Product IT Software & Hardware

    Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)

    By InterActive crew - 30 Desember 2016
    InterActive Blog
    Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)

    Dalam berbisnis, sering kali kebangkrutan atau kolaps menjadi momok yang menakutkan. Tidak sedikit perusahaan yang baru berjalan beberapa tahun tiba-tiba mengalami kolaps atau kebangkrutan. Tentu saja Anda sebagai pelaku usaha tidak ingin mengalami hal yang sama bukan? Untuk mencegah hal ini, Anda harus tahu beberapa faktor yang bisa membuat suatu perusahaan menjadi bangkrut, mari kita simak bersama:

    1. Tidak Mampu Menangkap Kebutuhan Konsumen
    Tidak mampu menangkap kebutuhan konsumen merupakan salah satu faktor yang bila diabaikan bisa berakibat fatal. Sebagai sebuah perusahaan, tujuan yang harus dicapai selain tentunya mendapatkan keuntungan adalah memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen. Kita harus memanjakan konsumen dengan cara mengetahui kebutuhannya, melayani konsumen sebaik-baiknya, mendengarkan saran dan kritikan, hingga tetap menjaga kualitas produk yang Anda jual agar pelanggan tetap setia dengan Anda. 

    Apabila Anda tak juga menangkap kebutuhan konsumen, bukan tidak mungkin pelanggan Anda lebih memilih menggunakan produk dari pesaing dan tentu hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pesaing Anda. Jadi, daripada Anda terus menerus kehilangan pelanggan, solusinya adalah segeralah menangkap kebutuhan konsumen untuk membuat mereka setia pada produk yang Anda jual, dengan cara serap aspirasi dari mereka, minta saran kritikan untuk pengembangan produk.

    2. Terlalu Fokus Pada Pengembangan Produk
    Fokus terhadap pengembangan produk merupakan hal yang baik dan harus dipertahankan para pelaku bisnis, namun apa jadinya jika Anda terlalu fokus terhadap hal tersebut? Jawabannya ada pada poin nomor satu, Anda tidak akan mampu menangkap kebutuhan konsumen. Anda pun juga akan kehilangan kepekaan terhadap apa yang sedang terjadi di dalam dan luar bisnis yang bisa membahayakan bisnis Anda, dsb nya.
     
    Ketika terlalu fokus untuk mengembangkan produk-produk, Anda bisa saja melewatkan banyak hal. Mungkin Anda tidak akan tahu apabila ada karyawan yang bermasalah, adanya korupsi dalam bisnis, dan hal lainnya yang bisa mengancam bisnis. Tentu Anda tak mau hal ini terjadi pada bisnis Anda bukan?

    Ketika Anda kehilangan kontrol terhadap bisnis yang Anda kelola sendiri, lambat laun pun bisnis Anda semakin rapuh, dan tinggal menunggu waktu saja untuk mengalami kolaps jika tak segera Anda benahi. Solusinya? Mulailah buat skala prioritas hal-hal mana saja yang harus dikedepankan, sehingga terjadi keseimbangan antara pengembangan produk dengan kondisi di dalam maupun luar bisnis yang bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.

    3. Ketakutan yang Berlebihan
    Ketakutan akan mengalami kebangkrutan, kerugian, tidak dapat melayani konsumen, ketidakmampuan mengatasi masalah yang terjadi, dsb nya itu merupakan hal yang wajar. Namun, ketakutan akan menjadi kenyataan dan malapeta ketika Anda berlebihan dalam menyikapinya. Rasa takut, sisi positifnya akan membuat Anda menjadi lebih siaga dan bersikap preventif.
     
    Ketika takut berlebihan, Anda juga akan menjadi ragu dalam mengambil resiko dan akibatnya Anda akan membuang semua kesempatan yang bagus. Hal itu juga berakibat Anda akan menjadi pesimis dengan kesempatan yang akan datang. Ketika pesimis, Anda akan lebih sering mempertimbangkan resiko daripada melihat seberapa besar peluang yang ada. Hal ini tentu berbahaya karena kebanyakan kesempatan tidak datang dua kali.
     
    Sebagai solusinya, mulailah tanamkan dalam diri Anda untuk tidak takut dalam menghadapi dan mengambil resiko demi kemajuan bisnis Anda namun tetap realistis dengan kondisi bisnis Anda.

    Ingin tahu kelanjutan poin-poin selanjutnya? Pantengin terus timeline kita ya ... to be continued

    JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp