Product IT Software & Hardware
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Bagi Anda para pelaku bisnis, baik yang baru maupun sudah lama dalam menjalankan bisnis, sudah waktunya bagi Anda untuk tahu waktu-waktu paling rawan dalam bisnis Anda. Kenapa Anda harus tahu? Dengan Anda tahu waktu-waktu tersebut, Anda bisa mencegah terjadinya kerugian yang bisa berakibat pada ketidakstabilan keuangan bisnis Anda.
Waktu-waktu yang paling rawan yang dimaksud disini adalah waktu-waktu ditahun- tahun pertama dimana perusahaan mulai beridiri dan beroperasi. Pada masa itu perusahaan ibarat bayi yang baru lahir yang membutuhkan perhatian dan banyak pengawasan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, maka bisnis pun terancam kolaps atau gulung tikar.
Menurut sebuah penelitian, ternyata di tahun-tahun pertama, 3 dari 10 perusahaan mengalami gulung tikar. So, mari kita simak bersama beberapa faktor yang harus Anda hindari pada waktu awal menjalankan bisnis, sebagai berikut:
Setelah Anda paham faktor-faktor diatas, ada beberapa hal sebagai solusi yang perlu Anda perhatikan pada waktu awal menjalankan perusahaan agar dapat terus beroperasi dan meningkat dengan baik:
1. Pilih lokasi yang sesuai dan strategis dengan usaha Anda. Lokasi menjadi faktor yang penting bagi Anda untuk dapat menyedot banyak pelanggan.
2. Pilih nama domain yang tepat jika Anda berjualan lewat internet. Penggunaan website selain sebagai media utama dalam berjualan, juga sebagai brand image bisnis Anda. Pilihlah jasa dan desain terbaik dalam membangun website agar bisnis Anda bisa dikenal dan diakses dari segala penjuru dunia.
3. Perlunya melihat riset pasar. Melakukan riset pasar berarti memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan. Pastikan apa yang Anda jual bermanfaat bagi kehidupan pelanggan Anda.
4. Memahami pentingnya voice of customer (keinginan pelanggan). Jika Anda menjual produk yang tidak dipahami manfaatnya oleh pelanggan, tentu hal itu akan memboroskan pengeluaran Anda, dan barang yang Anda jual pun juga terancam tidak laku. Untuk itu pahami dengan seksama keinginan pelanggan yang realitis untuk Anda sediakan.
5. Memenuhi hot market. Anda perlu mengetahui produk barang atau jasa yang sedang menjadi trend, guna mengembangkan produk Anda lebih baik lagi. Perlu Anda ingat, menjual produk barang atau jasa karena trend termasuk menjual barang musiman, yang artinya produk tersebut ada periode tertentu untuk trendnya menurun. Yang tak kalah penting, tetap jaga kualitas terbaik dari produk yang Anda jual.
Nah bagaimana menjaga kualitas produk tetap terbaik? Jawabannya ada dibawah ini:
a) Harga produk Anda harus mampu bersaing dengan kompetitor. Harga merupakan salah satu faktor penting dalam penjualan, jadi pastikan harga yang Anda tetapkan tidak merusak harga pasar yang sudah ada, agar tidak terjadi konflik dan kerugian yang bisa mempengaruhi bisnis Anda.
b) Pahami kelemahan dan kelebihan produk dari kompetitor Anda. Anda harus bisa memahami kelemahan dan keunggulan dari produk kompetitor. Dengan memahaminya, Anda akan tahu perbandingan, apa yang kurang dan lebih dari produk Anda. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat dan meningkatkan kualitas produk Anda dengan lebih baik lagi.
c) Time delivery. Bagaimana Anda bisa mengirim pesanan produk sesuai waktu yang telah disepakati dan diharapkan pelanggan. Terlebih jika Anda berjualan online, ketepatan waktu pengiriman produk yang telah disepakati bersama, menjadi hal krusial yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan kedepannya. Pastikan dan utamakan kejujuran dalam pengiriman barang.
6. Manajemen cashflow pemasukan dan pengeluaran perusahaan Anda dengan lebih cermat. Dalam manajemen cashflow akan lebih baik jika Anda menggunakan sistem software untuk keamanan dan keakuratan data cashflow, sehingga mengurangi kecurangan yang bisa timbul dari karyawan.
7. Melakukan perencanaan, monitoring dan analisis terhadap proses bisnis perusahaan Anda. Dalam proses ini, Anda harus seksama dalam memperhatikan setiap perencanaan, monitoring dan analisis tetap dalam jalur yang baik.
Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui dengan jelas waktu-waktu yang paling rawan dalam bisnis Anda, agar dapat terus mempertahankan keutuhan dari perusahaan Anda tanpa mengalami masalah-masalah yang rawan dalam pertumbuhan perusahaan Anda. Jadi tunggu apalagi, segera terapkan poin-poin diatas dalam bisnis Anda. Semoga sukses.
Sumber: www.bisniscoaching.com
JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.