Product IT Software & Hardware
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Apa itu psikologi harga? Memangnya, apa hubungannya ilmu psikologi dengan penentuan harga? Ternyata ada hubungannya lho! Bahkan, kita sering menjumpainya di berbagai promo diskon yang diadakan oleh vendor-vendor ternama. Tapi, mungkin kita tidak menyadari kalau ternyata ada peran ilmu psikologi yang bermain dalam menentukan harga-harga diskon tsb.
Contohnya, kita pasti sering melihat berbagai promo diskon yang menampilkan harga-harga seperti 49.999, 99.999, dst. Alih-alih berpikir bahwa harga-harga tsb lebih murah, ternyata selisihnya hanya 1 rupiah saja dari harga normal.
Seperti yang harga normalnya Rp. 100.000 dijual menjadi Rp. 99.999. Tentu kita lebih tertarik untuk membeli yang harganya Rp. 99.999. Padahal, selisihnya hanya 1 rupiah saja.
Di situlah permainan psikologi harga bekerja. Para penjual menentukan harga sedemikian rupa, sehingga kita lebih tertarik untuk membeli produk tsb secepatnya. Bagi konsumen, fakta ini mungkin terdengar cukup menyebalkan. Karena kita baru menyadari kalau ternyata selama ini kita sering dikelabuhi harga.
Sebaliknya, psikologi harga menjadi pembahasan penting yang perlu dikuasai para pengusaha, agar bisa meningkatkan penjualannya secara signifikan.
Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan
Karena itulah, Intermezzo akan mengulas 8 trik psikologi harga paling populer yang bisa Anda aplikasikan dalam membuat promo diskon. Berikut pembahasan selengkapnya.
1. Gunakan Teknik Harga Coret
Trik psikologi harga yang paling sering digunakan dalam menampilkan harga diskon adalah teknik coret. Anda cukup menampilkan 2 harga di label, yaitu harga yang didiskon dengan harga normal yang dicoret. Anda pasti sering menemuinya di berbagai mini market/ super market kan? Nah, inilah waktu yang tepat untuk meniru taktik tsb.
Dengan menampilkan dua harga seperti ini, konsumen akan merasa lebih diuntungkan, karena mereka bisa lebih berhemat jika membeli produk yang didiskon. Sehingga, mereka akan melakukan pembelian secepatnya.
2. Kurangi 1 Digit dari Harga Normal
Trik psikologi harga yang kedua adalah dengan mengurangi 1 digit dari harga normal. Ini juga termasuk terknik yang paling sering digunakan. Yakni, dengan mengurangi 1 digit/ 1 rupiah dari harga normal.
Contohnya, seperti yang telah dibahas di atas. Dari harga normal Rp. 50.000, ditulis menjadi harga Rp. 49.999, atau dari harga normal Rp. 100.000 menjadi harga Rp. 99.999.
Pengurangan 1 digit ini ternyata bisa memainkan kondisi psikologis konsumen lho! Meskipun hanya selisih 1 rupiah saja, mereka berpikir harga yang telah dikurangi 1 digit tsb terkesan lebih murah, karena mengira Rp. 99.999 hanya 90 ribuan saja (tidak sampai 100 ribu).
3. Gunakan Taktik Simpan Kata
Teknik psikologi harga selanjutnya adalah taktik simpan kata. Dalam teknik ini, penjual menyimpan/ menyembunyikan beberapa keterangan syarat diskon yang berlaku dari harga yang ditampilkan, agar konsumen lebih fokus pada harga.
Namun, Anda tidak harus menyembunyikan keterangan tsb sepenuhnya. Anda bisa menampilkan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam ukuran lebih kecil dan dilengkapi dengan tanda petik berupa bintang kecil (*).
Secara psikologis, konsumen yang melihat tampilan harga di atas akan langsung berpikir, “murah sekali harganya”. Padahal, di balik promo tsb ada beberapa syarat yang harus dipenuhi (ditulis dalam ukuran font yang lebih kecil dan terlihat tidak menonjol).
4. Tampilkan Harga Referensi yang Tepat
Teknik psikologi harga yang bisa kita terapkan selanjutnya adalah dengan menampilkan beberapa referensi harga. Artinya, kita menjual produk yang sama dengan beberapa pilihan harga. Namun, buatlah 1 harga paling mahal, namun terlihat paling menguntungkan.
Contohnya begini, ada 2 varian harga thai tea, yaitu medium dan large.
Dari varian harga tsb, kebanyakan orang akan lebih memilih ukuran thai tea ukuranmedium. Karena ukuran large dirasa terlalu banyak dan harganya terlalu mahal. Tapi, bedakan jika Anda membuat beberapa referensi harga sebagai berikut:
Nah, dari varian harga yang kedua, orang pasti akan lebih tertarik membeli thai tea ukuran large. Karena harga yang medium tidak berbeda jauh dengan yang berukuran large. Konsumen pun akan mengira ukuran large lebih menguntungkan, karena isinya lebih banyak dan harganya pun tidak terlalu mahal dari ukuran medium.
Baca Juga: Strategi Membuat Program Diskon untuk Meningkatkan Penjualan
5. Gunakan Ekuivalen Harian
Jika Anda menjual produk berlangganan, ada salah satu teknik psikologi harga paling jitu yang bisa Anda terapkan. Yaitu, tampilkan harga berlangganan dalam ekuivalen harian daripada bulanan/ tahunan.
Contohnya, jika harga berlangganan per bulan seharga Rp. 300.000, Anda bisa mengubahnya dengan menampilkan harga berlangganan per hari. Jadi, jangan tampilkan 300.000/ bulan, tapi cukup berlangganan 10.000/ hari. Atau Anda juga bisa mengombinasikan teknik pengurangan 1 digit menjadi 9.999/ hari.
Nah, dengan begitu konsumen akan berpikir bahwa harga berlangganan yang Anda tawarkan terdengar lebih murah. Karena per harinya cukup membayar 9.999 saja.
Jika Anda menerapkan minimum waktu berlangganan, misalnya harus berlangganan minimum dalam 3 bulan, maka Anda bisa mencantumkan syarat tsb dalam ukuran yang lebih kecil (mengacu pada teknik simpan kata yang sudah dibahas sebelumnya).
6. Tampilkan Harga dengan Warna Mencolok/ Kontras
Supaya harga diskon terlihat lebih menonjol dan langsung menarik perhatian konsumen, maka Anda perlu mendesain label harga menggunakan warna yang mencolok. Anda bisa menggunakan warna merah, atau menggunakan warna kertas label yang berbeda dari label produk lainnya yang tidak didiskon. Hal ini secara psikologis akan membuat konsumen lebih tergiur untuk segera membeli produk yang didiskon tsb.
7. Bundling Beberapa Barang
Daripada menjual satu produk yang didiskon, akan lebih menarik lagi jika Anda menerapkan sistem bundling (menjual beberapa barang jadi satu). Anda bisa menuliskan promo beli produk A gratis produk B, atau beli 2 gratis 1, dst. Dengan cara ini, konsumen akan merasa lebih diuntungkan, sehingga ia pun segera membeli promo bundling tsb.
8. Perkuat Nilai dan Keunggulan Produk/ Jasa Anda
Teknik psikologi yang tidak kalah penting lainnya adalah memperkuat nilai/ keunggulan produk yang Anda tawarkan. Sebab, konsumen tentu lebih rela jika membeli produk berkualitas dengan harga mahal, daripada membeli produk murah tapi kualitasnya buruk.
Teknik ini bisa Anda aplikasikan dengan mencantumkan beberapa kelebihan produk Anda daripada kompetitor. Cantumkan juga apa saja keuntungan yang bisa konsumen dapatkan jika membeli produk tsb.
Misalnya, Anda menawarkan sebuah botol minum seharga 100.000. Tentu bagi Anda itu adalah harga yang cukup mahal. Tapi, jika Anda menyebut botol tsb memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki botol minum pada umumnya, harga tsb akan terdengar lebih masuk akal.
Misalnya, Anda menyebut bahwa botol yang Anda tawarkan terbuat dari material yang ramah lingkungan (BPA free), tahan suhu dingin hingga panas, desainnya minimalis dan terlihat kekinian, serta bisa digunakan untuk infuse water dan mendukung gaya hidup sehat yang Anda jalankan.
Tentu dengan berbagai kelebihan tsb, harga 100.000 tidak lagi terkesan mahal. Apalagi, jika Anda menawarkan bahwa botol tsb bisa di-custom sesuai keinginan konsumen, seperti menambahkan tulisan/ gambar yang mereka inginkan, tentu harganya pun bisa Anda naikkan lebih mahal lagi. Karena konsumen bisa mendapatkan botol custom yang limited edition sesuai keinginannya.
Baca Juga: 5 Penyebab UKM Sulit Berkembang
Nah, bagaimana? Tertarik mencoba 8 trik psikologi harga di atas? Ingat ya, penjual yang baik adalah penjual yang jujur. Jika Anda bermaksud mengaplikasikan 8 trik di atas, pastikan tidak ada kebohongan yang sengaja Anda lakukan untuk menipu konsumen.
Oh ya, untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfit telah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru. Download/ Update aplikasi InterActive MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!
