5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

by InterActive crew ~ 27 April 2020

Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini.

Merebaknya virus corona di Indonesia menambah tantangan baru bagi para pelaku usaha. Tak hanya berdampak pada masalah kesehatan, namun juga menghambat laju investasi dan dunia usaha. Apalagi, sejak pemerintah menghimbau seluruh warga agar bekerja, belajar dan beribadah di rumah, kegiatan di luar rumah pun menjadi terbatas.

Bisnis resto dan kafe adalah salah satu bidang usaha yang harus kena imbasnya. Sejak adanya himbauan untuk tetap berada di rumah, sejumlah restoran/ kafe sepi pengunjung. Akibatnya, banyak restoran terpaksa tutup sementara. Mulai dari restoran di mal-mal besar, hingga kedai, kafe, dan warung pinggir jalan.

Kebanyakan para pemilik resto dan kafe ini pun akhirnya mengandalkan layanan delivery order melalui aplikasi ojek online. Namun, seberapa efektifkah layanan tersebut? Ternyata tidak sepenuhnya efektif.

Selama wabah corona, banyak restoran yang mengalami penurunan jumlah pesanan dari aplikasi ojek online. Bahkan, saat mereka mendapatkan banyak orderan, para driver yang mengantri ke retoran malah diusir paksa oleh petugas untuk mencegah kerumunan.

Kondisi ini membuat sebagian besar pebisnis restoran kebingungan. Apa yang harus dilakukan agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona seperti sekarang?

Berikut adalah 5 strategi bisnis yang bisa Anda praktekkan agar bisnis restoran Anda bertahan di tengah wabah corona.

 

1. Layani Delivery Order Secara Mandiri

Strategi agar bisnis restoran Anda bertahan di tengah wabah corona sekarang adalah, buka layanan delivery order. Sebab, melayani dine in di tengah wabah seperti ini sudah tidak memungkinkan lagi. Saat ini masyarakat dihimbau agar berada di dalam rumah dan mengurangi segala aktifitas di luar rumah. Tentu, masyarakat akan berpikir panjang jika sekadar ingin makan di sebuah restoran. Karena itulah, Anda perlu membuka layanan delivery order.

Namun, melayani delivery order melaui aplikasi ojek online juga bukan solusi sepenuhnya. Sebab, seperti disebutkan sebelumnya. Ternyata masih banyak kendala yang dihadapi ojek online saat mendapat pesanan. Salah satunya adalah resiko dibubarkan petugas saat mengantri membelikan makanan yang dipesan pelanggan. Alhasil, pesanan yang harusnya diantarkan ke pelanggan terpaksa dibatalkan. Tentu Anda sebagai pemilik restoran merasa dirugikan atas kondisi ini.

Sebagai solusi, saatnya Anda layani delivery order secara mandiri. Di samping kerjasama dengan ojek online, Anda juga bisa membuka delivery order mandiri. Mulai dari promosi open order secara mandiri ke kontak-kontak pelanggan, lalu mengantar pesanan ke pelanggan dengan kurir yang telah Anda siapkan sendiri.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan karyawan Anda—misalnya waiter atau kasir—sebagai kurir yang mengantar pesanan ke pelanggan. Sehingga mereka tetap mendapat pekerjaan dan tidak sampai di-PHK.

Dengan melayani delivery order secara mandiri, Anda bisa memastikan kurir dan makanan yang dikirim ke pelanggan terjamin bersih dan steril. Sehingga pelanggan Anda pun tidak perlu khawatir untuk memesan kembali ke restoran Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis UKM Paling Menjanjikan

 

2. Pastikan Restoran Anda Bersih dan Steril

Strategi kedua yang perlu Anda lakukan agar bisnis restoran tetap bertahan di tengah wabah corona adalah memastikan restoran Anda bersih dan steril. Hal ini sangatlah penting, bukan hanya untuk mencegah penularan virus Corona, namun juga mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap restoran Anda.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan, diantaranya: kebersihan tempat, makanan, dan karyawan.

Dapur adalah tempat paling vital yang perlu dijaga kebersihannya. Karena di sanalah semua bahan makanan diolah dan akan diantar kepada pelanggan.

Sedangkan untuk kebersihan makanan, Anda harus memastikan semua bahan makanan diperoleh dari tempat yang higinis dan sesampainya di dapur diolah dengan cara yang higinis pula.

Yang ketiga, pastikan semua karyawan Anda dapat menjaga kebersihan diri masing-masing. Mulai dari yang bertugas sebagai juru masak hingga kurir pengantar makanan kepada pelanggan.  

Selain menghimbau semua karyawan agar lebih rajin mencuci tangan, tak ada salahnya jika Anda menyemprotkan desinfektan ke restoran dan karyawan yang bertugas di lapangan, agar semuanya terjamin steril. Anda juga bisa melengkapi hand sanitizer khusus pada setiap kurir yang mengantar pesanan ke pelanggan, agar tangan mereka tetap dalam kondisi bersih dan steril.

Untuk melengkapi berbagai kebutuhan alat kesehatan berkaitan dengan pencegahan penularan virus corona, Anda bisa mendapatkan harga terbaik di InterActive atau klik di sini.

