Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini

by InterActive crew ~ 29 Desember 2018

Harga merupakan sebuah hal yang krusial dalam menjual sebuah produk atau jasa. Hal ini cukup beralasan karena sebagian besar karakter konsumen di Indonesia masih terbilang konsumen yang sensitif terhadap perubahan harga. Apalagi jika perubahan harga tersebut dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Kepuasan pelanggan pun bisa menurun karena hal ini.

Di tengah kondisi ekonomi Indonesia saat ini, dimana harga bahan dan biaya produksi rata-rata meningkat tajam, telah membuat pelaku usaha untuk mau tidak mau harus menaikkan harga agar tetap bisa meraup untung dari bisnisnya.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam hukum permintaan, jika harga suatu barang dan jasa naik maka akan menyebabkan turunnya permintaan. Nah lantas apa yang harus Anda dilakukan jika terpaksa menaikkan harga produk atau jasa? Sedangkan Anda tidak rela untuk harus kehilangan pelanggan.

Berikut ini akan dibagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, mari kita simak bersama:

 

1. Menambah atau Meningkatkan Nilai Produk
Ketika Anda harus menaikkan harga produk atau jasa dan tetap ingin diterima konsumen salah satunya jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan menambah atau meningkatkan nilai produk yang sesuai dengan budget Anda, sehingga harga produk tidak terlalu tinggi. Misalnya Anda memodifikasi kemasan produk sehingga akan nampak lebih mewah nan menawan dan layak dihargai mahal; atau Anda mengganti bahan dari produk Anda dengan yang lebih berkualitas.

Dengan adanya perubahan nilai dan kualitas yang lebih baik dan masuk akal dari sebuah produk atau jasa, maka akan membuat pelanggan akan merasa bahwa kenaikkan harga tersebut adalah hal yang wajar dan baik untuk mereka.

 

2. Memberikan Penjelasan yang Logis dan Jujur
Ketika perusahaan Anda harus memutuskan untuk menaikkan harga produk, dan para pelanggan Anda akan bertanya serta ingin tahu alasan dibalik kenaikkan harga tersebut, maka Anda perlu menjelaskanlah dengan bahasa yang mudah diterima oleh pembeli Anda dan masuk akal. Memberikan penjelasan yang logis dan jujur atas alasan menaikkan harga produk atau jasa yang Anda jual, akan membuat mereka untuk tetap bersedia membeli produk atau jasa dari Anda.

 

3. Melakukan Pemberitahuan Sebelum Menaikkan  Harga
Ada baiknya ketika Anda akan menaikkan harga produk, terlebih dahulu untuk memberitahukan kepada pelanggan maupun calon pelanggan melalui media cetak maupun media elektronik. Sehingga para pelanggan tidak akan terkejut maupun  merasa dirugikan dengan keputusan itu ketika membeli produk Anda. Dengan adanya pemberitahuan sebelumnya maka akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai, terlebih bagi mereka yang telah menjadi pelanggan setia Anda.

 

4. Memberikan Kejutan Berupa Bonus atau Reward
Dengan adanya kenaikan harga produk yang sudah Anda beritahukan sebelumnya, maka akan membuat pelanggan Anda untuk berfikir dua kali ketika mereka ingin membeli produk atau jasa dari Anda.

Untuk itu agar para pelanggan Anda tidak kabur, salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan penawaran menarik setiap kali mereka membeli produk Anda, yang disesuaikan dengan beberapa ketentuan.

Misalnya Anda memberikan voucher dengan nilai tertentu, kupon undian atau gift yang bisa Anda berikan secara lebih personal. Dalam hal ini Anda dituntut untuk berpikir lebih kreatif tentang bagaimana caranya memberikan penawaran atau bonus yang dapat menarik para pelanggan. Terlebih jika bonus tersebut Anda berikan  tenggat waktu tertentu untuk menciptakan urgensi bagi mereka untuk segera membeli produk Anda. Sehingga mereka akan berpikir bahwa kenaikkan harga bukan suatu masalah, jika akhirnya mereka mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Jadi dengan beberapa tips diatas, Anda tak harus ragu dalam menaikkan harga produk Anda kepada pelangga. Segera praktekkan, dan sukses selalu. 

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Modern Management System

    30 September 2019

    Awal semester 2 tahun 2019, kami tersentak mendengar konsep “Modern Management System”  yang diajukan oleh salah ...

    Selengkapnya
  • 5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda

    26 September 2019

    Sebelumnya, Intermezzo telah membahas bahwa generasi millenial memiliki karakter yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Un ...

    Selengkapnya
  • 10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka

    25 September 2019

    Mulai tahun 2016, golongan pekerja di seluruh dunia banyak diisi oleh kaum millenial atau mereka yang lahir antara tahun 1980-2000 ...

    Selengkapnya