Product IT Software & Hardware
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Sebelumnya, Intermezzo telah membahas tentang Strategi Promosi Online Gratis yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM. Nah, apakah Anda sudah mencobanya? Seperti yang telah dibahas pada artikel tersebut, strategi promosi online gratis memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi, jika Anda tidak melakukannya secara konsisten. Pasti hasilnya tidak akan segera tampak.
Karena itulah, Intermezzo ingin memberikan alternatif bagi pengusaha UKM untuk menjajal promosi online berbayar.
Tidak perlu khawatir untuk besarnya biaya yang harus Anda keluarkan. Karena beriklan secara online jauh lebih murah dibanding beriklan di media konvensional, seperti TV, radio, atau bahkan billboard.
Untuk beriklan di internet, Anda bisa menyesuaikan berapa anggaran sesuai kebutuhan. Jika anggaran sedikit, iklan tetap bisa dijalankan, akan tetapi jangkauannya tentu lebih sedikit. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.
Baca Juga: Strategi Promosi Online Gratis untuk UKM
Berikut adalah 5 strategi promosi online berbayar yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda!
1. Adakan Giveaway/ Lomba Berhadiah di Media Sosial
Strategi promosi online berbayar yang pertama adalah dengan mengadakan giveaway / lomba berhadiah di media sosial bisnis Anda. Jenis promosi ini paling banyak dilakukan di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.
Giveaway adalah membagikan produk gratis kepada follower media sosial yang telah memenuhi syarat tertentu. Biasanya dilakukan dengan sistem kuis. Follower harus menjawab pertanyaan tertentu di komentar atau pun me-repost postingan dan menandai temannya. Pemenang dipilih secara acak atau diseleksi berdasarkan kriteria tertentu.
Anda bebas menentukan mekanisme giveaway yang ingin Anda lakukan. Biasanya, syarat yang diberlakukan pada giveaway cenderung memudahkan dan tidak terlalu sulit. Karena nilai hadiah yang dibagikan pun kadang tidak terlalu tinggi.
Beda halnya dengan lomba berhadiah. Syarat yang ditetapkan pada lomba cenderung lebih sulit. Misalnya, lomba membuat review produk melalui blog/ video. Syarat tsb tentu lebih sulit dibandingkan hanya dengan me-repost postingan Instagram. Namun, hadiah yang didapat juga lebih bernilai dan worth it untuk pemenang lomba.
Yang pasti, dalam membuat giveaway/lomba berhadiah, Anda harus memperhatikan tujuan yang ingin Anda capai. Jangan asal bagi-bagi hadiah. Tapi, tetapkan target khusus dari promosi tsb. Misalnya, Anda mengadakan giveaway dengan membagikan 5 produk gratis. Tujuannya apa? Salah satunya, Anda bisa menargetkan program tsb untuk meningkatkan jumlah follower dan engagement di media sosial Anda.
Begitu juga saat mengadakan lomba. Tentu jangan asal mengadakan lomba. Tapi, tetapkan tujuan dan target khusus untuk meningkatkan branding dan penjualan bisnis Anda.
2. Kerjasama dengan Influencer Populer
Strategi promosi online berbayar selanjutnya adalah kerjasama dengan influencer media sosial. Ini termasuk jenis promosi yang mulai banyak digunakan oleh para pemilik online shop saat ini.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum kerjasama dengan influencer adalah melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. Pilih influencer yang memiliki citra positif, memiliki engagement yang tinggi di media sosialnya, serta profil follower-nyayang sesuai dengan target pasar Anda.
Misalnya, Anda seorang pengusaha hijab syar’i. Anda bisa kerjasama dengan influencer yang kesehariannya mengenakan hijab syar’i. Dengan begitu, peluang menggaet follower dan customer baru akan semakin besar.
Untuk mencari influencer yang tepat, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs marketplace influencer di internet. Seperti halnya situs marketplace produk, situs marketplace influencer ini menampilkan berbagai profil influencer, jumlah follower, dan bahkan tarif kerjasama yang diberlakukan. Dengan layanan tesb, Anda bisa lebih mudah dalam menemukan influencer yang tepat untuk usaha Anda.
Oh ya, kerjasama dengan influencer ini terdapat beberapa jenis. Dua yang paling populer adalah endorsment dan paid promotion/ paid partnership.
Bedanya endors dan paid promotion terletak pada orisinalitas konten. Dalam kerjasama endorsment, Anda cukup mengirimkan produk Anda dan melakukan pembayaran sejumlah biaya yang ditentukan.
Lalu, influencer akan mempromosikan produk Anda di media sosial miliknya dengan konten (foto/ video/ caption) yang dibuat sendiri oleh si influencer bersama timnya. Sehingga, hasilnya akan terkesan lebih natural bahwa produk yang diunggah adalah rekomendasi langsung dari influencer (bukan iklan/ endorse).
Sedangkan untuk kerjasama paid promotion, konten promonya tidak dibuat sendiri oleh influencer bersangkutan. Jadi, jika Anda hendak melakukan kerjasama paid promotion, maka Anda lah yang harus menyiapkan kontennya sendiri.
Kelebihannya, harga yang ditawarkan kadang lebih murah dibanding endorsment. Namun, konten yang diunggah nanti akan terkesan tidak natural dan terlihat sebagai iklan. Sehingga kurang mendapat impresi dari follower si influencer.
Baca Juga: 3 Langkah Jitu Melejitkan Omzet UKM
3. Beriklan di Facebook/ Instagram
Strategi promosi online berbayar yang ketiga, coba beriklan di Facebook (Fb Ads) dan Instagram (IG Ads). Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau audiens baru dari berbagai latar belakang yang Anda inginkan. jika Anda mengatur iklan dengan tepat, Anda bisa menyasar audiens sesuai dengan target pasar Anda.
Menariknya, saat beriklan di Facebook/ Instagram, Anda bisa menyesuaikan tujuan beriklan secara lebih spesifik, apakah hanya untuk brand awareness, mempromosikan media sosial, atau pun untuk konversi (penjualan).
Anda juga bisa menentukan besarnya anggaran sesuai kebutuhan Anda. Sehingga, tidak perlu takut iklan Anda akan memakan banyak biaya, karena besarnya anggaran tergantung pada tujuan iklan dan jangkauan iklan tsb.
Namun, jangan langsung kecewa jika iklan pertama Anda tak terlalu menghasilkan. Karena dalam beriklan di Facebook/ Instagram memang bukan pekerjaan mudah. Butuh latihan panjang yang dilakukan berulang-ulang, sehingga Anda bisa menemukan pola yang tepat. Mulai dari pemilihan konten iklan, audiens yang menjadi sasaran, dll.
4. Iklankan Toko Online Anda di Situs Marketplace
Bagi Anda yang berjualan di marketplace, seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll, coba manfaatkan fitur iklan untuk meningkatkan penjualan Anda.
Strategi promosi online berbayar yang keempat ini hampir sama dengan iklan Facebook dan Instagram. Bedanya, konten iklan Facebook dan Instagram terposting di timeline.Sedangkan iklan marketplace menempatkan toko Anda di pencarian teratas atau dalam daftar produk unggulan. Dengan begitu, toko Anda di marketplace berpeluang lebih besar untuk diklik pengunjung, dan akhirnya melakukan pembelian di toko online Anda.
Masing-masing situs marketplace punya kebijakan yang berbeda-beda dalam beriklan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll, memiliki aturan tersendiri bagi seller/ merchant yang ingin beriklan. Untuk mengetahui syarat lebih lanjut, Anda bisa langsung membuka situs mereka dan mempelajari mekanisme iklan yang diterapkan.
Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan
5. Iklankan Website Anda melalui Google AdWords
Jika Anda mempunyai website, maka cara promosi online berbayar yang kelima ini bisa Anda coba. Beriklan di Google adalah alternatif jitu bagi Anda yang baru membuat website dan belum memiliki banyak pengunjung. Cara ini juga lebih praktis dibanding melakukan strategi SEO yang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih panjang.
Dengan beriklan di Google, Anda bisa memilih keyword tertentu sesuai bisnis Anda, dan menjadikan website Anda di posisi terbaik saat pengguna mencari keyword tersebut di Google. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit di Bandung. Anda bisa beriklan di Google AdWords untuk keyword “jual sepatu kulit”, “sepatu kulit bandung”, dll. Sehingga, saat seseorang mengetik keyword tersebut di Google, maka hasil pencarian akan menunjukkan website Anda di posisi teratas. Harapannya, tentu saja akan lebih banyak pengunjung tertarget yang mengunjungi website Anda dan berpeluang besar melakukan pembelian.
Sebelum beriklan ke Google, Anda juga perlu mempelajari kebijakan Google AdWords dengan baik, sehingga iklan Anda berhasil ditampilkan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset keyword yang tepat, agar iklan Anda tepat sasaran.
Perlu Anda ketahui juga, harga tiap keyword akan berbeda-beda. Ada keyword tertentu yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi (jarang dicari), sehingga harganya murah. Namun, ada juga yang tingkat persaingannya tinggi, sehingga harganya pun mahal. Untuk itu, riset keyword sangat perlu Anda lakukan secara matang.
Jangan sampai telah mengeluarkan banyak biaya, tapi iklan Anda justru tak menghasilkan.
Demikian 5 strategi promosi online berbayar yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda. Sama halnya dengan promosi online gratis, jangan hanya mencoba sekali saja. Lakukan berulang sampai Anda temukan pola beriklan yang tepat dan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.