Product IT Software & Hardware
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan – Manajemen restoran meyakini bahwa layanan pelanggan yang hebat dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan.
Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi konsumen yang dilakukan McKinsey Group. Studi itu menemukan, satu “pelanggan yang bahagia” akan memberi tahu 1-3 orang mengenai pengalaman positifnya di sebuah restoran.
Sebaliknya, satu “pelanggan yang tidak bahagia” akan memberi tahu sekitar 9-15 orang tentang pengalaman pelanggan negatif yang mereka dapatkan di sebuah restoran.
Lihatlah data di atas. Perbedaannya sangat menonjol kan? Pengalaman negatif dibagikan hingga ke 9-15 orang, tapi pengalaman positif hanya dibagikan kepada 1-3 orang saja.
Data tersebut harus Anda waspadai. Jika pelayanan di restoran Anda dinilai buruk oleh 1 pelanggan saja, bisa-bisa ada 10 orang yang kemudian turut berpikir negatif tentang restoran Anda.
Survei lain dari Consumer Research menunjukkan bahwa 68% dari semua pelanggan tidak kembali lagi ke restoran karena sikap acuh tak acuh dari karyawan yang melayani mereka. Nah, lagi-lagi data membuktikan bahwa layanan pelanggan yang buruk dapat mengakibatkan sebuah bisnis mengalami kebangkrutan lebih cepat.
Pentingnya Pelayanan Pelanggan Secara Baik
Tujuan layanan pelanggan (customer service) yang utama adalah untuk melebihi harapan setiap pelanggan pada setiap kesempatan dalam setiap transaksi sejak mereka memasuki restoran sampai mereka meninggalkan restoran.
Apalagi, persaingan di industri restoran sangat kompetitif dan pelanggan memiliki beragam penilaian ketika datang ke sebuah restoran/ cafe. Mulai dari pengalaman makan, sistem pemesanan, hingga jenis lingkungan restoran seperti tempat makan yang santai, atau restoran cepat saji.
Berikut adalah beberapa manfaat penting untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik:
Nah, banyak sekali kan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan pelayanan yang baik untuk seluruh pelanggan restoran Anda.
Baca Juga: 7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Jadi, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah memperbaiki pelayanan pelanggan di restoran Anda agar lebih baik kedepannya. Coba lakukan strategi pelayanan restoran yang baik dan disukai pelanggan berikut ini:
1. Strategi Hubungan pelanggan (Customer Relations)
Strategi pelayanan restoran yang baik dimulai dari hubungan yang baik dengan semua pelanggan. Pastikan Anda dan karyawan restoran Anda mampu menciptakan hubungan yang baik dan positif dengan semua pelanggan.
Lingkungan restoran dan hubungan pelanggan yang positif akan membangun hubungan retensi dengan pelanggan secara positif, meningkatkan loyalitas pelanggan, secara keseluruhan dapat membangun bisnis lebih baik lagi.
Berikut adalah beberapa teknik pelayanan pelanggan restoran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan pelanggan yang baik.
2. Strategi Manajemen Keluhan Pelanggan
Dalam melakukan strategi pelayanan restoran yang baik, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara manajemen keluhan pelanggan yang baik. Tidak dipungkiri, meskipun Anda sudah memberikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan, pasti ada saja peanggan yang melayangkan keluhan.
Beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh pelanggan restoran adalah: lambatnya pelayanan, salah menyajikan pesanan, hingga salah memberi uang kembalian.
Jika pelanggan restoran Anda memiliki beberapa keluhan, lakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasinya:
Ingatlah: manajemen keluhan pelanggan secara cepat dan tepat merupakan cara terbaik untuk terus meningkatkan bisnis. Dengan bersikap empati kepada pelanggan, mendengarkan dan mengambil tindakan yang tepat dan segera dalam penyelesaian, adalah cara yang paling mungkin untuk mengubah pengalaman negatif menjadi positif.
Baca Juga: Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
3. Strategi Layanan Pelanggan di Bagian Kasir
Strategi pelayanan restoran yang baik selanjutnya adalah pentingnya memperhatikan layanan pelanggan di bagian kasir.
Salah satu bagian penting dari layanan pelanggan yang positif adalah interaksi dengan pelanggan di bagian kasir ketika melayani pemesanan makanan. Dalam menjalankan tugas ini agar berjalan dengan baik, maka direkomendasikan untuk melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:
Selain beberapa langkah teknis di atas, Anda juga perlu meminta kasir untuk melayani pelanggan secara ramah dan menyenangkan. Beberapa caranya adalah:
Baca Juga: Strategi Manajemen Bisnis Restoran yang Terbukti Meningkatkan Penjualan
Demikian adalah pembahasan tentang strategi pelayanan restoran yang baik bagian ke-1. Di postingan berikutnya, kami akan melanjutkan pembahasan tentang strategi pelayanan restoran yang baik bagian ke-2.
Nantikan artikel kami berikutnya! Coba praktekkan strategi pelayanan restoran yang baik di atas agar tingkat kepuasan pelanggan di restoran Anda bisa meningkat.
Untuk mendukung layanan kasir yang baik di restoran Anda, gunakan software InterActive MyResto yang bisa memudahkan manajemen bisnis restoran Anda LEBIH MUDAH dan PRAKTIS.
Dengan InterActive MyResto, Anda bisa melayani pelanggan lebih cepat, mendapatkan laporan penjualan secara otomatis, serta memantau stok dan hasil penjualan kapan pun dan dimana pun secara online. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang InterActive MyResto.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.