Product IT Software & Hardware
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
Perbedaan diskon dan cashback? Memangnya, diskon itu berbeda ya dengan cashback? Bukankah keduanya sama-sama memberikan potongan harga untuk pembeli?
Sering dengar ucapan seperti itu? Hmm… ternyata masih banyak orang yang belum tahu kalau diskon dan cashback itu berbeda. Sebagai pengusaha, Anda wajib mengetahui perbedaan diskon dan cashback, supaya tidak salah pilih dalam menentukan promo yang tepat untuk bisnis Anda. Kira-kira, lebih menguntungkan diskon atau cashback ya?
Kali ini Intermezzo akan menjelaskan apa saja yang menjadi perbedaan diskon dan cashback, serta apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya. Kami juga akan menelaah mana yang lebih menguntungkan antara diskon dan cashback, baik dalam sudut pandang konsumen maupun pengusaha.
Baca Juga: Strategi Membuat Program Diskon untuk Meningkatkan Penjualan
Perbedaan Diskon dan Cashback
Untuk memahami perbedaan diskon dan cashback, sebaiknya kita baca pengertian diskon dan cashback berikut ini:
Diskon (discount) adalah potongan harga produk/ jasa tertentu yang diberikan secara langsung oleh penjual kepada pembeli. Besarnya potongan harga yang diberikan ini bisa dalam bentuk presentase harga, seperti diskon 30%, 50%, hingga 90%. Atau bisa juga dalam bentuk potongan nominal harga, seperti diskon 10.000, 50.000, dst.
Karena sifatnya yang langsung diberikan, maka ketika seseorang mendapatkan diskon tertentu, harga yang harus dibayarkan bisa langsung terkurangi diskon. Misalnya, harga normal suatu produk adalah 100.000, kemudian produk tsb mendapatkan diskon 50%, maka harga yang harus dibayar pembeli hanya 50.000 saja.
Besarnya diskon yang diberikan ini pun beragam. Tak jarang, beberapa toko memberlakukan besarnya diskon yang berbeda-beda antar-pembeli, tergantung syarat yang telah ditentukan. Misalnya, pembeli bisa mendapatkan diskon lebih banyak jika mencapai minimum belanja tertentu, atau karena mempunya kartu member tertentu.
Kemudian, dilihat dari masa berlakunya, diskon memiliki batas waktu penukaran yang tidak terlalu lama, biasanya dalam rentang harian atau mingguan. Hal inilah yang sering membuat pelanggan buru-buru membeli produk yang didiskon agar tidak kehilangan kesempatan mendapat potongan harga tsb. Singkatnya masa berlaku ini pula yang akhirnya bisa menarik banyak konsumen melakukan pembelian. Sehingga, para pengusaha berlomba-lomba membuat program diskon terbaik untuk meningkatkan penjualan produk/ jasanya.
Cashback adalah penawaran di mana pembeli mendapatkan presentase pengembalian uang tunai/ virtual yang bisa didapat saat pembeli memenuhi syarat tertentu. Misalnya, syarat minimum pembelian, dll.
Bentuk cashback ini hampir sama dengan diskon, yaitu berupa presentase harga atau nominal harga tertentu. Bedanya, pembeli tidak langsung mendapatkan potongan harga, melainkan dapat pengembalian uang tunai/ virtual yang diberikan saat transaksi berikutnya di kemudian hari. Hal inilah yang bisa memacu konsumen untuk melakukan repeat order di lain kesempatan.
Tak heran, saat ini banyak brand-brand e-wallet yang memberikan promo cashback besar-besaran, agar para pelanggan memilih untuk transaksi menggunakan e-wallet mereka. Kira-kira, apakah promo cashback ini sesuai dengan model bisnis Anda? Simak selengkapnya pembahasan berikut ini.
Kelebihan dan Kekurangan Diskon
Diskon dan cashback sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dak kekurangannya, dilihat dari cara kerja, masa berlaku, dan fleksibilitas penggunannya.
Kelebihan dan Kekurangan Diskon
Yang menjadi kelebihan diskon adalah karena sifatnya yang memberikan potongan harga secara langsung (pada saat itu juga). Sehingga, di mata konsumen, keuntungan yang didapat dari diskon terasa lebih nyata. Karena mereka bisa berhemat pada saat itu juga. Selain itu, promo diskon juga lebih fleksibel untuk semua kalangan. Karena, biasanya diskon diberikan untuk semua pelanggan, tanpa mensyaratkan kepemilikan kartu kredit/ e-wallet tertentu.
