Product IT Software & Hardware
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Harga merupakan sebuah hal yang krusial dalam menjual sebuah produk atau jasa. Hal ini cukup beralasan karena sebagian besar karakter konsumen di Indonesia masih terbilang konsumen yang sensitif terhadap perubahan harga. Apalagi jika perubahan harga tersebut dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Kepuasan pelanggan pun bisa menurun karena hal ini.
Di tengah kondisi ekonomi Indonesia saat ini, dimana harga bahan dan biaya produksi rata-rata meningkat tajam, telah membuat pelaku usaha untuk mau tidak mau harus menaikkan harga agar tetap bisa meraup untung dari bisnisnya.
Seperti yang sudah dijelaskan dalam hukum permintaan, jika harga suatu barang dan jasa naik maka akan menyebabkan turunnya permintaan. Nah lantas apa yang harus Anda dilakukan jika terpaksa menaikkan harga produk atau jasa? Sedangkan Anda tidak rela untuk harus kehilangan pelanggan.
Berikut ini akan dibagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, mari kita simak bersama:
1. Menambah atau Meningkatkan Nilai Produk
Ketika Anda harus menaikkan harga produk atau jasa dan tetap ingin diterima konsumen salah satunya jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan menambah atau meningkatkan nilai produk yang sesuai dengan budget Anda, sehingga harga produk tidak terlalu tinggi. Misalnya Anda memodifikasi kemasan produk sehingga akan nampak lebih mewah nan menawan dan layak dihargai mahal; atau Anda mengganti bahan dari produk Anda dengan yang lebih berkualitas.
Dengan adanya perubahan nilai dan kualitas yang lebih baik dan masuk akal dari sebuah produk atau jasa, maka akan membuat pelanggan akan merasa bahwa kenaikkan harga tersebut adalah hal yang wajar dan baik untuk mereka.
2. Memberikan Penjelasan yang Logis dan Jujur
Ketika perusahaan Anda harus memutuskan untuk menaikkan harga produk, dan para pelanggan Anda akan bertanya serta ingin tahu alasan dibalik kenaikkan harga tersebut, maka Anda perlu menjelaskanlah dengan bahasa yang mudah diterima oleh pembeli Anda dan masuk akal. Memberikan penjelasan yang logis dan jujur atas alasan menaikkan harga produk atau jasa yang Anda jual, akan membuat mereka untuk tetap bersedia membeli produk atau jasa dari Anda.
3. Melakukan Pemberitahuan Sebelum Menaikkan Harga
Ada baiknya ketika Anda akan menaikkan harga produk, terlebih dahulu untuk memberitahukan kepada pelanggan maupun calon pelanggan melalui media cetak maupun media elektronik. Sehingga para pelanggan tidak akan terkejut maupun merasa dirugikan dengan keputusan itu ketika membeli produk Anda. Dengan adanya pemberitahuan sebelumnya maka akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai, terlebih bagi mereka yang telah menjadi pelanggan setia Anda.
4. Memberikan Kejutan Berupa Bonus atau Reward
Dengan adanya kenaikan harga produk yang sudah Anda beritahukan sebelumnya, maka akan membuat pelanggan Anda untuk berfikir dua kali ketika mereka ingin membeli produk atau jasa dari Anda.
Untuk itu agar para pelanggan Anda tidak kabur, salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan penawaran menarik setiap kali mereka membeli produk Anda, yang disesuaikan dengan beberapa ketentuan.
Misalnya Anda memberikan voucher dengan nilai tertentu, kupon undian atau gift yang bisa Anda berikan secara lebih personal. Dalam hal ini Anda dituntut untuk berpikir lebih kreatif tentang bagaimana caranya memberikan penawaran atau bonus yang dapat menarik para pelanggan. Terlebih jika bonus tersebut Anda berikan tenggat waktu tertentu untuk menciptakan urgensi bagi mereka untuk segera membeli produk Anda. Sehingga mereka akan berpikir bahwa kenaikkan harga bukan suatu masalah, jika akhirnya mereka mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Jadi dengan beberapa tips diatas, Anda tak harus ragu dalam menaikkan harga produk Anda kepada pelangga. Segera praktekkan, dan sukses selalu.
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.