makanan yang kurang enak namun bisa dikarenakan lokasi yang kurang stategis sehingga tidak banyak orang yang tahu bahwa ada usaha kuliner di tempat tersebut. Pilihlah lokasi yang ramai dikunjungi orang, meski harganya sedikit mahal. misalnya, di mal, sekitar pusat perkantoran, pemukiman, sekolah, perguruan tinggi atau tempat wisata atau tempat-tempat lain yang anda berpikir bisa dikunjungi orang.


4. Promosikan usaha anda
Promosi memegang peranan vital dalam kesuksesan sebuah usaha kuliner, terkadang lokasi usaha yang kurang strategis pun bisa menjadi ramai dan banyak dikunjungi orang bila anda melakukan promosi dengan baik dan benar.jangan mengandalkan promosi mulut ke mulut (worth of mouth) namun gunakan media promosi yang lazim juga digunakan saat ini seperti gunakan media Facebook , Twitter , Instagram, Google + , iklan koran dll. Promosi tidak bisa dilakukan sekali dua kali namun harus continue dan terus menerus dan aktiflah di media sosial.


5. Berikan pelayanan yang baik
Berikan pelayanan yang optimal (service excelent) pelayan optimal bukan berarti mengiba-iba atau mendewakan pelanggan namun pelayanan optimal adalah kita memberikan service yang baik seperti salam , senyum , sapa, pencatatan menu yang baik (tidak salah-salah) , pembuatan menu yang cepat (tidak lama) , tidak ada salah kirim menu, stok yang selalu terkontrol dan update dll. Nah, supaya tak terjadi hal seperti itu, ada baiknya menggunakan software restoran untuk meningkatkan pelayanan agar lebih baik dan sistematis. Jangan lupa traininglah SDM anda agar mempunyai mental dan sikap yang baik dalam melayani pelanggan.


6. Jaga kualitas makanan / minuman dalam bisnis kuliner anda
Kalau bicara bisnis kuliner maka fokusnya adalah pada kualitas makanan/minuman. jika makanan yang anda sajikan kurang enak dan kurang bersih, apalagi jika harganya mahal, kemungkinan pelanggan untuk kembali lagi akan sangat kecil. Karena itu, rasa dan kebersihan makanan harus dijaga, mulai dari pemilihan bahan yang baik dan segar hingga penggolahan dan sampai dihidangkan harus memenuhi standar yang baik dan layak.
Agar lebih diingat, ada baiknya jika menciptakan makanan dengan rasa yang khas, unik, jangan mengikuti yang menjadi tren saat ini. dengan begitu, anda bisa memberikan pilihan makanan yang berbeda dan akan diingat oleh pelangan.

 

7. Buatlah manajemen keuangan yang baik dan disiplin
Setiap bisnis harus memiliki manajemen keuangan yang baik, yakni yang rapi, jelas dan transparan supaya bisnis berjalan dengan sehat. tapi kalau manajemen keuangan anda sudah buruk / berantakan dan tidak transparan maka akan mempengaruhi bisnis yang anda jalani.
Selain itu, anda juga harus bisa menahan diri dari pemborosan untuk pengeluaran yang belum penting. jika anda memiliki hutang ketika membuka bisnis kuliner maka lunasilah sebelum jatuh tempo agar tidak menjadi beban kamu di masa mendatang.
ada baiknya anda mulai mempertimbangkan menggunakan software jika bisnis kuliner anda masih manual untuk mengindari dan mengurangi adanya kesalahan human error dalam membuat rekapitulasi omset dan laporan keuangan.


8. Jagalah hubungan yang baik dengan rekan bisnis dan juga supplier
ketika ingin membuka bisnis, kadang kita membutuhkan rekan agar bisnis dapat lebih maksimal. Tapi jika anda salah memilih rekan bisnis maka bisnismu terancam tak berjalan lancar.bukan itu saja hubungan baik dengan supplier juga harus dijalankan agar pasokan barang maupun jasa dari supplier bisa optimal dan jika beruntung kita bisa mendapatkan term of payment yang lunas dari supplier kita. keuangan makin sehat dan bisnis pun berjalan lancar. Karena itu pilih rekan bisnis  dan supplier yang memiliki hubungan baik, menyenangkan dan bisa saling mendukung dan komunikatif agar bisa bersama-sama membangun bisnis kuliner dengan baik. Jika hubungan baik terjalin maka relasi bisnis akan bertambah dan peluang bisnis baru akan muncul secara otomatis.

Selamat berbisnis kuliner InterActive Holic.

 

 

Info Software Restoran:

Kantor Pusat Surabaya: Jl.Ambengan No.85 Surabaya Telp (031)5355353|pin BB:316EE210
Showroom: HiTech Mall Lt.Dasar Blok C2 No.3-4 Telp (031)5477825/5311577/5468028
HiTech Mall Lt.Dasar Blok C2 No.8-9 Telp (031)5452292

Kantor Cab.Malang: Jl.Bandulan Barat - Ruko Regency One No.1
Telp (0341)561234/561116

 

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

    12 Juli 2019

    Survei dari firma bisnis  Deloitte  terhadap 437 UKM menunjukkan UKM yang memanfaatkan promosi  online  mengha ...

    Selengkapnya
  • Inilah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia

    08 Juli 2019

    Pada tahun 2010,  Forbes  mencatat setidaknya ada 937 orang miliarder yang ada di dunia. Namun hingga tahun 2017, Forbes ...

    Selengkapnya
  • Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan

    28 Juni 2019

    Apa itu  psikologi harga ? Memangnya, apa hubungannya ilmu psikologi dengan penentuan harga? Ternyata ada hubungannya lho! Ba ...

    Selengkapnya