5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona

by InterActive crew ~ 27 April 2020

Di tengah wabah corona saat ini, banyak pebisnis restoran mengeluhkan penurunan kunjungan pelanggan. Sejak adanya himbauan dari pemerintah agar masyarakat berada di rumah, banyak restoran terkena imbasnya. Jumlah pelanggan yang berkunjung semakin minim dan pesanan yang masuk melalui aplikasi ojek online pun ikut menurun. Lalu, apa yang bisa dilakukan para pebisnis restoran agar tetap bertahan?

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial restoran. Menurut riset Facebook, penggunaan media sosial meningkat selama terjadi wabah corona. Seperti di Indonesia, penggunaan media sosial Facebook meningkat 30% dan Instagram meningkat hingga 35%.

Hal ini tidak mengherankan, karena aktifitas masyarakat saat ini lebih banyak dihabiskan di rumah. Sehingga bukan hal yang aneh jika masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di media sosial.

Di sinilah yang bisa kita jadikan peluang. Karena banyak orang menghabiskan waktunya di media sosial, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi di sana. Anda juga bisa meningkatkan branding agar lebih banyak orang yang tahu dengan restoran Anda. Sehingga akhirnya tertarik melakukan pemesanan secara online.

Baca Juga: 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara optimasi Instagram restoran agar dapat meningkatkan penjualan di tengah wabah corona? Tidak perlu bingung lagi, berikut 5 trik optimasi Instagram restoran yang bisa Anda praktekkan sekarang juga.

 

1. Bagikan Kabar Baik Tentang Corona

Prinsip utama yang perlu Anda ketahui sebelum opimasi Instagram restoran adalah, perbanyak memposting informasi bermanfaat untuk audiens. Jangan hanya mengirim info-info promo yang cenderung hard selling. Hal ini agar akun Instagram Anda tidak dinilai spamming, sehingga membuat follower kesal dan memilih unfollow.

Salah satu ide konten yang bisa Anda posting adalah kabar baik tentang corona. Saat ini banyak masayarakat panik akibat terlalu banyak mengonsumsi berita buruk tentang corona. Nah, Anda bisa menjadi angin segar dengan mengirim kabar baik seputar corona. Misalnya, jumlah pasien yang sembuh, perjuangan tenaga medis yang tidak kenal lelah, hingga banyaknya donatur yang saling gotong royong membantu sesama.

Dengan memposting hal semacam itu, follower akan lebih respect terhadap restoran Anda. Sehingga tidak menutup kemungkinan dapat meningkatkan ketertarikan mereka untuk segera memesan makanan ke restoran Anda. Setidaknya ini adalah langkah awal yang baik untuk membangun interaksi dengan follower Anda di Instagram.

 

2. Bagikan Tips Pencegahan Virus Corona

Tips optimasi Instagram restoran yang kedua ini masih berhubungan dengan tips yang pertama. Jadi, selain membagikan kabar baik seputar corona, Anda juga bisa membagikan beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona. Kemas info tersebut dalam bentuk foto, video, atau infografis yang menarik agar interaksi follower di Instagram Anda  semakin meningkat.

Baca Juga: Tips Optimasi Istagram untuk Meningkatakan Penjualan Restoran

 

3. Bagikan Cara Anda Menjaga Restoran Tetap Steril

Jika pada poin ke-2 Anda membagikan tips pencegahan virus corona, maka di poin ketiga ini bisa dibilang sebagai bentuk prakteknya. Anda bisa membagikan langkah-langkah atau usaha apa saja yang telah Anda lakukan dalam menjaga restoran tetap bersih dan steril.  Langkah ini juga penting sebagai salah satu trik optimasi Instagram restoran yang perlu Anda coba.

Misalnya, Anda posting bagaimana kegiatan di restoran Anda saat menyemprotkan desinfektan ke bagian dapur, menyortir bahan makanan secara lebih mendalam agar terjamin higinis, hingga mewajibkan kurir yang mengantar makanan untuk memakai masker dan hand sanitizer.

Foto atau kemas dalam bentuk video yang menarik, sehingga follower Anda bisa tahu bahwa Anda serius melakukan pencegahan penyebaran virus corona di restoran Anda. Sehingga pelanggan tidak perlu takut jika ingin memesan makanan dari restoran Anda.

 

4. Cantumkan Informasi Delivery Order

Langkah optimasi Instagram yang keempat adalah cantumkan delivery order yang Anda tawarkan. Baik itu layanan delivery order secara mandiri atau yang Anda layani melalui aplikasi ojek online. Hal ini penting, agar follower yang kebetulan menjelajahi akun restoran Anda bisa mengetahui informasi tersebut. Setidaknya, mereka tahu terlebih dahulu bahwa Anda melayani delivery order. Selanjutnya, tinggal mereka ingin memesan pada saat itu juga/ menunggu kesempatan lainnya.

Untuk di Instagram, Anda bisa memposting informasi delivery order di feed maupun story yang kemudian di-highlight. Sertakan juga bagaimana cara order dan keuntungan apa saja yang bisa didapat follower jika memesan makanan di restoran Anda. Misalnya, khusus follower bisa mendapatkan diskon special atau penawaran menarik lainnya.

 

5. Berikan Voucher/ Giveaway yang Menarik

Trik kelima yang perlu Anda lakukan untuk optimasi Instagram restoran agar dapat meningkatkan penjualan selama wabah corona adalah dengan memberikan voucher/ giveaway bagi follower terpilih. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengadakan kuis yang memiliki beberapa syarat tertentu.

Dengan mengadakan giveaway semacam ini, Anda berpeluang menarik lebih banyak follower dan tentunya bisa meningkatakn brand awareness restoran Anda. Karena itulah, kemas giveaway secara menarik dan tawarkan hadiah yang dapat membangkitkan minat follower untuk berlomba memenangkannya.

Baca Juga: Tips Optimasi Instagram Secara Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan

Demikian 5 trik optimasi Instagram restoran yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di tengah wabah corona saat ini. Lima trik di atas tidak menjamin dapat meningkatkan penjualan restoran Anda secara langsung. Namun, jika dilakukan secara tekun dan maksimal, bukan tidak mungkin Anda pun akan mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengelola media sosial yang baik untuk bisnis restoran Anda, sebaiknya gunakan jasa agensi digital profesional. Pilih agensi terpecaya yang terbukti berpengalaman mengelola media sosial banyak klien, seperti InDeo. Dengan memanfaatkan jasa pengelolaan media sosial InDeo, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana mencari ide konten, dsb. InDeo akan mengerjakannya untuk Anda, dan Anda pun cukup memantaunya secara online. Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.indeo.id.

 

Sumber: Intermezzo

Tags:

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya
  • 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini. Merebaknya virus corona di I ...

    Selengkapnya