Product IT Software & Hardware

    Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting

    By InterActive crew - 03 Februari 2017
    InterActive Blog
    Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting

    Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan ActionCOACH, salah satu kelemahan terbesar yang menghambat usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan bisnisnya ke tahap selanjutnya adalah kurangnya perencanaan. Bagi sebagian pelaku usaha kecil dan menengah, membuat rencana bisnis atau business plan hanya sebatas formalitas saja, karena awalnya bisnis mereka bergerak dari lingkup yang sangat sederhana.

    Sebagai seorang pemilik usaha kecil dan menengah yang memulai bisnis dari hal sederhana, pernahkah Anda bermimpi untuk memperbesar usaha Anda? Pernahkah Anda menyadari bahwa dengan perencanaan yang matang dan efektif, besar kemungkinannya bisnis Anda akan berkembang dengan lebih cepat?

    Berikut ini ada 4 alasan pentingnya membuat rencana bisnis jangka pendek untuk bisnis Anda. Mari kita simak.

     

    1. Membuat Anda lebih fokus
    Dengan mendefinisikan dan memahami visi, misi, dan daftar tujuan yang spesifik dari bisnis Anda, kemudian bagaimana menjalankan bisnis dan kapan bisnis harus mencapai tujuan-tujuan tersebut. Mau tidak mau, Anda akan dituntut untuk terus mewujudkan dengan segenap tenaga, tetap fokus dan konsisten dalam menuju tujuan tersebut.

     

    2. Mengetahui dimana posisi bisnis Anda sekarang
    Salah satu tujuan dari rencana bisnis jangka pendek adalah mengetahui dimana posisi Anda berada saat ini. Mengetahui posisi bisnis Anda saat ini, ibarat Anda mengetahui garis start pada sebuah pertandingan marathon menuju garis finish. Apabila Anda tidak pernah tahu dimana harus memulai, kecil kemungkinannya Anda bisa berhasil mencapai garis finish tersebut.

     

    3. Mengetahui kebutuhan bisnis Anda
    Dalam merencanakan sebuah bisnis, Anda berkesempatan untuk menguraikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Mulai dari modal, jumlah karyawan, penyedia barang yang akan Anda jual (supplier), biaya operasional dan lain sebagainya. Semua hal yang dibutuhkan perlu dirincikan dengan lebih spesifik dan tentukan strategi untuk memenuhinya agar jelas apa yang Anda inginkan.

     

    4. Membantu Anda dalam persaingan dengan kompetitor
    Dengan perencanaan bisnis yang memadai dan tentunya efektif, Anda bisa lebih fokus dalam mencari ke-eksklusifan bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing untuk kemudian bersaing secara sehat. Tentu saja, hal ini perlu didahului dengan menganalisa pesaing kita terlebih dahulu.

    Nah, sekarang bagaimana dengan Anda? Sudah membuat rencana bisnis jangka pendek yang efektif? Mengingat betapa pentingnya perencanaan bisnis?

    Disadur dari actioncoachsouthjakarta.com

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp