Product IT Software & Hardware
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Membuat program diskon adalah salah satu langkah promosi terbaik untuk meningkatkan penjualan toko kita. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, bahwa program diskon memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam meningkatkan penjualan. Hal ini pula yang diungkapkan oleh Voucher Cloud, bahwa sekitar 57% konsumen lebih memilih untuk membeli suatu produk saat ada diskon.
Tak heran, para pengusaha berlomba-lomba membuat program diskon besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen. Kalau Anda sendiri bagaimana? Apakah sudah membuat program diskon di toko Anda? Atau, jangan-jangan Anda telah mencoba berbagai jenis diskon, tapi untungnya tak seberapa?
Wah, kalau sampai kejadian seperti itu, jangan langsung menyerah ya! Jangan-jangan Anda belum menerapkan strategi yang tepat dalam membuat program diskon. Makanya, program diskon yang Anda buat kurang menarik perhatian.
Nah, supaya Anda tidak gagal lagi, coba lakukan langkah-langkah berikut sebelum membuat program diskon untuk toko Anda.
1. Buatlah Konsep Diskon yang Unik
Langkah pertama dalam membuat program diskon yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah merancang konsep diskon yang unik. Cobalah membuat konsep diskon yang belum pernah dilakukan brand lain, atau minimal jarang digunakan.
Salah satu contoh konsep diskon yang unik yaitu dengan memberikan diskon khusus pelanggan dengan nama-nama tertentu. Nah, Anda bisa memilih nama orang-orang yang sedang viral, sehingga orang lebih tertarik untuk mengikuti program diskon yang Anda buat.
Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan secara Signifikan
2. Coba Terapkan Impulse Buying
Impulse buying adalah strategi menawarkan promo produk tanpa rencana di awal. Artinya, produk yang didiskon dijual secara tak terduga-duga dan ditawarkan secara langsung kepada pelanggan. Teknik ini sering digunakan oleh beberapa ritel yang ingin menghabiskan stok produk lama. Biasanya, tanpa rencana panjang terlebih dahulu, mereka langsung memajang beberapa produk yang didiskon.
Jika Anda ingin menerapkan teknik impulse buying, Anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa teknik berikut:
a. Cross Selling, yaitu menawarkan produk yang berbeda dari yang telah dibeli konsumen
b. Up Selling, yaitu menawarkan produk yang sama, tetapi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan kompensasi tambahan manfaat bagi konsumen
c. Bundling, yaitu menawarkan dua atau lebih produk sekaligus, di mana harga jualnya akan lebih rendah dibanding dengan total harga masing-masing item semua produk yang di-bundling tersebut
3. Gunakan Psikologi Harga dalam Menetapkan Diskon
Dalam menentukan harga jual produk yang didiskon juga jangan asal-asalan. Ini adalah salah satu strategi membuat program diskon yang terbukti meningkatkan penjualan, tapi jarang dilakukan oleh pengusaha.
Dalam menentukan harga jual, sebaiknya Anda memperhatikan faktor psikologiskonsumen yang lebih tertarik membeli barang dengan harga yang lebih murah. Meskipun hanya selisih 100 rupiah, konsumen akan lebih memilih harga yang lebih murah.
Maka, tak heran banyak kita jumpai harga jual seperti 2.990, 59.900, 99.000. dst. Hampir semuanya tidak membulatkan harga jual produknya. Kenapa? Disinilah faktor psikologis bekerja. Ketika konsumen dihadapkan pada pilihan harga 99.000 dan 100.000 rupiah, mereka pasti lebih tertarik dengan harga 99.900. Dalam benak mereka, harga 99.000 lebih murah (karena tidak sampai 100.000). Padahal, selisihnya hanya 100 rupiah saja.
Jadi, pastikan Anda menerapkan psikologi harga yang tepat dalam menentukan harga jual produk Anda. Sehingga, konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Anda.
4. Tambahkan Promo Gratis Ongkir/ Free Gift
Setiap orang pasti suka mendapatkan yang gratis-gratis. Mulai dari gratis ongkos kirim(ongkir), hingga gratis hadiah/ bingkisan menarik. Nah, ini bisa Anda jadikan alternatif untuk membuat program diskon yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.
Selain memberikan potongan harga, coba tawarkan promo gratis ongkir/ free gift menarik untuk konsumen yang melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Cara ini pasti bisa menjadi langkah jitu dalam meningkatkan ketertarikan konsumen untuk memborong produk Anda.
5. Tetapkan Minimal Pembelian
Dengan menetapkan minimal pembelian tertentu, Anda bisa menjual lebih banyak produk, dan tentunya omzet yang Anda dapatkan akan lebih banyak. Jadikan penetapan minimal pembelian ini sebagai syarat yang harus dipenuhi pelanggan jika ingin mendapatkan harga diskon. Misalnya, beli 2 gratis 1, atau beli 3 dapat diskon 50%, dst. Dengan cara ini, pelanggan akan memilih untuk membeli lebih banyak produk. Karena diskon hanya bisa didapat jika mencapai minimum pembelian yang sudah ditentukan.
Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Produk? Jaga Pelanggan dengan Cara Ini
6. Jangan Menerapkan Aturan yang Terlalu Rumit
Strategi membuat program diskon yang keenam, pastikan Anda membuat aturan penukaran diskon yang cenderung memudahkan. Jangan terlalu banyak aturan, apalagi aturan tersebut sangatlah rumit dan sulit untuk dilakukan. Misalnya, menerapkan minimum pembelian hingga 100 pcs, atau penukaran diskon hanya bisa dilakukan oleh pelanggan yang sudah penah melakukan 10x transaksi, dst.
Ingat: tujuan membuat program diskon adalah untuk meningkatkan penjualan produk Anda secara signifikan. Jika Anda menetapkan terlalu banyak aturan yang rumit, tentu pelanggan akan kesulitan untuk memenuhi syarat tsb. Ujung-ujungnya, hanya sedikit orang yang mengikuti program diskon di toko Anda.
7. Buatlah Video/ Desain Grafis yang Menarik
Untuk mempromosikan informasi diskon yang Anda buat, akan lebih baik jika Anda membuat konten/ media promosi yang menarik. Media tsb bisa berupa desain grafis/ video singkat yang bisa disebarkan ke berbagai media sosial. Anda juga bisa mencetak desain grafis yang telah Anda buat menjadi poster, banner, x-banner, dll, lalu memajangnya di toko Anda. Dengan begitu, perhatian konsumen akan langsung tertuju pada informasi promo tsb.
8. Promosi ke Berbagai Media
Langkah membuat program diskon yang tak kalah penting adalah melakukan promosi. Jika program diskon telah disepakati, berarti saatnya promosi. Gunakan berbagai saluran promosi yang tepat untuk menyebarluaskan program diskon di toko Anda. Sehingga, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, baik yang sudah menjadi pelanggan tetap, atau bahkan yang belum pernah membeli satu produk pun dari toko Anda. Sebagai permulaan, coba gunakan media promosi gratis di berbagai media sosial yang Anda miliki, dan minta teman-teman Anda untuk membantu menyebarluaskannya.
9. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Syarat Penukaran Diskon
Langkah kesembilan dalam membuat program diskon ini juga memiliki banyak kelebihan lho! Selain bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk ikut serta dalam program diskon yang Anda buat, cara ini juga bisa lebih meramaikan media sosial Anda.
Coba terapkan syarat penukaran diskon dengan mensyaratkan pelanggan untuk me-repost info promo ke akun media sosialnya sekaligus menandai akun bisnis Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mengetahui media sosial bisnis Anda. Jika program diskon yang Anda buat menarik, pasti akan lebih banyak orang yang mengikutinya.
10. Tentukan Durasi Penukaran Diskon
Untuk menambah urgensi, sehingga konsumen segera membeli produk Anda, maka Anda pelu menerapkan durasi penukaran diskon. Jangan terlalu lama, tapi jangan terlalu pendek. Namun, penentuan durasi ini juga bergantung pada jenis promo diskon yang Anda buat. Misalnya, Anda pemilik bakery yang memberikan diskon buy 1 get 1 free pada saat 30 menit terkahir sebelum toko tutup, maka itu sah-sah saja. Durasinya pendek, namun Anda rutin mengadakan promo tsb setiap hari.
Dengan mencantumkan batas waktu seperti ini, pelanggan akan merasa takut jika sampai kehilangan kesempatan untuk mendapat harga yang lebih murah. Sehingga, mereka tidak akan melewatkan kesempatan tsb, dan segera membeli produk yang sedang didiskon.
Baca Juga: Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Mengalami Kebangkrutan
Demikian strategi membuat program diskon untuk meningkatkan penjualan toko Anda. Selama mencobanya!
Oh ya, untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfit telah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru. Download/ Update aplikasi InterActive MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.