Product IT Software & Hardware

    Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia

    By InterActive crew - 10 April 2019
    InterActive Blog
    Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia

    Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia – Bisnis kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat dari banyaknya gerai makanan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dari tahun ke tahun.

    Bahkan, menurut Sudrajat, Wakil Ketua Umum Bidang Restoran dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia menyebutkan, pertumbuhan bisnis restoran siap saji naik hingga 10-15% di tahun ini.

    Hal ini merupakan kabar bagus, karena dengan semakin banyaknya bisnis berdiri, maka pertumbuhan ekonomi pun semakin membaik.

    Namun, hal ini juga menunjukkan persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. Para pelaku usaha kuliner harus pintar-pintar dalam memenangkan hati pelanggan, sehingga usaha kuliner mereka menjadi yang terfavorit diantara yang lain.

    Terutama bagi Anda yang baru berencana membuka usaha kuliner, Anda harus memikirkan konsep usaha secara matang agar mampu merebut perhatian pelanggan.

    Nah, kali ini Intermezzo akan akan membahas 7 langkah mudah membuka bisnis restoran berkelas dunia yang bisa Anda praktekkan sekarang juga!

     

    1. Menentukan Target Pasar

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuka bisnis restoran adalah menentukan target pasar. Target pasar yang berbeda akan menentukan perlakuan yang berbeda pula. Baik dari segi konsep makanan, interior restoran, hingga strategi pemasaran yang akan digunakan.

    Salah satu indikator untuk menentukan bagaimana karakter target pasar Anda adalah usia mereka. Berikut adalah 4 jenis generasi yang perlu Anda bedakan dalam menentukan target pasar.

    a. Baby Boomer

    Generasi ini lahir antara tahun 1946-1964. Dikenal sebagai generasi adaptif dan pintar menyesuaikan diri. Generasi ini adalah para profesional kaya yang mampu mengunjungi restoran kelas atas dan menghabiskan uang dengan bebas. Mereka menjadi target restoran yang menawarkan suasana yang nyaman untuk keluarga dan mementingkan pengalaman bersantap formal.

    b. Generasi X

    Generasi X adalah label yang disematkan untuk mereka yang lahir antara tahun 1965-1980. Kelompok ini dikenal karena nilai-nilai keluarga yang kuat. Mereka khawatir akan ‘nilai’ atau kualitas, namun mereka mendukung adanya layanan cepat saji hingga layanan skala menengah berkonsep all you can eat.

    c. Generasi Y

    Generasi Y atau sering disebut sebagai generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1995. Mereka adalah target utama dari bisnis restoran saat ini. Mereka lebih tertarik pergi ke tempat makanan cepat saji dan layanan cepat lainnya.

    d. Generasi Z

    Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet yang lahir dalam rentang tahun 1996-2010. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu atau multitasking seperti update status menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan earphone. Sehingga, dalam memilih restoran, generasi Z lebih menyukai restoran yang dilengkapi layanan internet terbaik.


    2. Ragam Layanan Restoran

    Setelah menentukan target pasar, langkah kedua membuka bisnis restoran berkelas dunia yang perlu Anda lakukan adalah menentukan konsep layanan restoran. Yang pertama, tentukan apakah restoran Anda merupakan layanan cepat saji, restoran kasual (kekinian), restoran keluarga, restoran etnis tertentu, dll.

    Dalam memilih konsep layanan restoran ini, Anda juga menentukan berdasarkan jenis makanan yang akan Anda sajikan di restoran Anda. Apakah Anda akan menyajikan makanan tradisional, makanan Barat, atau lebih spesifik dengan menyajikan hidangan dessert  seperti pizza, aneka kue dan pastry, atau berbagai varian kopi.

     

    3. Membuat Rencana Bisnis 

    Langkah mudah membuka bisnis restoran selanjutnya adalah membuat rencana bisnis secara matang. Buatlah rencana bisnis Anda dengan memetakan segala sesuatunya secara matang sebelum eksekusi lebih lanjut.

    Untuk memudahkan Anda dalam memetakan rencana bisnis, buatlah semacam dokumenbusiness plan yang mendeskripsikan masing-masing elemen bisnis berikut ini:

    • Bagaimana konsep restoran Anda?
    • Siapa target pasar Anda?
    • Apa saja menu makanan yang Anda jual? Dan berapa harganya
    • Informasi keuangan secara rinci, meliputi: data modal awal, sumber pendapatan serta beban prakiraan jangka panjang Anda
    • Rencana pemasaran yang akan Anda jalankan
    • Sistem perekrutan karyawan, program pelatihan dan retensi, serta
    • Menyiapkan rencana cadangan dalam strategi Anda

     

     

    4. Memilih Lokasi dengan Tepat

    Jika berbagai rancangan bisnis di atas telah Anda siapkan, langkah membuka bisnis restoran selanjutnya adalah memilih lokasi restoran yang tepat. Tentu, Anda menginginkan lokasi restoran yang strategis dan dekat dengan target pasar Anda.

    Namun, dalam memilih lokasi restoran, Anda juga harus menyesuaikannya dengan besarnya anggaran yang Anda miliki untuk berinvestasi.

    Faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah: volume penjualan, aksesibilitas untuk pelanggan potensial, kapasitas sewa dari lokasi bisnis Anda, kepadatan lalu lintas, fasilitas parkir pelanggan, kedekatan dengan bisnis lain, serta bagaimana persyaratan sewa lokasi tersebut.

     

    5. Membuat Menu

    Poin kelima yang perlu Anda perhatikan dalam membuka bisnis restoran berkelas dunia adalah menu makanan yang akan Anda sajikan kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan jenis makanan apa saja yang akan Anda sajikan, tapi juga bagaimana buku menu yang akan Anda tampilkan kepada pelanggan.

    Pastikan Anda memilih menu makanan yang sesuai dengan konsep restoran Anda. Tentukan apa menu andalan Anda, dan tambahkan juga menu pendukung yang bisa dipesan pelanggan.

    Saat menampilkannya dalam bentuk buku menu, pastikan Anda membuat desain buku menu yang simple dan mudah dibaca oleh pelanggan. Sebagai nilai tambah, Anda bisa mengklasifikasikan manakah menu makanan yang cocok untuk diet, item rendah lemak, dll.

    Yang pasti, jangan sampai pelanggan kesulitan dalam mencari menu makanan yang ingin mereka pesan. Sehingga mereka memiliki kesan yang kurang bagus tentang pelayanan di restoran Anda.  

     

    6. Merekrut Karyawan

    Langkah keenam dalam membuka bisnis restoran adalah menyiapkan SDM yang akan bekerja di restoran Anda. Untuk itu, Anda harus memikirkan bagaiamana cara merekrut karyawan untuk restoran Anda.

    Pastikan Anda merekrut karyawan berpengalaman dengan kualitas terbaik, sehingga bisa membantu Anda memberikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan.

    Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan dalam merekrut karyawan untuk restoran Anda:

    • Lakukan perekrutan secara transparan dengan menyebarkan informasi lowongan kerja di berbagai media
    • Buat deskripsi pekerjaan secara rinci agar mudah dipahami oleh kandidat yang akan melamar
    • Tentukan jam kerja dan besarnya upah secara bijaksana
    • Berikan pelatihan untuk semua karyawan. Mulai dari awal mereka masuk bekerja hingga  seterusnya secara berkelanjutan

     

    7. Pemasaran dan Promosi

    Langkah membuka bisnis restoran yang ketujuh adalah, siapkan rencana pemasaran Anda secara matang.

    Dalam menyusun metode pemasaran, ingatlah bahwa penelitian yang dilakukan oleh National Restaurant Association mengungkapkan bahwa pemasaran dari mulut ke mulut masih merupakan metode terbaik dalam suatu bisnis. Jadi, pastikan Anda melakukan cara promosi tersebut dengan baik.

    Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda, sehingga mereka akan sukarela mempromosikan restoran Anda kepada teman dan keluarganya.

    Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai promo menarik, seperti: memberikan voucher makan gratis untuk 2 orang, kopi gratis untuk 10 orang pengunjung pertama, dll.

    Nah, demikian 7 langkah strategis yang perlu Anda siapkan untuk membuka bisnis restoran berkelas dunia. Untuk mendukung kesuksesan bisnis restoran Anda, lengkapi restoran Anda dengan alat kasir/ sistem Point of Sales (POS) terbaik yang bisa membantu Anda mengelola penjualan LEBIH mudah dan praktis. Klik disini untuk mendapatkan rekomendasi software POS terbaik untuk restoran Anda!

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp