Product IT Software & Hardware

    Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?

    By InterActive crew - 26 Januari 2017
    InterActive Blog
    Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?

    Pernahkah Anda berdiri dalam antrean panjang di sebuah toko atau tempat dengan rentang waktu yang cenderung lama? Apa yang Anda rasakan? Mungkin Anda merasa tidak dihargai oleh pemilik usaha, atau bahkan merasa frustasi karena waktu Anda banyak terbuang?

    Pengalaman seperti ini tentu dapat menyebabkan pelanggan bisa berpindah ke tempat lain yang tidak memerlukan antrean panjang. Jika banyak pelanggan lain melakukan hal yang sama, masa depan bisnis Anda berada dalam ancaman yang serius.

    Sekarang coba Anda bayangkan, apa yang akan terjadi jika Anda memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif dan efektif. Tentu pelanggan akan merasa senang karena kebutuhan mereka terpenuhi. Pelanggan juga cenderung untuk kembali ke toko atau usaha Anda di lain waktu, atau bahkan merekomendasikan hal ini kepada teman-teman mereka.
     
    Alhasil, Anda telah diuntungkan secara langsung. Budget yang Anda habiskan, untuk mewujudkan kepuasan pelanggan yang maksimal tak akan sia-sia, karena hal itu termasuk investasi dalam produk dan layanan baru untuk masa depan dari bisnis Anda.
    Lalu, bagaimana cara membuat pelanggan Anda agar lebih bahagia? Mari kita simak tips berikut ini:

     

    1. Membangun Keunggulan Kompetitif
    John Kay, seorang profesor dari London Business School, menyarankan agar perusahaan atau pemilik bisnis dapat membangun keunggulan kompetitif dengan mengembangkan hubungan pelanggan yang baik. Pelanggan yang baik tidak hanya menghasilkan pendapatan bagi bisnis Anda, tetapi mereka juga akan memberikan informasi berharga tentang kebutuhan yang diingikan pelanggan Anda. Jika bisnis Anda dapat merespon kebutuhan ini, maka bisnis menjadi lebih kuat di masa depan.

     

    2. Memahami Kebutuhan Pelanggan
    Ada banyak strategi untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan Anda. Salah satunya dengan memberikan ruang bagi karyawan Anda untuk memberikan layanan pelanggan yang hebat. Anda juga bisa mengukur kinerja mereka berdasarkan pada kepuasan pelanggan.

    Mengembangkan pola pikir yang berorientasi pada pelanggan, berarti bahwa Anda harus memahami kebutuhan pelanggan dan tentu akan menuntut Anda untuk bekerja keras memenuhinya.

    Selanjutnya, Anda perlu memahami isu-isu yang sedang dihadapi pelanggan. Lakukan apa yang Anda bisa untuk mendukung mereka, misalnya Anda bisa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas umpan balik, keluhan, kritikan maupun saran pelanggan yang positif dan bermanfaat.

    Pastikan bahwa Anda memahami apa yang pelanggan alami ketika mereka berurusan dengan organisasi Anda.

     

    3. Bangun Kepercayaan dengan Pelanggan
    Membangun hubungan baik dengan pelanggan itu sangatlah penting. Anda dapat membangun atas dasar kepercayaan, kejujuran dan transparan. Dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan maka akan ada kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan maupun reputasi dari bisnis Anda.

    Hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lAndasan untuk kesuksesan sebuah bisnis. Untuk membangun hubungan pelanggan yang baik, Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan. Dengan cara ini, Anda akan dapat membangun umpan balik dari mereka secara efektif.

     

    4. Bangun Tim yang Peduli dengan Pelanggan
    Demi terciptanya hubungan pelanggan yang baik, maka Anda perlu membentuk sebuah tim yang solid. Tim ini dibentuk dengan partisipasi dari karyawan Anda. Dengan adanya tim ini, karyawan Anda akan merasa nyaman berinteraksi dengan para pelanggan. Sehingga mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

    Ketika tim Anda berurusan dengan pelanggan yang tidak senang terhadap pelayanan yang diberikan, pelanggan tersebut lebih mungkin untuk menerima permintaan maaf dari tim dan dapat menerima solusi dengan baik jika tim yang Anda buat begitu solid.

     

    5. Manfaatkan Media Sosial dengan Baik
    Terhubung dengan pelanggan tidak hanya secara nyata (offline) tapi juga secara maya (online), yang artinya Anda bisa memanfaatkan platform media sosial (Facebook, Twitter, atau forum chatting online) untuk terus terhubung dengan pelanggan di manapun dan kapanpun. Pastikan juga dalam pemanfaatan media sosial, pelanggan tahu info terkini dari layanan yang Anda berikan, mulai dari diskon, hadiah, dan sebagainya agar pelanggan merasa di hargai.

    Komunikasi yang baik adalah kunci dari hubungan yang baik pula. Karena dengan adanya komunikasi yang baik akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Cara penyampaian pesan kepada pelanggan juga harus to the point tanpa harus banyak basa-basi, terutama ketika mereka memiliki masalah.

    Sekarang, bagaimana dengan Anda? Sudah memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Anda?

     

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp