Product IT Software & Hardware

    7 Ide Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Tahun 2020

    By InterActive crew - 17 Januari 2020
    InterActive Blog
    7 Ide Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Tahun 2020

    Apakah Anda masih bingung ingin membuka bisnis apa di tahun baru ini? Coba bisnis kuliner saja! Industri kuliner adalah salah satu bidang usaha paling menjanjikan lho di Indonesia. Bahkan, sektor usaha kuliner mengalami peningkatan setiap tahunnya.

    Menurut data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), usaha kuliner di Indonesia mencapai 5.576.000 atau 68% dari total 8,2 juta usaha ekonomi kreatif Indonesia. Wow, banyak sekali ya?

    Tingginya angka tersebut secara tidak langsung menunjukkan betapa menjanjikannya usaha kuliner di Indonesia. Karena itulah, kami rekomendasikan Anda untuk membuka usaha kuliner saat ini juga.

    Tapi, sebaiknya membuka bisnis kuliner apa ya?

    Tidak perlu bingung lagi. Cobalah membuka salah satu bisnis kuliner paling menjanjikan berikut ini. Dilansir dari Forbes dan CNN, 7 ide bisnis kuliner yang kami sajikan berikut ini diprediksi akan ngetren di tahun 2020. Harapannya, jika Anda membuka salah satu bisnis kuliner berikut, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

    Nah, inilah 7 ide bisnis kuliner paling menjanjikan di tahun 2020.

     

    1. Kuliner dengan Pemanis Alternatif

    Ide bisnis kuliner paling menjanjikan yang pertama adalah kuliner dengan pemanis alternatif. Sekarang, untuk menciptakan makanan/ minuman manis tidak harus menggunakan gula pasir sebagai pemanisnya.

    Kini, semakin banyak orang yang meninggalkan pemanis umum seperti gula, sirup, dan madu. Sebagai gantinya, mereka mengambil ekstrak sejumlah buah yang dikenal manis seperti delima, kurma, dll.

    Jika makanan/ minuman yang Anda jual menggunakan pemanis, cobalah bereksperimen dengan menggunakan pemanis alternatif.

    Misalnya dengan memanfaatkan pati sorgum atau ubi jalar. Mengutip Whole Foods Market, sirup manis yang terbuat dari pati sorgum dan ubi jalar ternyata menghadirkan rasa yang sama serupa madu lho! Kira-kira, apakah rasanya akan nikmat jika dicampurkan pada menu yang Anda jual? Coba eksperimen terlebih dahulu.

    Jika menu tersebut sudah jadi, lebih baik lakukan uji kelayakan terlebih dahulu. Jika diterima oleh target pasar Anda, maka menu tersebut bisa Anda tawarkan.

    Baca Juga: 10 Bisnis UKM Paling Menjanjikan di Tahun 2020 (Part 1)

     

    2. Kuliner + Boba

    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan boba. Si kenyal yang telah populer sejak tahun 2019 lalu ini ternyata semakin populer di tahun 2020 ini lho! Karena itulah, olahan makanan dari boba masih menjadi salah satu ide bisnis kuliner paling menjanjikan di tahun 2020 ini.

    Boba terbuat dari tepung tapioka dan tepung gula aren yang dibentuk menjadi bola-bola kecil, lalu dikombinasi dengan teh atau susu segar. Bahan makanan ini sendiri pertama kali booming di Taiwan dan merembet ke Indonesia sepanjang tahun 2019 hingga sekarang.

    Nah, inilah salah satu bahan makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menyajikan kuliner kekinian di tahun ini. Ternyata, boba tidak hanya bisa dikombinasikan dengan teh dan susu segar saja lho!

    Beberapa restoran telah bereksperimen dengan menggabungkan boba ke dalam menu makanan yang mereka jual, seperti pancake, roti bakar, hingga mie goreng. Kira-kira, apakah menu makanan yang Anda jual bisa menjadi lebih nikmat jika dicampur dengan boba? Lakukan eksperimen terlebih dahulu ya!

     

    3. Daging Campur Nabati (Meat-Plant)

    Ide bisnis kuliner yang ketiga adalah olahan makanan menggunakan bahan daging campur nabati (meat-plant).

    Banyak restoran tampaknya tengah mengikuti tren yang diawali oleh The Blended Burger Project milik James Beard Foundation. The Blended Burger Project merupakan gerakan global untuk membuat daging burger alternatif berbasis nabati. Sebagai contoh, beberapa restoran burger memadukan setidaknya 25% jamur di dalam olahan daging.

    Staf Whole Foods Market percaya bahwa mereka akan menjual lebih banyak burger yang terdiri dari campuran daging sapi dan bahan nabati dari merek-merek seperti Applegate dan Lika di tahun 2020.

    Tidak menutup kemungkinan tren kuliner ini akan masuk ke Indonesia di tahun 2020 ini. Jika Restoran Anda menjual burger, maka olahan daging campur nabati patut untuk dicoba.

