Product IT Software & Hardware
Manfaat Teknologi Self Order untuk Bisnis Restoran Anda
Sebelumnya, Intermezzo telah membahas “7 Teknologi Restoran Terbaru”, dimana salah satunya menjelaskan tentang teknologi self order. Dalam artikel tersebut sempat disinggung bahwa kehadiran teknologi self order memberikan banyak kemudahan bagi para pemilik restoran. Nah, kali ini Intermezzo akan membahas lebih dalam apa itu teknologi self order dan manfaatnya untuk bisnis restoran yang Anda jalankan.
Mengenal Teknologi Self Order
Sebagaimana namanya, self order adalah sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan para pelanggan restoran memesan dan membayar pesanannya secara mandiri (tanpa melalui kasir/ pelayan).
Terdapat berbagai macam hardware/ perangkat yang bisa digunakan untuk self order. Mulai dari hardware POS berukuran besar (kiosk), tablet yang diletakkan di setiap meja, hingga yang terbaru dalam bentuk website dan aplikasi.
Kehadiran teknologi self order ini memberikan banyak pengalaman baru yang lebih menarik, baik bagi pelanggan maupun pemilik restoran. Dari sisi pelanggan, mereka bisa memesan makanan secara lebih cepat dan tepat. Sedangkan bagi pemilik restoran, mereka bisa menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien.
Tentu bukan itu saja manfaat yang bisa didapatkan. Berikut akan dibahas lebih detail manfaat teknologi self order untuk bisnis restoran Anda.
Manfaat Teknologi Self Order untuk Restoran Anda
1. Mengatasi Antrian Pelanggan yang Membeludak
Manfaat teknologi self order yang pertama adalah mengatasi antrian pelanggan yang membeludak. Antrian pelanggan tentu bukan hal baru bagi banyak restoran/ kafe. Biasanya disebabkan oleh lamanya waktu pemesanan di kasir/ saat dilayani seorang pelayan. Bahkan, tak jarang seorang pengunjung restoran bisa menghabiskan waktu hingga 1 jam hanya untuk mengantri pesanan.
Dengan hadirnya teknologi self order, pelanggan tidak perlu mengantri panjang hanya untuk memesan makanan di kasir. Mereka pun tidak pelu duduk di meja terlalu lama hanya untuk menunggu pelayan yang datang. Karena pelanggan bisa langsung memesan dan membayar pesanannya secara mandiri melalui self order kiosk, tablet atau scan QR Code yang tersedia di meja. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu bergantung pada kasir/ pelayan lagi.
Cara pemesanan semacam ini tentu lebih disukai pelanggan, karena mereka tidak perlu mengantri dan menunggu lebih lama lagi. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan terhadap restoran Anda.
Baca Juga: Strategi Pelayanan Restoran yang Disukai Pelanggan
2. Menekan Jumlah Manpower di Restoran Anda
Manfaat teknologi self order yang kedua adalah menekan jumlah karyawan/ manpower di restoran Anda, khususnya kasir dan pelayan. Karena teknologi self order menawarkan sistem pelayanan pelanggan secara cashierless dan waiterless.
Seperti disebutkan sebelumnya, teknologi self order memungkinkan pelanggan memesan dan membayar pesanannya secara mandiri. Sehingga pelanggan tidak perlu dilayani oleh seorang kasir/ pelayan lagi. Kalau pun masih memerlukan pelayan yang bertugas mengantar makanan, maka jumlahnya tak sebanyak jika Anda masih menggunakan sistem manual (tanpa self order).
Karena itulah, kehadiran teknologi self order sangat menguntungkan bagi para pemilik restoran. Sebelum menggunakan sistem self order, Anda harus mempekerjakan lebih banyak karyawan dan menganggarkan gaji bulanan yang tidak sedikit. Sedangkan jika Anda menggunakan self order, Anda bisa mempekerjakan kasir dan pelayan dalam jumlah yang lebih sedikit. Sehingga Anda pun bisa lebih berhemat dalam menganggarkan gaji bulanan mereka.
3. Meningkatkan Omset Penjualan Restoran
Memangnya, apa hubungannya omset dengan teknologi self order? Nah, inilah manfaat teknologi self order yang akan kita bahas di poin ketiga ini. Jadi, seperti disebutkan di atas, bahwa teknologi self order ini memungkinkan pelanggan untuk memesan makanan secara mandiri (tanpa dilayani kasir/ pelayan). Dengan begitu, proses pemesanan makanan bisa dilakukan secara lebih cepat jika dibandingkan pada restoran yang masih menggunakan sistem pelayanan manual.
Sebagai simulasi, bisa dibayangkan bahwa pada sistem konvensional, kasir membutuhkan sekitar 3 menit hanya untuk melayani 1 pelanggan. Sedangkan dengan sistem self order, pembeli hanya butuh sekitar 1 menit untuk scan QR Code di HP. Sehingga, dalam 1 jam resto konvensional hanya mampu melayani 20 pelanggan. Sedangkan resto yang menggunakan sistem self order bisa melayani hingga 60 pelanggan.
Jika diuangkan, sistem self order jelas lebih menguntungkan. Jika 1 pelanggan menghabiskan Rp 50.000, maka dalam 1 jam, resto konvensional hanya mengantongi 1 juta rupiah. Sedangkan sistem self order bisa mengantongi hingga 3 juta rupiah. Jika diakumulasi selama 1 tahun, resto konvensional hanya mendapatkan 2,9 miliar. Sedangkan self order bisa mengantongi hingga 8,7 miliar. Tak heran, dalam setahun Anda bisa meningkatkan omzet tahunan hingga 200%.
4. Meminimalisir Terjadinya Kecurangan Kasir
Sistem pelayanan yang serba manual beresiko besar menimbulkan kecurangan karyawan, khususnya kasir. Apalagi jika di restoran Anda masih mengandalkan pembayaran secara cash. Maka, resiko kecurangan pun semakin besar.
Namun, Anda bisa meminimalisir kecurangan tersebut dengan menerapkan sistem self order di restoran Anda. Dengan sistem self order, pelanggan bisa melakukan pemesanan secara mandiri dan membayar pesanannya secara cashless. Seluruh transaksi di restoran Anda pun bisa tercatat otomatis berdasarkan pesanan pelanggan (tanpa campur tangan kasir/ pelayan).
Baca Juga: 7 Modus Kecurangan Karyawan Restoran
5. Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Penyajian Pesanan
Salah menyajikan pesanan pelanggan tentu bukan hal baru lagi. Baik itu salah menu, salah menyajikan topping, hingga mengantar pesanan ke orang yang salah. Tentu semua kesalahan tersebut bisa berakibat fatal, apalagi jika pelanggan sampai marah dan enggan berkunjung ke restoran Anda lagi.
Nah, untuk menyiasati kesalahan peyajian pesanan, Anda bisa memanfaatkan teknologi self order di restoran Anda. Dengan self order, pembeli akan memegang kendali penuh atas pesanan yang dipilihnya (tidak ada pencatatan pesanan secara manual oleh pelayan). Sehingga, kecil kemungkinannya untuk terjadi kesalahan pencatatan pesanan.
6. Meningkatkan Prestise Restoran Anda
Manfaat teknologi self order selanjutnya yaitu meningkatkan prestise restoran Anda. Restoran Anda akan dikenal lebih update dengan perkembangan zaman, lebih high technology savvy, dan tentunya lebih modern, karena meninggalkan cara-cara manual.
Baca Juga: 10 Optimasi Instagram untuk Memaksimalkan Pemasaran Restoran
7. Meningkatkan Popularitas Restoran Anda
Saat ini penggunaan sistem self order masih jarang ditemui di restoran-restoran yang ada di Indonesia. Jika Anda menerapkannya sekarang juga, maka dapat dipastikan akan banyak orang yang ingin tahu untuk menjajal teknologi tersebut di restoran Anda.
Dari sinilah restoran Anda akan semakin dikenal dan dikunjungi oleh lebih banyak orang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan banyak influencer/ food blogger yang datang untuk me-review restoran Anda.
Nah, karena itulah bisa dikatakan jika penggunaan teknologi self order di restoran Anda bisa meningkatkan popularitas dan jumlah kunjungan pelanggan.
Anda tertarik menerapkan self order untuk restoran/ kafe Anda? Kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan InterActive MyOrder. Sebuah teknologi self order dari InterActive, perusahaan IT terkemuka yang telah sukses memasarkan software restoran ke 3000+ restoran di seluruh Indonesia. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyOrder.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.