Kali ini kami akan membahas tanda-tanda usaha bangkrut dan mengalami kerugian. Agar kita dapat mendiagnosis seberapa rentan usaha kita mengalami kebangkrutan.
Sehingga, kita pun bisa meminimalisir kebangkrutan tersebut dan melakukan upaya sedini mungkin agar usaha yang kita jalankan tidak sampai bangkrut apalagi gulung tikar.
Sambil membaca artikel berikut, coba analisis apakah tanda-tanda usaha bangkrut berikut ini sedang menimpa usaha Anda atau tidak.
1. Anda Sering Meragukan Bisnis Anda Sendiri
Salah satu tanda usaha bangkrut yang pertama adalah saat Anda sering meragukan bisnis Anda sendiri. Anda menjadi sering pesimis, tidak percaya dengan masa depan bisnis Anda, dan tidak ada semangat lagi untuk mengembangkannya lebih besar lagi.
Waspadalah jika saat ini Anda sering meragukan bisnis Anda! Sebab, perasaan rendah diri terhadap bisnis yang Anda bangun akan menimbulkan rasa frustasi, malas, dan tidak semangat lagi untuk memajukan usaha Anda.
Akibatnya, usaha Anda tidak mengalami kemajuan signifikan, dan hasilnya standar-standar saja. Lama-kelamaan, bukan hal tidak mungkin jika usaha tersebut mengalami kerugian dan kebangkrutan.
Jika saat ini Anda mulai meragukan bisnis Anda sendiri, coba alihkan fokus Anda. Pesimis sekilas boleh saja. Tapi jangan sampai berlarut-larut dalam rasa pesimis dan kehilangan semangat.
Alihkan fokus Anda! Jangan sampai tenggelam dalam ketakutan dan rasa pesimis yang menggumpal. Mulai sekarang, tata mindset untuk lebih optimis dan mulai bangun strategi baru untuk mengembangkan bisnis Anda.
2. Banyak Karyawan yang Mengundurkan Diri
Tanda usaha bangkrut yang kedua adalah banyaknya pekerja yang mengundurkan diri dari usaha Anda.
Apakah dalam waktu belakangan ini banyak karyawan Anda yang mengundurkan diri? Apakah satu per satu karyawan Anda menunjukkan perilaku tidak semangat bekerja dan akhirnya satu per satu pula mereka mengundurkan diri dari pekerjaannya?
Waspadalah! Itu artinya bisnis Anda mengalami turnover. Apabila tingkat turnoverkaryawan Anda bertambah drastis, itu tandanya bisnis Anda mulai merugi.
Jika sekarang masalah ini menimpa Anda, segera lakukan rapat internal dengan karyawan Anda. Coba gali pendapat dan masukan dari setiap karyawan, dan pertimbangkan baik-baik masukan yang mereka sampaikan.
Jangan sampai Anda terlalu mengekang pekerja dengan berbagai aturan, sampai-sampai lupa bahwa mereka mulai menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman bekerja.
Ingat: karyawan adalah salah satu aset penting dalam usaha Anda. Jika Anda berkali-kali mengalami pergantian pekerja, tentu akan berimbas buruk terhadap performa usaha Anda.
Baca Juga: 10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
3. Arus Kas Tidak Stabil
Arus kas (cashflow) merupakan salah satu indikator kesehatan finansial suatu bisnis. Laporan laba-rugi mungkin menunjukkan bahwa bisnis Anda baik-baik saja. Namun, jika Anda kesulitan membayar tagihan tepat waktu atau Anda terlalu banyak memiliki inventaris yang tidak terpakai, itu tandanya arus kas Anda kurang stabil.
Arus kas yang tidak stabil ini juga menjadi salah satu tanda usaha bangkrut dan mengalami kerugian. Untuk itu, mulai sekarang Anda harus mempertimbangkan pengelolaan arus kas secara efektif, agar Anda terhindar dari kebocoran dana atau masalah finansial lainnya.
Saatnya Anda miliki laporan arus kas yang rapi, agar Anda bisa memantau keuangan usaha Anda secara lebih efektif. Akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi/ software akuntansi praktis yang bisa membantu Anda membuat laporan arus kas secara otomatis.
Kalau bisa Anda juga memilih software berbasis Cloud System, sehingga Anda bisa mengakses laporan keuangan usaha Anda secara online, kapan pun dan dimana pun.
Mengenai hal ini, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan software akuntansi InterActive MyAccounting. Software ini bisa membantu Anda mengelola keuangan secara detail, lengkap, dan tentunya dapat diakses secara online. Untuk mempelajari software InterActive MyAccounting lebih lanjut, silakan klik disini
4. Tidak Berkomunikasi dengan Pelanggan Lebih dari Sebulan
Poin keempat yang menjadi tanda usaha bangkrut dan mengalami kerugian adalah buruknya komunikasi Anda dengan pelanggan.
Dalam sebulan, berapa kali Anda biasanya berkomunikasi dengan pelanggan? 1-2 kali? Atau justru, tidak pernah sama sekali?
Wah, jangan sampai dalam sebulan Anda tidak berkomunikasi sekali pun dengan pelanggan Anda ya! Komunikasi yang tidak dilakukan rutin akan menciptakan kecanggungan. Bahkan, bisa-bisa pelanggan Anda lupa dengan Anda. Sehingga kesempatan repeat order pun hilang.
Pastikan Anda melakukan komunikasi secara rutin dengan semua pelanggan Anda. Ingat: komunikasi dengan pelanggan itu sangatlah penting. Tidak hanya untuk mendapatkan feedback dari mereka, tapi juga untuk menjaga loyalitas dan meningkatkan eksistensi bisnis Anda.
Jika Anda cenderung cuek dan bahkan tidak berkomunikasi selama lebih dari sebulan, bisa-bisa pelanggan akan melupakan produk/ jasa Anda. Mereka akan berpikir bahwa bisnis Anda sudah tidak ada lagi. Nah, Anda sendiri kan yang rugi?
Untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan, Anda tidak harus bertemu atau menelponnya setiap hari. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk memposting konten positif disana. Dengan begitu, pelanggan setia Anda bisa mengetahui perkembangan bisnis Anda secara berkala.
Baca Juga: 10 Cara PDKT Ampuh untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda secara Online
Nah, sekarang Anda sudah paham kan apa saja tanda-tanda suatu usaha mengalami kerugian? Semoga usaha Anda terhindar dari tanda-tanda kerugian di atas.
Tapi, jika sebagian besar tanda kerugian di atas Anda alami, ada 2 pilihan yang bisa Anda lakukan: tetap bertahan atau ganti bisnis baru! Jika memang masih ingin mempertahankan bisnis, susunlah strategi-strategi baru untuk mengembangakn usaha Anda. Namun, jika Anda sudah sangat pesimis, mungkin Anda bisa memikirkan bidang usaha lain yang lebih potensial.
Sumber: Intermezzo
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Tidak di pungkiri bahwa dengan kondisi yang terjadi seperti saat ini telah merubah banyak hal dalam kehidupan kita. Banyak kebiasa ...
SelengkapnyaBagaimana cara melayani delivery order secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...
SelengkapnyaLangkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...
Selengkapnya