Product IT Software & Hardware
7 Modus Kecurangan Karyawan Ini Bisa Menyebabkan Restoran Anda Bangkrut
Kecurangan karyawan adalah salah satu masalah krusial yang sering dihadapi para pebisnis. Menurut survei yang dilakukan sebuah perusahaan konsultan Jack L. Hayes International, 1 dari 40 karyawan ditangkap karena ketahuan mencuri di toko ritel majikannya.
Survei tersebut juga mengungkap bahwa kemungkinan seorang karyawan mencuri bisa mencapai 75% lebih besar dibanding pihak luar.
Tentu, sebagai pebisnis Anda wajib waspada tentang segala kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan Anda.
Jangan sampai hanya karena sibuk memikirkan strategi bisnis, Anda tidak menyadari ternyata ada ‘tikus’ dari dalam yang merugikan bisnis Anda.
Karena itulah, Anda perlu memahami modus kecurangan yang biasa dilakukan karyawan untuk mengambil keuntungan pribadi.
Kali ini Intermezzo akan membahas secara khusus tentang 7 modus kecurangan karyawan restoran yang perlu Anda pahami. Kami juga menambahkan langkah solutif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya modus kecurangan tersebut.
Modus Kecurangan Karyawan Restoran
Berikut adalah 7 modus kecurangan karyawan restoran, mulai dari kecurangan yang umum dilakukan, hingga yang jarang dideteksi majikan.
1. Mencuri Uang/ Stok Bahan Baku
Kecurangan paling umum yang dilakukan oleh karyawan adalah mencuri uang hasil penjualan atau stok bahan baku.
Kalau di restoran, karyawan yang paling sering melakukan kecurangan ini adalah mereka yang berurusan secara langsung dengan uang dan bahan baku, antara lain: kasir yang bertugas menerima pembayaran atau tim marketing yang memiliki keleluasaan bertransaksi dengan klien.
Sedangkan mereka yang berurusan dengan bahan baku diantaranya adalah stokis, kepala gudang, atau bahkan chef.
Namun, tidak menutup kemungkinan jika selain oknum tersebut juga bisa melakukan pencurian uang atau stok bahan baku.
Jadi, Anda pun harus selalu teliti dalam mengawasi kinerja karyawan Anda.
2. Menaikkan Harga Makanan
Jenis kecurangan ini lebih mungkin dilakukan karyawan yang memiliki kesempatan bertransaksi secara langsung dengan pelanggan.
Dengan menaikkan harga, karyawan curang ini bisa mendapat keuntungan pribadi. Tentu hal ini akan merugikan Anda sebagai pemilik restoran. Karena restoran Anda akan dikenal lebih mahal oleh konsumen.
Sehingga, bagi beberapa konsumen yang sensitif dengan harga akan memilih beralih ke restoran lain yang lebih murah.
3. Tidak Menyerahkan Struk
Kasir curang yang berniat mengambil keuntungan pribadi akan dengan sengaja tidak menyerahkan nota pembayaran kepada pembeli. Biasanya hal ini sengaja dilakukan agar pelanggan restoran Anda tidak tahu berapa biaya yang seharusnya mereka keluarkan.
Salah satu modus yang biasanya dilakukan kasir curang ini adalah dengan mengatakan printer rusak, sehingga tidak bisa mencetak struk. Padahal, mereka sengaja berbohong agar total harga sebenarnya tidak diketahui oleh pelanggan restoran Anda.
4. Tidak Menyerahkan Uang Kembalian
Jangan anggap remeh uang kembalian yang hanya ribuan rupiah saja. Karena jika dikalikan dalam setahun, uang tersebut bisa mencapai ratusan ribu dan bahkan sampai jutaan rupiah. Tentu, Anda bisa mengalami kerugian yang cukup banyak akibat kecurangan tersebut.
Misalnya saja dalam sehari terjadi 20 kali transaksi, dan kasir mengambil uang kembalian sebesar Rp. 500 per orang. Maka dalam sehari si kasir curang bisa mendapatkan Rp. 10.000. Jika dikalikan dalam setahun, kasir tersebut bisa mengumpulkan uang kembalian hingga 3 juta rupiah lebih.
Tentu angka yang cukup fantastis, mengingat dalam sehari bisa terjadi lebih dari 20 kali transaksi, dan nilai uang kembaliannya pun bisa lebih besar dari Rp. 500.
5. Menyalahgunakan Data Member
Dengan keleluasaan akses data member, karyawan restoran Anda juga bisa menyalahgunakan data tersebut untuk mengambil keuntungan pribadi.
Biasanya, sebelum transaksi, kasir akan menanyakan apakah pelanggan punya kartu member atau tidak.
Bila tidak, kasir bisa saja memasukkan nomor ID dari member yang mereka hafal. Sehingga laporan transaksi yang terekam di mesin kasir menunjukkan harga yang lebih murah karena mendapatkan potongan harga normal.
Namun, si kasir menyebutkan total harga normal kepada pelanggan, dan menggunakan selisih harga (potongan member) sebagai keuntungan pribadi.
Sama halnya dengan kecurangan sebelumnya. Mungkin uang yang diambil tidak seberapa. Tapi jika dilakukan rutin pasti bisa terkumpul uang yang banyak dan merugikan bisnis restoran Anda.
6. Menyalahgunakan Program Promo
Salah satu bentuk kecurangan karyawan restoran yang keenam adalah menyalahgunakan program promo.
Biasanya, jika ada promo potongan harga, bonus makanan, dll, karyawan curang tidak akan memberitahu program promo tersebut kepada pelanggan, tapi malah memanfaatkan promo tersebuut untuk kepentingan pribadi.
