Product IT Software & Hardware
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Apa e–wallet favorit orang Indonesia? Apakah Gopay, OVO, LinkAja, Dana, atau ada yang lainnya? Simak pembahasannya di artikel berikut.
Saat ini penggunaan layanan mobile payment semakin populer, terutama pembayaran melalui dompet digital (e-wallet). Di tahun 2016 saja, Bank Indonesia (BI) mencatat ada Rp 7,06 triliun transaksi elektronik dari e-wallet. Jumlah transaksi tersebut semakin meningkat di tahun 2018, dimana transaksi menggunakan e-wallet mencapai Rp 21,57 triliun.
Wow, banyak sekali bukan? Bahkan, angka ini diprediksi terus meningkat dari tahun ke tahun. Sekarang saja Indonesia memiliki 38 aplikasi e-wallet yang telah mendapat lisensi resmi. Masing-masing e-wallet tersebut berlomba-lomba menawarkan produk dan layanan menarik untuk memikat pelanggan sebanyak-banyaknya.
Baca Juga: Cashless Society Membawa Untung atau Rugi?
Sebagai pengguna, kita sering dilema saat dihadapkan untuk memilih dan menggunakan produk e-wallet yang mana. Masing-masing e-wallet punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, bagaimana jika sebagai pengusaha kita ingin mendaftar sebagai merchant berbagai e-wallet tersebut? Merk e-wallet manakah yang perlu kita prioritaskan?
Setidaknya terdapat 3 faktor yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mendaftar salah satu merchant e-wallet.
1. Pilih E-Wallet Favorit yang Paling Banyak Digunakan
Faktor pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mendaftar merchant e-wallet adalah jumlah pengguna. Pastikan Anda mendaftar merchant e-wallet yang memang banyak digunakan oleh pelanggan Anda. Hal ini penting, daripada Anda mendaftar banyak merchant tapi tidak ada satu pelanggan pun yang bertransaksi dengan e-wallet tersebut. Tentu sia-sia, apalagi jika Anda harus melakukan serangkaian pendaftaran merchant yang cukup menguras waktu dan tenaga.
Untuk mengetahui apakah merk e-wallet favorit yang paling banyak digunakan pelanggan, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan yaitu bertanya satu per satu. Tanyakan kepada pelanggan setia toko Anda, biasanya mereka lebih tertarik bertransaksi secara cashless menggunakan merk e-wallet yang mana. Setelah itu, rekap data tersebut dan analisislah merk e-wallet mana yang sebaiknya Anda prioritaskan untuk Anda daftar sebagai merchant.
Selain bertanya secara langsung kepada pelanggan, Anda bisa mengetahui e-wallet favorit orang Indonesia dari berbagai survei yang ada. Dalam hal ini, Anda perlu update dalam mencari informasinya, karena dari waktu ke waktu data tersebut mengalami perubahan.
Data terbaru tentang e-wallet favorit orang Indonesia dikeluarkan oleh hasil riset DailySocial yang bertajuk Fintech Report tahun 2019. Hasil riset tersebut menemukan, 4 brand e-wallet favorit yang paling banyak digunakan orang Indonesia, yaitu: Gopay, OVO, Dana, dan LinkAja.
Dari 4 e-wallet tersebut, ternyata Gopay menjadi pilihan pertama orang Indoneia. Dari toral 651 responden yang disurvei, 83,3% diantaranya menggunakan e-wallet milik Gojek tersebut. Selanjutnya, OVO menduduki peringkat kedua dengan presentase 81, 4%. Dana berada di posisi ketiga dengan presentase 68,2% dan LinkAja dengan presentase 53%.
Ternyata, Gopay masih menjadi primadona e-wallet favorit yang paling banyak digunakan orang Indonesia. Dari sini, Anda bisa mengambil keputusan, jika Anda ingin mendaftar merchant e-wallet, maka Gopay adalah salah satu e-wallet yang perlu Anda prioritaskan.
Namun, kami tetap merekomendasikan untuk mendaftar keempat e-wallet favorit tersebut. Karena masing-masing pelanggan tentu memiliki pilihan e-wallet favorit yang berbeda-beda. Bahkan, satu orang bisa menggunakan e-wallet yang berbeda-beda dalam setiap transaksi (karena ingin mendapat promo yang sedang ditawarkan). Sehingga pilihan paling bijak bagi Anda adalah: Daftarkan toko Anda sebagai merchant berbagai e-wallet yang ada.