Namun, dari segi masa berlakunya, promo diskon biasanya berlaku lebih singkat dibanding cashback. Apalagi, jika stok produk yang didiskon sedikit, tentu tidak sebanding dengan tingginya lonjakan permintaan pembeli saat adanya diskon.
Hal ini yang membuat konsumen kecewa, karena mereka belum sempat mendapatkan harga yang didiskon. Tapi, di mata pengusaha, hal ini juga bisa menjadi kelebihan. Sebab, dalam waktu singkat pengusaha bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.
Kelebihan dan Kekurangan Cashback
Sebaliknya, cashback tidak diberikan secara langsung, tapi diberikan untuk pembelian selanjutnya, atau ditambahkan dalam bentuk tabungan/ deposit. Namun, sifatnya yang tidak diberikan secara langsung ini bukan berarti tak memiliki kelebihan. Karena, konsumen tetap bisa berhemat pada saat transaksi berikutnya.
Promo cashback ini sangat menguntungkan bagi pengguna kartu kredit/ e-wallet tertentu. Meskipun tidak langsung mendapatkan potongan harga, namun di transaksi berikutnya mereka bisa membayar tagihan menggunakan cashback yang telah diberikan.
Dari segi masa berlakunya, cashback biasanya berlaku lebih lama dibanding promo diskon, sehingga konsumen memiliki kesempatan yang lebih longgar untuk mendapatkan promo ini.
Namun, cashback seringkali kurang fleksibel untuk diterapkan pada semua jenis usaha. Jika cashback diberikan secara tunai, maka Anda harus memiliki sisem pencatatan cashback yang diterima pembeli dalam bentuk kartu member/ sejenisnya.
Atau jika Anda ingin memberikan cashback berupa uang virtual, maka Anda sebagai pengusaha harus bekerjasama dengan brand e-wallet atau kartu kredit tertentu. Tentu tidak semua konsumen telah menggunakan e-wallet / kartu kredit tertentu, sehingga membuat promo cashback ini sulit diterapkan untuk semua kalangan.
Baca Juga: 10 Ide Program Diskon untuk Meningkatkan Penjualan secara Signifikan
Manakah yang Lebih Menguntungkan?
Nah, sekarang Anda sudah tahu perbedaan diskon dan cashback, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Pertanyaannya sekarang, manakah yang lebih menguntungkan antara diskon dan cashback?
Di mata konsumen, keduanya sama-sama menguntungkan, karena mereka bisa berhemat secara langsung (saat mendapat diskon) atau berhemat di transaksi berikutnya (saat mendapat cashback).
Memilih mana yang lebih menguntungkan, tentu bergantung pada masing-masing kebutuhan konsumen. Diskon sudah pasti menguntungkan pembeli, karena mereka bisa mendapat potongan harga secara langsung.
Tapi, untuk cashback perlu diperhatikan lagi. Pahami model cashback yang ditawarkan. Jika memang di lain kesempatan Anda berencana untuk membeli lagi di toko tsb, tentu cashback yang Anda dapatkan akan sangat bermanfaat untuk lebih berhemat. Tapi, jika Anda berencana tidak akan membeli lagi ke toko tsb, atau karena masa berlaku cashbackyang segera hangus, maka Anda perlu mempertimbangkan ulang keinginan untuk mendapatkan promo cashback tersebut.
Sedangkan untuk pengusaha, manakah yang lebih menguntungkan antara mengadakan promo diskon/ cashback? Jawabannya tergantung pada tujuan promosi dan model bisnis yang Anda jalankan.
Jika ingin mendapat lonjakan penjualan secara cepat, Anda bisa mencoba memberikan diskon (tapi, Anda juga perlu menyesuaikan potongan harga yang tepat agar tidak merugi). Atau jika Anda ingin meningkatkan repeat order dari pelanggan Anda, Anda bisa mencoba promo cashback.
Namun, ingat: saat memberikan promo cashback, Anda juga harus memikirkan apakah Anda sudah memiliki sistem yang mumpuni untuk mencatat cashback yang ddidapat pelanggan. Apakah Anda berencana kerjasama dengan brand e-wallet / kartu kredit tertentu? Anda pun harus memikirkan apakah mayoritas pelanggan Anda merupakan pengguna brand-brand tsb.
Jadi, mana yang lebih menguntungkan? Lagi-lagi tergantung pada kebutuhan dan model bisnis yang Anda jalankan.
Baca Juga: 3 Langkah untuk Melejitkan Omzet UKM Anda
Demikian pembahasan tentang perbedaan diskon dan cashback, beserta uraian singkat tentang kelebihan dan kekurangannya. Untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfit telah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru. Download/ Update aplikasi InterActive MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.