Product IT Software & Hardware

    Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan

    By InterActive crew - 20 Desember 2019
    InterActive Blog
    Strategi Efisiensi Bisnis Restoran untuk Meroketkan Omzet Penjualan

    Sebelumnya kita telah membahas bahwa dalam sebuah bisnis restoran terdapat beberapa pengeluaran bulanan yang tidak sedikit. Mulai dari biaya operasional, penggajian karyawan, hingga alokasi dana untuk biaya pemasaran. Bahkan, kita sudah membahas bahwa pengeluaran tersebut juga beresiko membawa kerugian.

    Lalu, bagaimanakah cara agar restoran Anda terbebas dari resiko kerugian?

    Kali ini, Intermezzo akan memaparkan strategi efisiensi bisnis restoran yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerugian dan meroketkan omzet penjualan.

     

    Belajar dari Gojek dan Blue Bird

    Apakah Anda tahu perbedaan model bisnis yang sangat mencolok antara Gojek dan Bluebird? Meskipun keduanya sama-sama bergerak di bisnis transportasi, namun keduanya memiliki model bisnis yang sangat berbeda.

    Gojek mengutamakan penggunaan sistem teknologi ride sharing, sehingga menjadikan driver sebagai mitra (bukan karyawan). Sedangkan Blue Bird adalah sebuah perusahaan transportasi konvensional yang menyiapkan armada khusus dan mempekerjakan beberapa driver dengan gaji bulanan.

    Dari situ, kita bisa menilai bahwa model bisnis yang diterapkan Gojek lebih efisien dibanding Blue Bird. Karena Gojek tidak perlu menyiapkan armada khusus dan menggaji karyawan setiap bulannya. Beda halnya dengan Blue Bird yang harus memiliki banyak modal untuk membeli kendaraan, menggaji driver setiap bulan, dan belum lagi harus menyiapkan biaya maintenance kendaraan.

    Dari Gojek, kita bisa belajar bahwa efisiensi bisnis bisa kita lakukan dengan melakukan inovasi teknologi secara besar-besaran. Dengan penggunaan teknologi inovatif, kita bisa minimalkan man power dan secara bersamaan dapat mengurangi anggaran gaji karyawan setiap bulannya.

    Lalu, bagaimana dengan efisiensi bisnis restoran? Kita akan membahasnya lebih lanjut dalam artikel berikut.

    Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Pengeluaran Restoran

     

    Evaluasi Jumlah Karyawan Restoran Anda

    Salah satu strategi efisiensi bisnis restoran adalah melakukan evaluasi jumlah karyawan di restoran kita. Apakah semua karyawan yang kita pekerjakan telah benar-benar bekerja secara maksimal sesuai job-desk? Apakah besarnya gaji yang kita anggarkan setiap bulan telah setimpal dengan pekerjaan yang mereka lakukan?

    Dari sini, kita bisa mengevaluasi kembali berapa jumlah karyawan yang sebaiknya kita pekerjakan.

    Namun, evaluasi saja tidak cukup. Belajar dari Gojek, jika saja terdapat sebuah teknologi yang mampu menekan jumlah karyawan di restoran kita, bukankah kita bisa melakukan efisiensi bisnis secara maksimal?

    Baca Juga: Teknologi Restoran Terbaru untuk Menekan Pengeluaran Bulanan

     

    Saatnya Gunakan Teknologi Self Order

    Teknologi customer self order adalah pilihan tepat untuk efisiensi bisnis restoran. Dengan teknologi ini, pelanggan di restoran Anda bisa langsung memesan dan membayar pesanannya secara mandiri (tanpa perlu dilayani kasir/ pelayan).

    Sehingga, Anda bisa menekan jumlah kasir/ pelayan yang bekerja di restoran Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa mengurangi anggaran gaji karyawan setiap bulannya.

    Namun, jangan langsung berpikir negatif, bahwa dengan menggunakan teknologi customer self orderlantas Anda harus memecat kasir/ pelayan Anda sekarang. Anda tetap bisa mempekerjakan mereka di restoran/ cabang baru yang Anda buka. Sehingga, tidak ada pihak yang dirugikan dengan hadirnya teknologi customer self order ini.

    Sebagaimana tujuan pembuatannya, diharapkan semua pihak bisa mendapat banyak kemudahan dan keuntungan.

    Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Teknologi Customer Self Order

    Demikian pembahasan tentang strategi efisiensi bisnis restoran untuk meroketkan omzet penjualan. Kami rekomendasikan Anda menggunakan InterActive MyOrder, sebuah teknologi self order yang bisa terintegrasi dengan software kasir/ POS (InterActive MyResto) dan software akuntansi (InterActive MyAccounting). Sehingga bisa mempermudah pekerjaan Anda dan menghemat biaya sewa/ investasi yang perlu Anda keluarkan.

    Dengan teknologi InterActive MyOrder, Anda juga bisa melakukan efisiensi pengeluaran bisnis restoran secara drastis. Salah satunya dengan mengurangi jumlah kasir/ pelayan, sehingga bisa menekan anggaran gaji karyawan setiap bulannya. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang InterActive MyOrder.

     

    Sumber: Intermezzo

    Blog Archive

    Butuh lebih banyak bantuan?

    Segera hubungi Customer Service, kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan

    KIRIM PESAN
    Ica InterActive Chat Bot
    Icha
    InterActive Chatbot Assistant

    Selamat datang di Blog InterActive, Halo, perkenalkan kami dari tim marketing InterActive. Sampaikan kebutuhan Anda disini agar kami bisa membantu Anda.

    contact whatsapp