Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting

by InterActive crew ~ 03 Februari 2017

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan ActionCOACH, salah satu kelemahan terbesar yang menghambat usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan bisnisnya ke tahap selanjutnya adalah kurangnya perencanaan. Bagi sebagian pelaku usaha kecil dan menengah, membuat rencana bisnis atau business plan hanya sebatas formalitas saja, karena awalnya bisnis mereka bergerak dari lingkup yang sangat sederhana.

Sebagai seorang pemilik usaha kecil dan menengah yang memulai bisnis dari hal sederhana, pernahkah Anda bermimpi untuk memperbesar usaha Anda? Pernahkah Anda menyadari bahwa dengan perencanaan yang matang dan efektif, besar kemungkinannya bisnis Anda akan berkembang dengan lebih cepat?

Berikut ini ada 4 alasan pentingnya membuat rencana bisnis jangka pendek untuk bisnis Anda. Mari kita simak.

 

1. Membuat Anda lebih fokus
Dengan mendefinisikan dan memahami visi, misi, dan daftar tujuan yang spesifik dari bisnis Anda, kemudian bagaimana menjalankan bisnis dan kapan bisnis harus mencapai tujuan-tujuan tersebut. Mau tidak mau, Anda akan dituntut untuk terus mewujudkan dengan segenap tenaga, tetap fokus dan konsisten dalam menuju tujuan tersebut.

 

2. Mengetahui dimana posisi bisnis Anda sekarang
Salah satu tujuan dari rencana bisnis jangka pendek adalah mengetahui dimana posisi Anda berada saat ini. Mengetahui posisi bisnis Anda saat ini, ibarat Anda mengetahui garis start pada sebuah pertandingan marathon menuju garis finish. Apabila Anda tidak pernah tahu dimana harus memulai, kecil kemungkinannya Anda bisa berhasil mencapai garis finish tersebut.

 

3. Mengetahui kebutuhan bisnis Anda
Dalam merencanakan sebuah bisnis, Anda berkesempatan untuk menguraikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Mulai dari modal, jumlah karyawan, penyedia barang yang akan Anda jual (supplier), biaya operasional dan lain sebagainya. Semua hal yang dibutuhkan perlu dirincikan dengan lebih spesifik dan tentukan strategi untuk memenuhinya agar jelas apa yang Anda inginkan.

 

4. Membantu Anda dalam persaingan dengan kompetitor
Dengan perencanaan bisnis yang memadai dan tentunya efektif, Anda bisa lebih fokus dalam mencari ke-eksklusifan bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing untuk kemudian bersaing secara sehat. Tentu saja, hal ini perlu didahului dengan menganalisa pesaing kita terlebih dahulu.

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda? Sudah membuat rencana bisnis jangka pendek yang efektif? Mengingat betapa pentingnya perencanaan bisnis?

Disadur dari actioncoachsouthjakarta.com

Tags: tips bisnis

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Modern Management System

    30 September 2019

    Awal semester 2 tahun 2019, kami tersentak mendengar konsep “Modern Management System”  yang diajukan oleh salah ...

    Selengkapnya
  • 5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda

    26 September 2019

    Sebelumnya, Intermezzo telah membahas bahwa generasi millenial memiliki karakter yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Un ...

    Selengkapnya
  • 10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka

    25 September 2019

    Mulai tahun 2016, golongan pekerja di seluruh dunia banyak diisi oleh kaum millenial atau mereka yang lahir antara tahun 1980-2000 ...

    Selengkapnya