Product IT Software & Hardware
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Sebagai pemilik bisnis ritel kecil dan menengah, pasti akan mengalami masa dimana bisnis yang dikelola sedang mengalami penurunan. Jika penurunan tersebut masih dalam batas wajar, tentu bukan suatu hal yang harus ditakutkan. Namun berbeda hal jika penurunan tersebut sudah drastis bahkan hingga mengancam keberlangsungan bisnis.
Penurunan dalam bisnis, bisa diakibatkan karena omzet yang menurun, kurangnya fokus dalam bisnis, kinerja yang tidak maksimal, dan lain sebagainya. Anda sebagai pemilik bisnis juga harus tahu penyebab apa yang membuat bisnis Anda mengalami penurunan, agar Anda bisa mencari solusi terbaik bagi bisnis Anda.
Setiap pemilik bisnis ritel tentu memiliki cara dan reaksi yang berbeda-beda dalam menanggapi penurunan bisnisnya. Nah, sudahkah Anda tahu 5 kebiasaan bisnis ritel yang sukses? Mari kita simak bersama.
1. Prioritas adalah kunci
Bisnis ritel tergolong bisnis yang sibuk. Seringkali penurunan atau bahkan jatuhnya bisnis ritel karena kurangnya memperhatikan to-do list yang sudah dipersiapkan secara efektif. Mulai dari pemesanan stok barang, menganalisa tren pasar, membuat merchandise yang menarik, pelatihan karyawan, pemasaran online dan masih banyak lagi yang harus dilakukan.
Salah satu kunci utama perkembangan dalam bisnis ritel adalah melakukan penjadwalan untuk hal-hal yang bisa memberikan dampak besar maupun kecil dalam bisnis. Artinya, dalam tahap ini, pemilik bisnis harus bisa membuat skala prioritas yang efektif agar bisnisnya bisa sukses. Penjadwalan ini dijamin akan membantu Anda lebih fokus kepada hal-hal yang berdampak langsung maupun tidak langsung. Sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk liburan maupun keluarga.
2. Bangkit dari kegagalan
Apakah Anda masih memiliki cukup waktu, untuk belajar dari kegagalan di waktu lalu ketika banyak to-do list yang harus dikerjakan dan diprioritaskan? Hal ini bukan menjadi rahasia lagi bagi para pemilik bisnis untuk merenungi kegagalan masa lalu atau peluang yang terlewatkan di masa lalu.Namun ternyata, kebiasaan para pebisnis ritel yang sukses adalah menggunakan kegagalan di masa lalu sebagai pembelajaran dan motivasi di masa depan. Anda bisa mulai untuk mencoba menggali lebih dalam segala informasi atas kegagalan Anda di masa lalu dan olah informasi menjadi data untuk membuat strategi dengan lebih baik.
3. Pelatihan karyawan hal yang vital
Bagi Anda pebisnis ritel mungkin seringkali menjumpai pegawai toko yang terlihat kurang menguasai produk yang dijual dalam toko Anda. Anda dan karyawan harus sadar, bahwa mereka adalah wajah dari brand yang sedang Anda perjuangkan. Sehingga Anda harus lebih sering melakukan training kepada karyawan untuk meningkatkan kualitas mereka.
Memberikan training pada karyawan khususnya karyawan baru memang sangat vital untuk dilakukan, namun bagi pebisnis besar tidak berhenti pada pembelajaran itu saja. Ritel besar harus terus melakukan training berkala untuk karyawannya yang berfokus pada prosedur operasional toko, update layanan pelanggan, pelatihan produk baru dan hal-hal lainnya yang perlu dikuasai karyawan.
Investasikanlah waktu dan uang Anda untuk kegiatan edukasi guna memetik hasil yang maksimal nantinya.
4. Memahami kompetisi menjadi sebuah keharusan
Sangat penting bagi pebisnis ritel untuk memahami dengan jeli siapa kompetitor mereka, mulai dari ritel kecil yang ada di pinggir jalan hingga pesaing besar yang punya gerai dipusat perbelanjaan modern atau mall.
Selain mempelajari tren pasar yang ada, pebisnis ritel yang sukses umumnya juga meluangkan waktu mereka untuk benar-benar mengunjungi bisnis lain yang bersaing dengan bisnis mereka. Mereka melakukan hal tersebut untuk melakukan analisis secara mendalam tentang bermacam produk yang dijual pesaing, pengalaman layanan pelanggan, kemasan produk, peluang belanja online, acara-acara khusus, tampilan visual dan kesan pelanggan ketika memasuki toko tersebut.
Seringkali dengan melakukan analisa rutin terhadap hal-hal tersebut membuat pemilik bisnis ritel menjadi lebih mengenali berbagai tren yang ada dan bahkan bisa mendapatkan strategi baru untuk bersaing dengan bisnis ritel yang lain. Konsisten dalam melakukan analisis kompetitor merupakan salah satu kunci sukses pebisnis ritel besar.
5. Mulai merubah persediaan barang yang dijual
Seringkali, pebisnis ritel membuka sebuah toko karena menyukai kategori produk tertentu untuk dijual kepada pelanggan. Namun ternyata, pebisnis ritel sukses rela mengubah perencanaan persediaan barang ditoko mereka untuk lebih berfokus pada pelanggan bukan diri mereka sendiri. Hal ini juga termasuk di dalamnya menyediakan produk baru yang sesuai dengan tren di pasar.
Ketika Anda mendengarkan saran dan kritikan dari pelanggan Anda dan bekerjasama dengan penyedia barang di toko Anda, Anda akan dapat lebih efektif dalam menyediakan produk terbaik dan ekslusif di toko Anda.
Pada akhirnya sebagai upaya dalam menumbuh kembangkan bisnis ritel menjadi lebih baik lagi adalah dengan menerima bahwa Anda tidak bisa selamanya menjalankan bisnis Anda sendirian. Anda perlu mempertimbangkan untuk membangun sebuah tim yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing untuk mengelola bisnis Anda secara efektif dan kolektif, yang pada akhirnya akan mampu membuat bisnis menjadi besar dan lebih baik.
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.