Untuk saat ini, prioritaskan 4 e-wallet favorit tersebut. Agar Anda tidak mengecewakan pelanggan yang ingin bertransaksi menggunakan e-wallet favoritnya. Bagaimana pun, Anda beresiko kehilangan pelanggan hanya karena tidak menyediakan opsi pembayaran yang mereka inginkan. Jadi, jangan sampai Anda mengalami hal ini.
Baca Juga: 10 Cara PDKT Ampuh dengan Pelanggan Secara Online
2. Kerjasama Merchant yang Menguntungkan
Faktor kedua yang perlu Anda pertimbangkan dalam mendaftar merchant ke salah satu merk e-wallet yaitu pertimbangkan bentuk-bentuk kerjasama yang ditawarkan. Mulai dari syarat pendaftaran, mekanisme kerjasama, hingga sistem reward dan berbagai promo yang ditawarkan. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mempelajarinya ke masing-masing website e-wallet bersangkutan dan mencari tahu bagaimana pengalaman merchant yang sudah bekerjasama.
Sebagai bagian dari poin kedua ini, pertimbangkan juga biaya admin/ MDR yang dibebankan e-wallet bersangkutan jika Anda ingin mendaftarkan toko Anda sebagai merchant. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui di awal, mengingat potongan-potongan yang ditetapkan masing-masing e-wallet berbeda-beda. Jangan sampai Anda tidak tahu menahu mengenai hal ini, sampai akhirnya Anda terlanjur kecewa lantaran biaya MDR yang ditetapkan terlalu besar bagi Anda.
Sampai di sini, kita bisa memahami bahwa memilih e-wallet favorit saja tidak cukup. Sebagai calon merchant, Anda juga harus mempertimbangkan bentuk-bentuk kerjasama yang dibebankan kepada Anda dan bagaimana track record e-wallet tersebut dalam memperlakukan mitranya.
3. Proses Pendaftaran yang Cepat dan Mudah
Faktor ketiga yang perlu Anda pertimbangkan berikutnya adalah fleksibilitas sistem pendaftaran yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih e-wallet yang menawarkan cara pendaftaran secara cepat dan mudah. Sehingga tidak terlalu menyita waktu dan tenaga Anda. Sebaiknya, pertimbangkan e-wallet yang menawarkan sistem pendaftaran online, sehingga Anda cukup mendaftar melalui smartphone Anda.
Jika Anda memutuskan untuk mendaftar ke beberapa merk e-wallet, Anda harus siap untuk kehilangan banyak waktu. Karena masing-masing e-wallet menerapkan waktu moderasi yang berbeda-beda. Belum lagi jika berkas-berkas yang Anda unggah ditolak, sehingga Anda perlu melakukannya beberapa kali sampai berhasil.
Baca Juga: 5 Keuntungan Mendaftar Merchant E-Wallet
Solusinya, Saatnya Beralih ke QRIS
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran digital menggunakan metode QR Code yang diluncurkan oleh BI di awal tahun 2020. Sistem ini dijadikan standar pembayaran digital nasional yang direkomendasikan untuk seluruh pemilik usaha/ merchant yang melayani pembayaran digital.
Dengan menggunakan QRIS, Anda cukup mendaftar 1x untuk menjadi merchant berbagai brand e-wallet. Bahkan, Anda hanya perlu menyediakan 1 QR Code yang bisa menerima pembayaran dari berbagai jenis aplikasi pembayaran. Sehingga, Anda tidak perlu pajang banyak QR Code di toko Anda, karena hanya dengan 1 QRIS Anda bisa menerima pembayaran digital dari berbagai e-wallet.
Tertarik mendaftar QRIS? Daftar InterActive QRIS saja. Anda cukup mendaftar 1x dan bisa langsung menerima pembayaran dari berbagai e-wallet, seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay. Bahkan, Anda cukup menyediakan 1 QR Code untuk menerima berbagai aplikasi pembayaran tersebut. Lebih praktis kan? Makanya, langsung daftar InterActive QRIS di sini.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.