Sumber: Intermezzo
Archive 2024
Archive 2020
September 1 Artikel
April 4 Artikel
Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona
Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona
5 Trik Optimasi Instagram Restoran Agar Tetap Bertahan di Tengah Wabah Corona
Maret 4 Artikel
Cara Daftar QRIS Online Secara Gratis Bersama InterActive
Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga
Pentingnya Menyediakan Beragam Metode Pembayaran bagi Pelanggan
Februari 4 Artikel
Cara Daftar Merchant OVO, Gopay, Dana, LinkAja Secara Online
Gopay, OVO, LinkAja, atau Dana? Inilah E-Wallet Favorit Orang Indonesia
Januari 4 Artikel
Archive 2019
Desember 4 Artikel
Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Efisiensi Bisnis Restoran
Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan
Nopember 4 Artikel
Rekomendasi Self Order Terbaik untuk Restoran Anda
Keuntungan Menggunakan Self Order untuk Restoran Anda
Oktober 4 Artikel
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 2)
10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)
September 4 Artikel
5 Strategi Memimpin Generasi Millenial secara Efektif di Perusahaan Anda
10 Karakteristik Generasi Millenial yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mempekerjakan Mereka
16 Generasi Millenial Sukses di Dunia Bisnis Peraih Forbes 30 Under 30
Agustus 6 Artikel
Inilah Software Payroll Terbaik yang Wajib Digunakan HRD dan Pemilik Bisnis
Cara Memilih Software Payroll Berkualitas untuk Perusahaan Anda
7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda
7 Masalah HRD Ini Bisa Anda Selesaikan dengan Cara Ini
Juli 6 Artikel
5 Pengusaha UKM yang Sukses Mengembangkan Bisnisnya dengan Bermodal Internet
7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM
10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Strategi Promosi Online Berbayar untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM
Juni 4 Artikel
Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan
Strategi Membuat Program Diskon yang Terbukti Efektif Meningkatkan Penjualan
Ini Perbedaan Diskon dan Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?
10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan
Mei 4 Artikel
6 Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi bagi UKM
Waspada! Inilah Tanda-Tanda Usaha Anda Segera Bangkrut dan Mengalami Kerugian
5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UKM
5 Penyebab Kebangkrutan UKM beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya
April 6 Artikel
7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 2)
Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)
7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya
Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia
Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer dan Banyak Pelanggan
Maret 6 Artikel
Belajar dari Zalora: Inilah 5 Cara Mudah Mempertahankan Karyawan Millenial di Perusahaan Anda
Strategi Meningkatkan Loyalitas Karyawan Millenial
Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
10 Cara Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
10 Cara PDKT Ampuh Untuk Meyakinkan Calon Konsumen Anda Secara Online
Februari 4 Artikel
5 Cara Efektif dan Ampuh Untuk Mencegah Bisnis Bangkrut
6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai!
10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Ingin Omzet UKM Anda Melejit? Lakukan 3 Langkah Jitu di Bawah ini!
Januari 4 Artikel
Archive 2018
Desember 4 Artikel
Anda Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Anda Dengan Hal-hal Ini
Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 2)
Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal (Part 1)
Nopember 4 Artikel
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda
Ini Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
Oktober 4 Artikel
5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
5 Wong Ndeso yang Sukses Bisnis Online, Apa Rahasianya?
Strategi SEO untuk Menempatkan Website Anda di No. 1 Pencarian
September 4 Artikel
Archive 2017
Februari 4 Artikel
6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati (Pesaing)?
Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
Januari 7 Artikel
Anda Pilih Mana: Kamera CCTV Analog atau IP Camera?
Ingin Tahu, Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?
Jurus Ampuh Membangun Bisnis Butik yang Baik dan Benar
Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis
Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – Part 2
Archive 2016
Desember 4 Artikel
Ini Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Perusahaan Anda Kolaps – (Part 1)
Ini Cara Mudah Riset Produk yang Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda
Nopember 4 Artikel
4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOFTWARE DALAM USAHA ANDA
inTouch: PC All in One Touchscreen untuk POS (Point of Sales) Terminal
April 4 Artikel
Archive 2015
Desember 4 Artikel
Keuntungan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint
Jenis - Jenis Barcode Scanner yang Beredar di Pasaran
8 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Berbisnis Kuliner
Tips Mudah Merawat Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint
Agustus 4 Artikel
Software Payroll Untuk Kecermatan Hitung Gaji Karyawan
Mengaplikasikan Software Service untuk Usaha Jasa Service
Barcode Scanner dan Fungsinya dalam Dunia Usaha
Mesin Antrian: Solusi Manajemen Antrian dan Efisiensi Waktu Tunggu
Juni 5 Artikel
Butuh lebih banyak bantuan?
Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan
KIRIM PESANSelamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.