Product IT Software & Hardware

    Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan

    By InterActive crew - 26 Juni 2019
    InterActive Blog
    Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan

    Membuat program diskon adalah salah satu langkah promosi terbaik untuk meningkatkan penjualan toko kita. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, bahwa program diskon memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam meningkatkan penjualan. Hal ini pula yang diungkapkan oleh Voucher Cloud, bahwa sekitar 57% konsumen lebih memilih untuk membeli suatu produk saat ada diskon.

    Tak heran, para pengusaha berlomba-lomba membuat program diskon besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen. Kalau Anda sendiri bagaimana? Apakah sudah membuat program diskon di toko Anda? Atau, jangan-jangan Anda telah mencoba berbagai jenis diskon, tapi untungnya tak seberapa?

    Wah, kalau sampai kejadian seperti itu, jangan langsung menyerah ya! Jangan-jangan Anda belum menerapkan strategi yang tepat dalam membuat program diskon. Makanya, program diskon yang Anda buat kurang menarik perhatian.

    Nah, supaya Anda tidak gagal lagi, coba lakukan langkah-langkah berikut sebelum membuat program diskon untuk toko Anda.

     

    1. Buatlah Konsep Diskon yang Unik

    Langkah pertama dalam membuat program diskon yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah merancang konsep diskon yang unik. Cobalah membuat konsep diskon yang belum pernah dilakukan brand lain, atau minimal jarang digunakan.

    Salah satu contoh konsep diskon yang unik yaitu dengan memberikan diskon khusus pelanggan dengan nama-nama tertentu. Nah, Anda bisa memilih nama orang-orang yang sedang viral, sehingga orang lebih tertarik untuk mengikuti program diskon yang Anda buat.

    Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan secara Signifikan

     

    2. Coba Terapkan Impulse Buying

    Impulse buying adalah strategi menawarkan promo produk tanpa rencana di awal. Artinya, produk yang didiskon dijual secara tak terduga-duga dan ditawarkan secara langsung kepada pelanggan. Teknik ini sering digunakan oleh beberapa ritel yang ingin menghabiskan stok produk lama. Biasanya, tanpa rencana panjang terlebih dahulu, mereka langsung memajang beberapa produk yang didiskon.

    Jika Anda ingin menerapkan teknik impulse buying, Anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa teknik berikut:

    a. Cross Selling, yaitu menawarkan produk yang berbeda dari yang telah dibeli konsumen

    b. Up Selling, yaitu menawarkan produk yang sama, tetapi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan kompensasi tambahan manfaat bagi konsumen

    c. Bundling, yaitu menawarkan dua atau lebih produk sekaligus, di mana harga jualnya akan lebih rendah dibanding dengan total harga masing-masing item semua produk yang di-bundling tersebut

     

    3. Gunakan Psikologi Harga dalam Menetapkan Diskon

    membuat program diskon

    Dalam menentukan harga jual produk yang didiskon juga jangan asal-asalan. Ini adalah salah satu strategi membuat program diskon yang terbukti meningkatkan penjualan, tapi jarang dilakukan oleh pengusaha.

    Dalam menentukan harga jual, sebaiknya Anda memperhatikan faktor psikologiskonsumen yang lebih tertarik membeli barang dengan harga yang lebih murah. Meskipun hanya selisih 100 rupiah, konsumen akan lebih memilih harga yang lebih murah.

    Maka, tak heran banyak kita jumpai harga jual seperti 2.990, 59.900, 99.000. dst. Hampir semuanya tidak membulatkan harga jual produknya. Kenapa? Disinilah faktor psikologis bekerja. Ketika konsumen dihadapkan pada pilihan harga 99.000 dan 100.000 rupiah, mereka pasti lebih tertarik dengan harga 99.900. Dalam benak mereka, harga 99.000 lebih murah (karena tidak sampai 100.000). Padahal, selisihnya hanya 100 rupiah saja.

    Jadi, pastikan Anda menerapkan psikologi harga yang tepat dalam menentukan harga jual produk Anda. Sehingga, konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

     

    4. Tambahkan Promo Gratis Ongkir/ Free Gift

    Setiap orang pasti suka mendapatkan yang gratis-gratis. Mulai dari gratis ongkos kirim(ongkir), hingga gratis hadiah/ bingkisan menarik. Nah, ini bisa Anda jadikan alternatif untuk membuat program diskon yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.

    Selain memberikan potongan harga, coba tawarkan promo gratis ongkir/ free gift menarik untuk konsumen yang melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Cara ini pasti bisa menjadi langkah jitu dalam meningkatkan ketertarikan konsumen untuk memborong produk Anda.

     

    5. Tetapkan Minimal Pembelian

    Dengan menetapkan minimal pembelian tertentu, Anda bisa menjual lebih banyak produk, dan tentunya omzet yang Anda dapatkan akan lebih banyak. Jadikan penetapan minimal pembelian ini sebagai syarat yang harus dipenuhi pelanggan jika ingin mendapatkan harga diskon. Misalnya, beli 2 gratis 1, atau beli 3 dapat diskon 50%, dst. Dengan cara ini, pelanggan akan memilih untuk membeli lebih banyak produk. Karena diskon hanya bisa didapat jika mencapai minimum pembelian yang sudah ditentukan.

    Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Produk? Jaga Pelanggan dengan Cara Ini

     

    6. Jangan Menerapkan Aturan yang Terlalu Rumit

    Strategi membuat program diskon yang keenam, pastikan Anda membuat aturan penukaran diskon yang cenderung memudahkan. Jangan terlalu banyak aturan, apalagi aturan tersebut sangatlah rumit dan sulit untuk dilakukan. Misalnya, menerapkan minimum pembelian hingga 100 pcs, atau penukaran diskon hanya bisa dilakukan oleh pelanggan yang sudah penah melakukan 10x transaksi, dst.

    Ingat: tujuan membuat program diskon adalah untuk meningkatkan penjualan produk Anda secara signifikan. Jika Anda menetapkan terlalu banyak aturan yang rumit, tentu pelanggan akan kesulitan untuk memenuhi syarat tsb. Ujung-ujungnya, hanya sedikit orang yang mengikuti program diskon di toko Anda.

     

    7. Buatlah Video/ Desain Grafis yang Menarik

    Untuk mempromosikan informasi diskon yang Anda buat, akan lebih baik jika Anda membuat konten/ media promosi yang menarik. Media tsb bisa berupa desain grafis/ video singkat yang bisa disebarkan ke berbagai media sosial. Anda juga bisa mencetak desain grafis yang telah Anda buat menjadi poster, banner, x-banner, dll, lalu memajangnya di toko Anda. Dengan begitu, perhatian konsumen akan langsung tertuju pada informasi promo tsb.

     

    8. Promosi ke Berbagai Media

    Langkah membuat program diskon yang tak kalah penting adalah melakukan promosi. Jika program diskon telah disepakati, berarti saatnya promosi. Gunakan berbagai saluran promosi yang tepat untuk menyebarluaskan program diskon di toko Anda. Sehingga, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, baik yang sudah menjadi pelanggan tetap, atau bahkan yang belum pernah membeli satu produk pun dari toko Anda. Sebagai permulaan, coba gunakan media promosi gratis di berbagai media sosial yang Anda miliki, dan minta teman-teman Anda untuk membantu menyebarluaskannya.

     

    9. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Syarat Penukaran Diskon

    Langkah kesembilan dalam membuat program diskon ini juga memiliki banyak kelebihan lho! Selain bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk ikut serta dalam program diskon yang Anda buat, cara ini juga bisa lebih meramaikan media sosial Anda.

    Coba terapkan syarat penukaran diskon dengan mensyaratkan pelanggan untuk me-repost info promo ke akun media sosialnya sekaligus menandai akun bisnis Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mengetahui media sosial bisnis Anda. Jika program diskon yang Anda buat menarik, pasti akan lebih banyak orang yang mengikutinya.

     

    10. Tentukan Durasi Penukaran Diskon

    Untuk menambah urgensi, sehingga konsumen segera membeli produk Anda, maka Anda pelu menerapkan durasi penukaran diskon. Jangan terlalu lama, tapi jangan terlalu pendek. Namun, penentuan durasi ini juga bergantung pada jenis promo diskon yang Anda buat. Misalnya, Anda pemilik bakery yang memberikan diskon buy 1 get 1 free pada saat 30 menit terkahir sebelum toko tutup, maka itu sah-sah saja. Durasinya pendek, namun Anda rutin mengadakan promo tsb setiap hari.

    Dengan mencantumkan batas waktu seperti ini, pelanggan akan merasa takut jika sampai kehilangan kesempatan untuk mendapat harga yang lebih murah. Sehingga, mereka tidak akan melewatkan kesempatan tsb, dan segera membeli produk yang sedang didiskon.

    Baca Juga: Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Mengalami Kebangkrutan

    Demikian strategi membuat program diskon untuk meningkatkan penjualan toko Anda. Selama mencobanya!

    membuat program diskon

    Oh ya, untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfit telah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru. Download/ Update aplikasi InterActive MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp