Product IT Software & Hardware
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Anda ingin meningkatkan omzet pendapatan lebih banyak lagi, apapun pekerjaan Anda saat ini? Anda bisa mulai untuk mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis butik pakaian. Memulai usaha bisnis butik juga bisa sebagai wadah Anda untuk menyalurkan hobi.
Hobi apa yang dimaksud? Hobi belanja, hobi travelling, hobi hangout bersama sahabat, dsb nya. Coba Anda bayangkan, hobi-hobi Anda bisa tersalurkan sekaligus Anda bisa mendapatkan pemasukan yang banyak pula perbulannya. Nikmat bukan? Dalam memulai usaha butik tidak selalu membutuhkan modal yang besar seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Anda bisa memulai bisnis ini dari menjual produk fashion ke kerabat dekat, rekan-rekan kerja Anda, teman kuliah, dan sebagainya, sebelum Anda mulai memberanikan diri membuka sebuah butik.
Ada banyak hal yang juga harus Anda perhatikan sebelum membuka butik, seperti target pangsa pasar yang akan dituju, spesialisasi produk, layanan pelanggan atau customer service, trend yang akan dijual, dan masih banyak lagi.
Lantas bagaimana caranya membangun hingga mengembangkan bisnis butik yang baik dan benar? Mari kita simak tips dibawah ini:
1. Jenis Butik
Jika Anda memiliki modal yang cukup besar besar, Anda bisa menjadi penjual grosir pakaian. Dengan menjadi penjual grosiran, Anda menjadi orang pertama yang membeli dari produsen dan menjualnya kembali dalam jumlah yang banyak pula. Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah karena langsung dari sumber pertama. Sebaliknya, jika modal ada tidak begitu besar, Anda bisa menjadi penjual eceran.
Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan jenis butik yang ingin Anda kelola. Apakah Anda mau menjual pakaian khusus pria, wanita atau remaja? Atau Anda akan menjual kemeja, kaos, jersey bola? Semua jenis pakaian ini bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Setelah butik Anda berkembang, Anda bisa mulai menambahkan jenis produk sebagai pendukung produk utama yang Anda jual, misalnya seperti Anda yang menjual pakaian, juga menjual dompet, sepatu, tas maupun topi yang cocok digunakan sebagai pendukung produk utama butik Anda.
Walaupun masih banyak yang beranggapan jika butik itu hanya menjual satu jenis produk, tapi Anda bisa menjadi beda dari yang lain dengan menjual berbagai produk sekaligus yang cocok digunakan untuk siapapun.
2. Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi butik juga salah satu faktor yang penting. Cari dan pilihlah lokasi yang strategis, ramai atau di pinggir jalan. Anda juga bisa menyewa tempat di pusat perbelanjaan, jika memiliki modal yang cukup besar.
Nah bagi Anda yang belum mempunyai bangunan sendiri untuk membuka butik atau masih mengalami kendala keterbatasan modal, solusinya Anda bisa menggunakan sebagian ruang rumah Anda untuk ‘disulap’ menjadi butik. Terlebih lagi jika rumah Anda berlokasi ditempat yang strategis dan ramai, tentu akan memudahkan dalam membuka butik bukan? Tapi bagi rumah Anda yang tidak begitu strategis dan ramai, siapkan papan reklame unik yang akan menunjukkan lokasi butik Anda.
Memilih lokasi bisnis butik alangkah baiknya juga meninjau kondisi lingkungan yang baik atau tidak. Apakah Anda mau membuka butik di pegunungan dengan masyarakat yang meta pencahariannya sebagai petani dengan harga mahal? Tidak bukan.
3. Mode Pakaian
Selanjutnya setelah menentukan lokasi untuk butik Anda, sekarang tentukan mode pakaian apa yang ingin Anda jual, semisal butik yang menjual tema pakaian ala tahun 70-an, 80-an, atau 90-an yang sudah dimodifikasi dengan mengikuti trend sekarang; atau butik yang menjual pakaian ala orang Russia, dan sebagainya. Atau Anda ingin menciptakan mode pakaian agar menjadi trend? Sah-sah saja, asalkan mode pakaian yang akan Anda ciptakan nyaman dan ‘masuk akal’ untuk dipakai.
4. Miliki Ciri Khas
Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain pakaian, tentu akan berguna dalam memodifikasi atau menciptakan sebuah mode. Anda bisa menciptakan ciri khas mode tertentu dalam produk yang akan Anda jual. Sehingga jika orang lain melihat ciri khas mode pakaian tertentu, mereka akan langsung ingat bahwa desain itu identik dengan brand Anda. Dan brand Anda makin dikenal di pasaran.
Selanjutnya tinggal Anda tentukan, apakah akan memproduksi pakaian sendiri atau Anda bekerja sama dengan produsen lain untuk mensuplai kebutuhan Anda.
5. Buat Versi Online
Untuk mendorong promosi produk yang akan Anda jual, Anda harus menyediakan versi online dari bisnis butik offline Anda. Dengan Anda membuat website toko online dari butik Anda, maka Anda menjangkau banyak pelanggan dari seluruh dunia, karena toko online Anda yang bisa diakses 24 jam. Butik Anda pun juga akan semakin dikenal banyak orang dan omzet bisnis Anda pun akan semakin meningkat.
6. Manfaatkan Media Sosial
Butik Anda ingin dikenal masyarakat luas dari berbagai kalangan? Jangan ragu lagi, promosikan butik Anda dengan menggunakan media sosial. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, Pinterest, maupun yang lain. Facebook dan Instagram yang sudah menyatu, memberikan Anda pilihan untuk mempromosikan produk Anda lewat Facebook for Business. Dengan memanfaatkan fitur tersebut dari Facebook dan instagram, itu artinya ada harus mengeluarkan budget untuk mempromosikan produk Anda agar bisa dijangkau pengguna lebih luas lagi. Jadi siapkan anggaran yang cukup untuk promosi produk Anda di media sosial, agar omzet penjualan Anda juga makin meningkat.
7. Berani Hadapi Persaingan
Persaingan butik yang banyak dan ketat, membuat Anda harus berani dan sekreatif mungkin dalam membuat dan menawarkan produk kepada pelanggan. Semakin unik dan kreatif maka semakin besar pula kemungkinan pelanggan memakai produk Anda. Tak lupa pula gunakan cara-cara yang sehat dalam menghadapi persaingan bisnis agar kepercayaan pelanggan juga meningkat.
Nah itu tadi jurus ampuh dalam membangun butik yang baik dan benar, yang bisa menginspirasi Anda untuk segera mempraktekannya. Selamat berjuang
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.