Product IT Software & Hardware
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Pernahkah Anda berdiri dalam antrean panjang di sebuah toko atau tempat dengan rentang waktu yang cenderung lama? Apa yang Anda rasakan? Mungkin Anda merasa tidak dihargai oleh pemilik usaha, atau bahkan merasa frustasi karena waktu Anda banyak terbuang?
Pengalaman seperti ini tentu dapat menyebabkan pelanggan bisa berpindah ke tempat lain yang tidak memerlukan antrean panjang. Jika banyak pelanggan lain melakukan hal yang sama, masa depan bisnis Anda berada dalam ancaman yang serius.
Sekarang coba Anda bayangkan, apa yang akan terjadi jika Anda memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif dan efektif. Tentu pelanggan akan merasa senang karena kebutuhan mereka terpenuhi. Pelanggan juga cenderung untuk kembali ke toko atau usaha Anda di lain waktu, atau bahkan merekomendasikan hal ini kepada teman-teman mereka.
Alhasil, Anda telah diuntungkan secara langsung. Budget yang Anda habiskan, untuk mewujudkan kepuasan pelanggan yang maksimal tak akan sia-sia, karena hal itu termasuk investasi dalam produk dan layanan baru untuk masa depan dari bisnis Anda.
Lalu, bagaimana cara membuat pelanggan Anda agar lebih bahagia? Mari kita simak tips berikut ini:
1. Membangun Keunggulan Kompetitif
John Kay, seorang profesor dari London Business School, menyarankan agar perusahaan atau pemilik bisnis dapat membangun keunggulan kompetitif dengan mengembangkan hubungan pelanggan yang baik. Pelanggan yang baik tidak hanya menghasilkan pendapatan bagi bisnis Anda, tetapi mereka juga akan memberikan informasi berharga tentang kebutuhan yang diingikan pelanggan Anda. Jika bisnis Anda dapat merespon kebutuhan ini, maka bisnis menjadi lebih kuat di masa depan.
2. Memahami Kebutuhan Pelanggan
Ada banyak strategi untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan Anda. Salah satunya dengan memberikan ruang bagi karyawan Anda untuk memberikan layanan pelanggan yang hebat. Anda juga bisa mengukur kinerja mereka berdasarkan pada kepuasan pelanggan.
Mengembangkan pola pikir yang berorientasi pada pelanggan, berarti bahwa Anda harus memahami kebutuhan pelanggan dan tentu akan menuntut Anda untuk bekerja keras memenuhinya.
Selanjutnya, Anda perlu memahami isu-isu yang sedang dihadapi pelanggan. Lakukan apa yang Anda bisa untuk mendukung mereka, misalnya Anda bisa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas umpan balik, keluhan, kritikan maupun saran pelanggan yang positif dan bermanfaat.
Pastikan bahwa Anda memahami apa yang pelanggan alami ketika mereka berurusan dengan organisasi Anda.
3. Bangun Kepercayaan dengan Pelanggan
Membangun hubungan baik dengan pelanggan itu sangatlah penting. Anda dapat membangun atas dasar kepercayaan, kejujuran dan transparan. Dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan maka akan ada kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan maupun reputasi dari bisnis Anda.
Hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lAndasan untuk kesuksesan sebuah bisnis. Untuk membangun hubungan pelanggan yang baik, Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan. Dengan cara ini, Anda akan dapat membangun umpan balik dari mereka secara efektif.
4. Bangun Tim yang Peduli dengan Pelanggan
Demi terciptanya hubungan pelanggan yang baik, maka Anda perlu membentuk sebuah tim yang solid. Tim ini dibentuk dengan partisipasi dari karyawan Anda. Dengan adanya tim ini, karyawan Anda akan merasa nyaman berinteraksi dengan para pelanggan. Sehingga mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Ketika tim Anda berurusan dengan pelanggan yang tidak senang terhadap pelayanan yang diberikan, pelanggan tersebut lebih mungkin untuk menerima permintaan maaf dari tim dan dapat menerima solusi dengan baik jika tim yang Anda buat begitu solid.
5. Manfaatkan Media Sosial dengan Baik
Terhubung dengan pelanggan tidak hanya secara nyata (offline) tapi juga secara maya (online), yang artinya Anda bisa memanfaatkan platform media sosial (Facebook, Twitter, atau forum chatting online) untuk terus terhubung dengan pelanggan di manapun dan kapanpun. Pastikan juga dalam pemanfaatan media sosial, pelanggan tahu info terkini dari layanan yang Anda berikan, mulai dari diskon, hadiah, dan sebagainya agar pelanggan merasa di hargai.
Komunikasi yang baik adalah kunci dari hubungan yang baik pula. Karena dengan adanya komunikasi yang baik akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Cara penyampaian pesan kepada pelanggan juga harus to the point tanpa harus banyak basa-basi, terutama ketika mereka memiliki masalah.
Sekarang, bagaimana dengan Anda? Sudah memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Anda?
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.