Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

by InterActive crew ~ 28 April 2020

Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itulah, Anda wajib memastikan seluruh layanan restoran Anda tetap bersih dan steril. Sehingga dapat menambah tingkat kepercayaan pelanggan.

Berikut cara menjaga kerbersihan restoran yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari penularan virus corona.

 

1. Sering Cuci Tangan

Cara menjaga kebersihan restoran yang pertama agar terhindar dari penularan virus corona adalah dengan sering mencuci tangan.

Tangan yang terkontaminasi merupakan faktor utama penyakit bawaan makanan. CDC memperkirakan bahwa hingga 40% kasus mungkin terkait dengan kebersihan tangan yang buruk. Tangan dapat membawa dan menularkan patogen berbahaya, termasuk virus Corona, Apalagi, selama persiapan makanan, tangan menyentuh berbagai permukaan, makanan dan peralatan yang mungkin terkontaminasi virus/ bakteri, sehingga beresiko menyebar pada makanan yang sedang diolah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar karyawan di restoran Anda menjaga kebersihan tangannya dengan baik.

  • Latih staf dengan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar, serta memberikan kebijakan untuk penggunaan sarung tangan guna meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan yang sedang diolah.
  • Menyediakan fasilitas mencuci tangan dan pengeringan tangan yang memadai di berbagai titik untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang.
  • Sanitiser tangan dapat ditempatkan area penerimaan tamu, di luar kamar kecil atau pintu masuk dapur untuk kebersihan tangan yang optimal.

Baca Juga: 5 Cara Strategis Agar Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

 

2. Bersihkan Dapur Lebih dari 1x Sehari

Cara menjaga kebersihan restoran yang kedua adalah dengan membersihkan dapur secara lebih ekstra, bahkan jika perlu lebih dari 1x sehari.

Dapur merupakan area dimana terdapat pemakaian air yang tinggi. Dengan tingkat akumulasi kotoran dan minyak yang tinggi, lantai di dalam dapur bisa saja menjadi licin dan berlendir seiring dengan berjalannya waktu. Jika hal ini terjadi, maka staf dapur berada pada situasi yang berisiko tinggi dalam mengalami kecelakaan seperti tergelincir dan terjatuh. Lindungi keaman staf Anda dengan meletakan keset anti selip di beberapa titik strategis di dalam dapur. Selain itu, bersihkan dapur dengan mengepelnya secara rutin.

Apalagi, studi menunjukkan, dapur menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak jika praktik kebersihan tidak dijaga dengan baik.  Meminimalkan risiko kontaminasi silang dan penyebaran bakteri dengan memastikan bahwa kebersihan dan keamanan makanan yang tepat merupakan elemen penting. Tidak hanya agar dapur Anda terlihat bersih, tapi juga untuk memastikan kesejahteraan staf dan pelanggan.

Beberapa area yang perlu dibersihkan, diantaranya: permukaan meja dan lemari dapur, kulkas, serta semua perkakas yang ada di dapur, termasuk kompor dan alat masak lainnya.

Saat membersihkan area tersebut, sebaiknya gunakan campuran air dan sabun daripada larutan cuka. Sebab, virus corona rentan terhadap air sabun. Sedangkan larutan cuka kurang efektif membunuh bakteri dan virus termasuk corona. Jangan lupa juga untuk senantiasa  mencuci spons sampai bersih.

Baca Juga: Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

 

3. Cuci Semua Bahan dan Wadah Makanan

Bukan hanya karyawan yang perlu mencuci tangannya agar tetap bersih dan steril. Untuk menjaga kebersihan restoran, Anda pun wajib mencuci bersih semua bahan makanan beserta wadah yang digunakan untuk menyimpannya. Hal ini sangat penting agar hasil makanan yang diolah restoran Anda terjamin tetap bersih dan steril.

Untuk buah, sayur, dan bahan makanan segar lain tak perlu dicuci dengan larutan desinfeksi. Cukup dengan membilasnya menggunakan air atau merendamnya. Sedangkan untuk mencuci wadah makanan, Anda disarankan untuk mencucinya dengan larutan sabun, lalu bilas hingga bersih.

 

4. Lakukan Desinfeksi

Langkah selanjutnya untuk menjaga kebersihan restoran adalah dengan melakukan desinfeksi untuk memastikan seluruh area restoran terbebas dari kuman dan virus.

Di pasaran ada cairan pembersih dapur yang bisa dimanfaatkan. Pilih yang bersifat bleach, biasanya mengandung larutan natrium hipoklorit atau hidrogen peroksida yang memiliki fungsi mensterilkan.

Bisa juga yang mengandung 70% isopropil alkohol karena jenis ini efektif membunuh virus termasuk corona. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan campur 4 sdt larutan bleach dalam 1 liter air. Semprotkan cairan ini pada area yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 1 menit hingga kering.

Supaya lebih aman, Anda harus membaca petunjuk pemakaian tiap cairan pembersih dapur / bleach. Karena bisa jadi memiliki waktu pengeringan yang berbeda.

Baca Juga: Trik Optimasi Instagram Restoran untuk Meningkatkan Penjualan

 

Demikian 5 cara menjaga kebersihan restoran yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan virus Corona. InterActive menyediakan berbagai alat kebersihan dan kesehatan yang bisa Anda dapatkan untuk mencegah penularan virus corona. Mulai dari masker, hand sanitizer, desinfektan, hingga Alat Pelindung Diri (APD). Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.interactive.co.id.

 

Sumber: Intermezzo

Tags:

Kembali Ke Daftar Blog

Blog Archive

Latest Post

  • 5 Manfaat UTAMA Resto Anda menggunakan E Menu

    02 September 2020

    Tidak di pungkiri bahwa dengan kondisi yang terjadi seperti saat ini telah merubah banyak hal dalam kehidupan kita. Banyak kebiasa ...

    Selengkapnya
  • Cara Mudah Melayani Delivery Order di Tengah Wabah Corona

    28 April 2020

    Bagaimana cara melayani  delivery order  secara mandiri di tengah wabah corona seperti sekarang? Membuka layanan&nb ...

    Selengkapnya
  • 5 Cara Strategis Agar Bisnis Restoran Bertahan di Tengah Wabah Corona

    27 April 2020

    Bagaimana agar bisnis restoran bertahan di tengah wabah corona? Simak pembahasannya berikut ini. Merebaknya virus corona di I ...

    Selengkapnya