10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

by InterActive crew ~ 08 Nopember 2018

Sebelumnya saya rasa Anda sudah membaca dan memahami artikel; cara terbaik untuk membuat segmentasi pelanggan Anda (jika belum bisa Anda klik disini). Nah kali ini ada lanjutan dari artikel tersebut yang sangat sayang jika Anda lewatkan, yuk mari kita pahami bersama.

Keinginan konsumen merupakan salah satu hal dalam pemasaran suatu produk yang tidak mudah untuk dimengerti. Produk seperti apa yang mereka suka, apa yang tidak mereka sukai dari produk kita, berapa harga yang mereka inginkan dan banyak rahasia lain yang tersimpan rapat di benak mereka. Untuk itu kita perlu memerlukan pendeketan psikologis kepada calon pelanggan, untuk mengerti keinginan dan masalah mereka, sehingga kita bisa menjual produk yang bermanfaat bagi mereka.

Berikut ini mari kita simak beberapa hal untuk menguak tentang keinginan konsumen yang perlu Anda ketahui.

1. Mayoritas orang menyukai kejutan, karena akan menciptakan rasa penasaran untuk perubahan pada rutinitas kehidupan mereka secara tiba-tiba. Tentu kejutan yang diharapkan bersifat positif bukan sebaliknya. Anda bisa menyesuaikan kejutan apa yang sekiranya pas untuk Anda berikan pada pelanggan yang membeli produk Anda, bisa berupa barang maupun jasa.
Pastikan nilai dari kejutan ini sesuai dengan budget yang Anda miliki dan bukan justru membuat Anda rugi. 

2. Kebanyakan orang, ingin hidup lebih praktis. Jadi, sederhanakan cara pemesanan dan cara menggunakan produk yang Anda jual. Semakin praktis pemesanan dan penggunaan produk yang Anda jual, semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan pelangan. Anda juga bisa menciptakan keunikan cara pemesanan atau pembelian produk Anda dari yang sudah dilakukan oleh kompetitor, sehingga produk Anda akan lebih mudah diingat orang banyak.

3. Setiap orang menginginkan rasa aman. Beritahu calon konsumen, bahwa Anda memiliki jaminan sistem pemesanan yang aman dan penggunaan barang yang Anda jual juga aman. Jaminan tersebut bisa berupa garansi pengiriman maupun garansi produk jual dalam kurun waktu tertentu untuk membuat pelanggan percaya menggunakan produk Anda.

4. Mayoritas orang menyukai pujian terhadap prestasi yang pernah dicapai. Untuk itu Anda bisa memberikan sedikit ucapan pujian kepada calon pelanggan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa senang dan dihargai atas apa yang pernah dicapai. Setelah mereka merasa diperhatikan, barulah Anda mulai untuk menawarkan produk yang bermanfaat untuk mereka.

5. Banyak orang yang penasaran dengan hal-hal yang bisa merubah gaya hidupnya. Gunakan kata-kata yang membuat pembaca iklan Anda merasa penasaran. Mulai dari judul hingga konten buat semenarik mungkin untuk menggugah rasa keingin tahuan mereka akan apa yang Anda tulis dalam iklan.
Tak lupa pula kedepankan unsur kejujuran dalam apa yang Anda tulis dalam iklan. Jangan sampai calon pelanggan Anda tertipu dengan apa yang Anda tulis.

6. Kebanyakan orang, ingin berinventasi untuk masa depannya. Pastikan Anda memberikan kalimat penawaran yang tepat kepada pelanggan. Jangan sampai kalimat pertama yang Anda lontarkan kepada calon pelanggan akan ditolak begitu saja. Contohnya saja, kalimat yang tepat untuk penawaran seperti “Investasikan uang Anda dengan produk dari kami…“, lebih baik daripada Anda menggunakan kalimat “Belilah produk kami…”.

7. Banyak orang menginginkan model produk terbaru atau yang sedang menjadi hits di pasaran. Jelaskan kepada calon pelanggan, bahwa produk Anda adalah produk terbaru saat ini. Tapi perlu di ingat bahwa produk yang sedang menjadi tren tidak banyak yang bertahan lama, karena hanya bersifat musiman. Namun karena sifat musiman ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang banyak pula.

8. Setiap orang, pasti ingin mengatasi permasalahannya. Tuliskan masalah mereka dan tunjukkan bagaimana produk Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Berikan solusi yang tidak berlebihan tetapi masuk akal untuk segera di praktekkan ke calon pelanggan Anda. Dalam memberikan solusi dari masalah calon pelanggan, Anda bisa menggunakan bahasa yang persuasif untuk mempengaruhi dan membuat pelanggan untuk segera membeli produk Anda.

9. Kebanyakan orang, ingin membahagiakan orang disekelilingnya. Tunjukkan bagaimana manfaat dari produk yang Anda jual kepada calon pelanggan, akan bisa membuat bahagia orang yang ada disekeliling mereka. Pun dengan mereka yang telah membeli produk Anda juga akan merasa bahagia.

10. Kebanyakan orang, ingin mengatasi penghalang dalam mencapai tujuan hidupnya. Tunjukkan apa saja yang bisa mereka raih dengan produk Anda. Lagi-lagi ini soal manfaat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, karena pelanggan lebih peduli dengan manfaat dari produk yang Anda jual daripada fitur-fitur produk Anda, yang tidak semua calon pelanggan akan mengerti.

Setelah Anda memahami 10 pendekatan psikologis diatas, jangan lupa untuk segera Anda terapkan dalam bisnis Anda, karena HASIL tak akan pernah mengkhianati USAHA Anda. Selamat bekerja  

JANGAN LUPA UNTUK SHARE KE REKAN-REKAN ANDA.....

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Leadership for Millenials Era

    05 September 2019

    Kalau kita bicara mengenai l eadership , seringkali kita langsung terngiang tentang karakter. Yess! Yang namanya kepemimpinan bi ...

    Selengkapnya
  • Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis

    31 Agustus 2019

    Apakah saat ini Anda sedang mencari rekomendasi software payroll terbaik? Sekarang Anda  tidak perlu bingung lagi. Kali ini I ...

    Selengkapnya
  • Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda

    30 Agustus 2019

    Sebelumnya, Intermezzo telah membahas banyaknya manfaat dan  keuntungan menggunakan software payroll/ HRIS  untuk perusa ...

    Selengkapnya