7. Mengakali Laporan Penjualan
Jenis kecurangan ini lebih mungkin dialami bagi Anda yang masih mempercayakan pembuatan laporan keuangan secara manual pada karyawan.
Biasanya, karyawan curang akan mengakali laporan keuangan dengan menambahkan banyak pengeluaran dan mengurangi jumlah pemasukan, agar total yang sebenarnya bisa diambil keuntungan pribadi.
Cara Mengatasi Karyawan Curang
Setelah mengetahui 7 modus kecurangan karyawan restoran, sekarang saatnya Anda mempersiapkan diri melakukan pencegahan. Jangan sampai karyawan di restoran Anda melakukan salah satu dari 7 modus kecurangan tersebut.
Berikut adalah 7 langkah strategis untuk mengatasi karyawan curang di restoran Anda.
1. Selektif dalam Merekrut Karyawan
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari kecurangan adalah selektif dalam merekrut karyawan. Perhatikan betul track record atau pengalaman kerjanya selama ini.
Selain itu, jangan hanya fokus merekrut karyawan dengan kualitas hard skill yang mumpuni. Tapi, pertimbangkan juga bagaimana attitude dan soft skill mereka.
2. Lakukan Uji Kejujuran
Anda juga bisa melakukan uji kejujuran sederhana untuk mengetes kejujuran karyawan Anda. Misalnya, coba letakkan uang secara diam-diam dekat karyawan Anda, dan coba perhatikan bagaimana reaksinya. Apakah dia akan mengambil uang tersebut tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu, atau pun sebaliknya.
3. Lakukan Audit Internal secara Rutin dan Mendadak
Untuk meningkatkan kinerja karyawan Anda, terutama dalam perekapan data administrasi, Anda perlu melakukan audit internal secara rutin. Sehingga, karyawan Anda terbiasa bekerja sesuai prosedur dan terhindar dari melakukan kecurangan.
Anda juga bisa melakukan audit internal secara mendadak untuk memastikan karyawan Anda bekerja dengan baik kapanpun.
4. Awasi Kinerja Karyawan dari CCTV
Anda bisa melengkapi restoran Anda dengan kamera tersembunyi (CCTV) agar kinerja karyawan Anda bisa diawasi secara lebih optimal. Dengan begitu, karyawan akan lebih disiplin dan berpikir berulang kali sebelum melakukan kecurangan.
Untuk mendapatkan CCTV dengan fitur dan harga terbaik, Anda bisa kunjungi pusat CCTV terlengkap dan berkualitas disini.
5. Miliki Alat Kasir/ POS Modern Berbasis Software
Dari pembahasan 7 modus kecurangan karyawan di atas, hampir semuanya mengarah pada kecurangan kasir. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melengkapi restoran Anda dengan alat kasir/ POS (Point of Sales) modern yang bisa meminimalisir kecurangan.
Dalam memilih software POS, Anda perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih software restoran yang bisa cek stok bahan baku secara real time kapanpun dan dimanapun. Sehingga dapat mengurangi potensi pencurian stok bahan baku.
Anda juga perlu memilih software POS yang bisa menyajikan laporan omzet secara otomatis setiap harinya, sehingga Anda tidak perlu susah payah hitung manual lagi.
6. Buat Laporan Keuangan Anda dengan Software Akuntansi
Akan lebih efektif jika Anda memilih software POS yang terintegrasi secara langsung dengan software akuntansi. Sehingga Anda bisa mendapatkan laporan akuntansi secara lebih lengkap dan detail.
Mulai dari perhitungan laba-rugi, arus kas, hingga faktur pajak. Sehingga, potensi kecurangan karyawan untuk mengakali laporan keuangan bisa diminimalisir.
7. Lakukan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan Anda
Pencegahan kecurangan karyawan yang ketujuh yaitu lakukanlah komunikasi yang baik dengan semua karaywan Anda. Pahami kebutuhan mereka dan cari tahu bagaimana latar belakang kehidupannya sehari-hari.
Bersikap lebih dekat dan akrab dengan semua karyawan akan membuat mereka lebih nyaman kepada Anda. Sehingga mereka pun akan lebih sungkan untuk melakukan kecurangan.
Selain itu, jika karyawan Anda mengalami keculitan finansial, mereka akan lebih terbuka mengatakannya kepada Anda daripada memilih berbuat curang.
Di era serba IT ini, sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit untuk mencegah kecurangan karyawan. Dengan memiliki teknologi canggih dalam usaha restoran Anda, kemungkinan karyawan berbuat curang bisa diminimalisir.
Untuk itu, pastikan restoran Anda memiliki sistem POS yang memadai untuk mencegah kecurangan karyawan. Pilih software POS yang telah terintegrasi software akuntansi, sehingga memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara otomatis.
Software InterActive MyResto adalah software restoran nomor 1 yang telah digunakan lebih dari 3000 restoran di seluruh Indonesia. Fitur-fitur InterActive MyResto tidak hanya memudahkan Anda dalam manajemen resto sehari-hari, tapi juga membantu Anda dalam mencegah kecurangan karyawan.
Kabar baiknya, software InterActive MyResto kini bisa diintegrasikan dengan software akuntansi online. Sehingga Anda pun tak perlu kebingungan lagi dalam menghitung omzet, laba-rugi, hingga membuat faktur pajak.
Karena semua laporan neraca keuangan, arus kas, hingga faktur pajak bisa dibuat secara otomatis oleh software.
Hebatnya lagi, karena software ini berbasis online, Anda bisa cek laporan keuangan restoran Anda kapanpun dan dimanapun.
Mau menjalankan bisnis restoran semudah ini? Plus terhindar dari berbagai modus kecurangan karyawan? Software InterActive MyResto solusinya. Dapatkan harga terbaik software InterActive MyResto disini.
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.