 

3. Aktifkan Media Sosial Restoran Anda

Strategi ketiga agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona adalah, aktifkan media sosial restoran Anda. Selain sebagai media promosi, Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan branding. Misalnya, Anda bisa membagikan usaha apa saja yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan kebersihan di restoran Anda. Bagikan juga bagaimana kurir-kurir yang mengantar pesanan pelanggan telah dilengkapi masker, hand sanitizer, dll, sehingga pelanggan Anda tidak perlu khawatir.

Di tengah wabah corona seperti ini, pengguna media sosial meningkat. Bahkan, menurut riset Facebook, penggunaan Facebook meningkat 30% dan Instagram meningkat 35%. Data tersebut jangan dilewatkan begitu saja. Anda perlu memanfaatkan media sosial restoran Anda untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, sehingga ketertarikan mereka untuk selalu terhubung semakin meningkat dan mereka pun tertarik melakukan pemesanan.

Namun, jika Anda bingung bagaimana mengelola media sosial yang baik, sebaiknya gunakan jasa pengelolaan media sosial dari pihak ketiga. Pilih agensi digital professional yang telah berpengalaman mengelola media sosial banyak klien. Sebagai referensi, Anda bisa manfaatkan jasa pengelolaan media sosial dari InDeo.  

Baca Juga: Strategi Optimasi Instagram untuk Restoran

 

4. Gunakan Teknologi Terbaru untuk Pemesanan Mandiri Secara Online

Pada poin pertama kami menyarankan Anda melayani delivery order secara mandiri agar bisnis restoran tetap bertahan di tengah wabah corona. Nah, poin keempat ini berhubungan dengan strategi tersebut. Jika Anda akan berencana melayani delivery order secara mandiri, tentu salah satu hal yang perlu Anda siapkan adalah sistem pemesanan yang mendukung.

Anda bisa menggunakan sistem manual dengan menyebar informasi open order ke kontak-kontak pelanggan, lalu merekap satu per satu pesanan yang masuk. Namun, cara ini sangatlah tidak efektif dan menguras banyak waktu. Karena itulah, diperlukan sistem pemesanan khusus yang memungkinkan pelanggan memesan secara lebih praktis.

InterActive MyOrder Link adalah solusinya. Anda bisa mendapatkan link yang bisa diakses pelanggan untuk melihat daftar makanan yang dijual dan bisa langsung dipesan secara online. Bahkan, pelanggan bisa langsung membayar pesanannya secara cashless. Setelah itu, Anda akan mendapat notifikasi pemesanan, sehingga tim dapur bisa langsung menyiapkan makanan yang dipesan dan segera mengantarnya kepada pelanggan.

Sekilas, sistem ini mirip dengan aplikasi pemesanan makanan pada ojek online. Hanya saja, sistem ini lebih eksklusif karena hanya menampilkan daftar makanan yang Anda jual. Sehingga restoran Anda pun terkesan lebih kekinian dan futuristik.

 

5. Utamakan Transaksi Cashless (Non Tunai)

Cara kelima yang perlu Anda lakukan agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah Corona, yaitu lebih mengutamakan transaksi secara cashless (non-tunai). Seperti banyak disarankan ahli kesehatan, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan infeksi virus corona adalah mengurangi penggunaan uang tunai. Sebab, kita tidak pernah tahu apakah uang tunai yang kita pegang terbebas dari segala macam kuman, bakteri, dan virus.

Sebagai langkah solutif, Anda perlu mengutamakan transaksi cashless yang lebih aman untuk mencegah penularan virus corona. Lagi pula, dengan menerapkan transaksi cashless, Anda bisa dapatkan banyak manfaat, diantaranya: Memudahkan rekap penjualan karena adanya riwayat transaksi yang terdata otomatis hingga mengurangi resiko penyebaran uang palsu.

Gunakan metode pembayaran QRIS yang memungkinkan Anda menerima berbagai macam aplikasi pembayaran hanya dengan menyiapkan 1 QR. Mulai dari pembayaran menggunakan OVO, Gopay, Dana, hingga LinkAja, semuanya bisa Anda terima hanya dengan menyediakan QRIS. Untuk mendaftar QRIS, klik website InterActive QRIS. Di sana, Anda bisa mendaftar QRIS secara online dan Anda bisa mendapatkan QRIS untuk toko/ bidang usaha Anda tak sampai 1 bulan sejak mendaftar.

Baca Juga: Cara Daftar QRIS Secara Online dan Gratis

Demikian 5 cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona. Yang pasti, di tengah kesulitan saat ini, teruslah berusaha dan jangan menyerah. Anda tidak sendirian dan kondisi ini bukan akhir dari perjalanan bisnis Anda. Lakukan 5 cara di atas dan terus lakukan kreatifitas tanpa batas.

InterActive sebagai pengembang software restoran yang telah digunakan lebih dar 3000+ restoran senantiasa mendukung Anda dengan berbagai solusi IT terbaru. Beberapa diantaranya adalah: InterActive MyOrder Link, InterActive QRIS, jasa pengelolan media sosial, hingga beragam alat kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.interactive.co.id.

 

Sumber: Intermezzo

Tags:

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

    28 April 2020

    Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itu ...

    Selengkapnya
  • 5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Di tengah wabah corona saat ini, banyak pebisnis restoran mengeluhkan penurunan kunjungan pelanggan. Sejak adanya himbauan dari pe ...

    Selengkapnya