    Baca Juga: 10 Bisnis UKM Paling Menjanjikan di Tahun 2020 (Part 2)

     

    4. All You Can EatUnder 100 K

    Tidak hanya dari segi varian makanan yang semakin beragam, jenis restoran juga dapat menjadi ide bisnis kuliner yang menjanjikan di tahun ini. Salah satu jenis restoran yang menjadi tren sepanjang tahun 2019 dan diprediksi semakin bersinar di tahun 2020 adalah konsep restoran All You Can Eat yang harganya di bawah 100 K. Di sini, pengunjung dibolehkan memakan segala hidangan yang tersedia hanya dengan membayar Rp. 100.000,-

    Umumnya, restoran All You Can Eat menyediakan berbagai macam jenis daging sapi, ayam, hingga ikan. Untuk penyajiannya sendiri, pengunjung dibebaskan untuk memasak sendiri santapan mereka, baik dengan cara dipanggang/ direbus pada kuah yang disediakan.

    Tren bisnis kuliner ini diprediksi semakin booming di tahun 2020 ini, karena konsumen saat ini cenderung menginginkan beragam hidangan dalam satu tempat. Apalagi, biaya yang dikeluarkan sangatlah terjangkau, hanya 100 K saja.

    Jika Anda tertarik membuka restoran dengan konsep All You Can Eat, Anda bisa berinovasi dengan menyajikan menu-menu khusus dalam satu tema. Misalnya, restoran bertemakan Jepang, Korea, atau bahkan makanan lokal khas Indonesia.

     

    5. Ayam Geprek

    Masih belum puas dengan tren kuliner di atas? Tenang, masih ada satu ide bisnis kuliner lagi untuk Anda, yaitu ayam geprek. Hidangan ayam geprek pada awalnya berasal dari sebuah warung makan sederhana di Yogyakarta. Ayam goreng tepung yang kemudian digeprek atau dihancurkan berbarengan dengan sambal bawang ini semakin lebih nikmat dengan adanya tingkat kepedasan yang bisa dipilih pelanggan. Tak heran, menu makanan ini mendadak jadi primadona berbagai kalangan.

    Tren hidangan ayam geprek tidak hanya berhenti di Yogyakarta. Tren hidangan ini akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan mendapat banyak penyesuaian, terutama untuk sambal yang digunakan. Hasilnya, sekarang bisa ditemukan berbagai ayam geprek dengan ragam sambal yang bervariasi. Mulai dari sambal matah, rica-rica, dan bahkan sambal bulgogi.

    Nah, bagaimana? Anda tertarik menjual hidangan ayam geprek? Kalau iya, Anda perlu melakukan inovasi lebih kreatif lagi jika ingin menarik perhatian milenial. Bisa dari segi bumbu ayamnya, cara menggoreng, jenis sambal, atau bahkan cara penyajiannya.

    Baca Juga: 5 Penyebab UKM Sulit Berkembang yang Wajib Anda Ketahui

     

    6. Nugget Ayam Sayur

    Ide bisnis kuliner yang keenam termasuk salah satu jenis olahan makanan beku (frozen food) yang kini mulai digemari banyak kalangan. Bahkan, olahan makanan beku ini semakin beragam. Tidak hanya berupa olahan daging, namun juga berupa olahan sayur hingga buah.

    Terbaru, salah satu olahan frozen food yang bisa Anda jadikan ide bisnis kuliner ialah nugget ayam sayur.

    Nugget sendiri merupakan makanan yang praktis, namun menu  ini sifatnya olahan. Banyak sekali yang tidak setuju  jija makanan ini dikategorikan sebagai makanan sehat.

    Oleh karena itu, kenapa tidak dibuat nugget ayam sayur saja? Caranya mudah, blender saja sayur-sayuran (brokoli, wortel, jagung manis) bersama daging ayam. Jangan lupa berikan telur juga ya.

     

    7. Jus Cold Pressed

    Ide bisnis kuliner ketujuh yang bisa Anda coba di tahun 2020 ini adalah blender cold press. Blender cold pressed sendiri memang tidak murah, mulai dari Rp 3-5 jutaan. Tapi, jangan pesimis dulu. Karena jus cold pressed bisa dijual dengan harga yang mahal. 

    Mengapa demikian? Karena jus ini benar-benar segar. Metode blender cold pressed sama sekali tidak menghasilkan panas yang mana akan melunturkan nutrisi termasuk vitamin dan mineral di buah.

    Nah, dari 7 ide bisnis kuliner di atas, manakah yang paling menarik bagi Anda? Jika Anda ingin membuka salah satu bisnis kuliner di atas, jangan lupa lakukan riset dan pelajari lebih dalam lagi tentang bisnis tersebut. Tentunya, jangan lupa juga untuk melakukan inovasi sekreatif mungkin, sehingga bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa menarik perhatian banyak orang.

    Gunakan aplikasi kasir InterActive MyProfit untuk mengelola penjualan usaha Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan pencatatan transaksi secara otomatis, mendapatkan laporan penjualan otomatis, dan bahkan memantau stok dan hasil penjualan Anda kapan pun dan dimana pun. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang InterActive MyProfit.

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp