Product IT Software & Hardware

    Cermat Memilih Mini Printer Kasir untuk Usaha Anda

    By InterActive crew - 15 April 2016
    InterActive Blog
    Cermat Memilih Mini Printer Kasir untuk Usaha Anda

    Printer kasir yang berbentuk compact biasa dikenal mini printer merupakan printer kecil yang digunakan pada mesin kasir, cash register, maupun komputer kasir. Jika anda memiliki rencana membuka usaha retail, restoran, cafe, bakery sebaiknya anda mencari referensi jenis printer mana yang cocok dipakai. Untuk saat ini ada 2 teknologi yang diadopsi oleh mini printer ini, yaitu thermal dan dot matrik. Bagi anda yang masih awam jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan diantara keduanya.

    Dot Matrik
    Jenis printer ini harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan thermal, tidak heran jika banyak minimarket yang menggunakannya. Akan tetapi, ada beberapa kelemahan yang tampaknya akan menjadi pertimbangan anda jika memilih printer jenis ini.

    1. Proses cetak struk akan menghasilkan suara yang berisik. Semua printer dot matrik menggunakan teknologi pin head sehingga menimbulkan suara berisik saat melakukan pencetakan.
    2. Kecepatan cetak lebih lambat jika dibandingkan thermal.
    3. Biaya maintenance lebih tinggi. Harga kertas yang murah menjadi salah satu faktor mengapa printer dot matrik masih banyak digunakan. Kualitas kertas yang murah biasanya memiliki karakteristik berserat tinggi, hal ini bisa berakibat merusak pin head printer. Jika salah satu pin pada head printer rusak, maka anda harus mengganti satu modul keseluruhan dan harganya mahal. Itulah sebabnya kenapa biaya perawatan lebih mahal jika terjadi kasus seperti diatas.

    Thermal
    Printer thermal telah menjadi penyedia standar dalam system POS, khususnya dalam bisnis restoran sangat jarang menemukan tempat yang tidak menggunakan printer ini. Bagi kebanyakan printer thermal harganya memang lebih mahal, kertas thermal pun juga jauh lebih mahal dibandingkan printer dot matrik, tapi untuk soal kehandalan pinter thermal jauh lebih unggul. Beberapa kelebihan printer thermal bila dibanding dot matrik.

    1. Printer thermal mempunyai tingkat kecepatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan printer dot matrik. Perbandingannya printer dot matrik akan mencetak sekitar 3 baris per detik tetapi untuk printer thermal dapat menghasilkan 20 baris perdetik.
    2. Printer thermal menghasilkan gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan printer dot matrik. Dot matrik menghasilkan cetakan berdasarkan pertemuan antara pita ribbon dengan 8 kabel kecil yang sejajar di kepala dot. Kepala dot berjalan horizontal melalui pita ribbon dan dot tersebut berfungsi seperti martil yang menghentakan pita ribbon ke atas kertas. Jika diperhatikan lebih teliti maka akan terlihat kepala dot yang kecil dan berfungsi untuk mengasilkan cetakan huruf diatas kertas.
    3. Untuk membandingkan biaya perawatan antara printer thermal dengan printer dot matrik termasuk biaya perbaikan memang harga kertas printer thermal lebih mahal dibandingkan dengan dot matrik tetapi untuk penggantian pita ribbon untuk printer dot matrik jauh lebih mahal ketimbang membeli kertas thermal. Ketika biaya perbaikan dan biaya perawatan bekala printer dot matrik ditambahkan maka akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan printer thermal.

    Jika anda sudah mengetahui perbedaan teknologi antara dot matrik dan thermal, maka keputusan akhir ada di pihak anda. Pilihlah printer kasir yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan sesuaikan dengan jenis usaha anda.

     

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp